PERANCANGAN USER INTERFACE UNTUK WEBSITE RESTORAN PONDOK BAMBU HIJAU DENGAN METODE DESIGN THINKING
Main Article Content
Abstract
Perancangan antarmuka pengguna (UI) untuk website Restoran Pondok Bambu Hijau menggunakan metode Design Thinking. Tujuan utamanya adalah meningkatkan pengalaman pengguna dan daya saing restoran di pasar kuliner. Metode Design Thinking, yang berpusat pada pengguna, melibatkan lima tahap yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Setiap tahap membantu memahami kebutuhan pengguna, mengidentifikasi masalah, menghasilkan ide, membuat prototipe, dan menguji solusi. Perancangan ini juga mengacu pada studi sebelumnya yang menunjukkan dampak positif pengalaman pengguna terhadap kepuasan pelanggan dan efektivitas alat desain seperti Figma. Hasilnya menunjukkan bahwa desain website yang responsif, ramah pengguna, dan menarik secara visual dapat meningkatkan interaksi dan kepuasan pelanggan. Kesimpulannya, desain website yang baik dapat berkontribusi pada pertumbuhan dan keberlanjutan restoran dalam lingkungan kompetitif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Komunikasi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
[1] R. N. Fadilah and D. Sweetania, “Perancangan design prototype ui/ux aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking,” Jurnal Ilmiah Teknik, vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.
[2] D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021.
[3] H. Setiaji, “Perancangan UI/UX menggunakan pendekatan HCD (Human-Centered design) pada website Thriftdoor,” Automata, vol. 1, no. 2, 2020.
[4] R. Novianto, “ANALISIS PENGARUH USER EXPERIENCE (UX) TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA DALAM SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN DIGITAL,” VARIABLE RESEARCH JOURNAL, vol. 1, no. 02, pp. 554–559, 2024.
[5] R. Pramudita, R. W. Arifin, A. N. Alfian, N. Safitri, and S. D. Anwariya, “Penggunaan aplikasi figma dalam membangun ui/ux yang interaktif pada program studi teknik informatika stmik tasikmalaya,” Jurnal buana pengabdian, vol. 3, no. 1, pp. 149–154, 2021.
[6] T. A. Cahyono, “ANALISA PENGARUH KOMPONEN DESAIN UI/UX KONTEN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) TERHADAP COGNITIF DAN AFEKTIF PENGGUNA,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 12, no. 3, 2024.
[7] E. Dewayani and M. D. Lauro, “PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BARANG KOSMETIK SECARA B2B BERBASIS WEBSITE PADA TOKO FANNY,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 12, no. 1, 2024.
[8] I. A. Adha, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan UI/UX Aplikasi Ogan Lopian DISKOMINFO Purwakarta Menggunakan Metode Design Thinking,” JOISIE (Journal Of Information Systems And Informatics Engineering), vol. 7, no. 1, pp. 55–70, 2023.
[9] H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022.
[10] M. Telaumbanua, “5 Tahap Design Thinking menurut Stanford (d.school),” Medium.
[11] I. B. K. Sekali, C. E. J. C. Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” Jurnal Ilmiah Informatika dan Ilmu Komputer (JIMA-ILKOM), vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023.
[12] M. F. Widiyantoro, N. Heryana, A. Voutama, and N. Sulistiyowati, “Perancangan UI/UX Aplikasi Toko Kue Dengan Metode Design Thinking,” INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS: Journal of Information Management, vol. 7, no. 1, pp. 1–10, 2022.
[13] C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang. in,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 157–169, 2022.