ANALISIS PENGARUH UI/UX APLIKASI TOKOPEDIA TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA

Main Article Content

David

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin canggih pada zaman modern ini mendorong perubahan di berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya berdampak pada perubahan gaya hidup masyarakat, terutama dalam berbelanja kebutuhan. Pada zaman modern seperti sekarang, masyarakat lebih memilih untuk berbelanja kebutuhan secara online melalui platform e-commerce karena proses transaksi-nya yang mudah. Salah satu platform e-commerce yang ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk online shopping adalah Tokopedia. Tokopedia adalah salah satu aplikasi e-commerce yang tercatat memiliki jumlah pengguna tertinggi di Indonesia. Meskipun Tokopedia merupakan e-commerce yang memiliki jumlah pengguna terbanyak, masih terdapat banyak pengguna Tokopedia yang mengeluhkan masalah mengenai kesulitan dalam menggunakan aplikasi Tokopedia, hal ini dapat mengakibatkan penurunan kepuasan pengguna. Pada penggunaan aplikasi perangkat lunak seperti Tokopedia tentunya tidak lepas dari komponen dasar seperti user interface (UI) dan user experience (UX) yang termasuk salah satu komponen terpenting dalam perancangan aplikasi perangkat lunak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana user interface (UI) dan user experience (UX) dalam mempengaruhi kepuasan belanja pengguna pada aplikasi Tokopedia. Populasi penelitian ini merupakan pengguna Tokopedia yang familiar dengan penggunaan aplikasi Tokopedia. Metode  pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji statistik menggunakan aplikasi SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dihasilkan adalah bahwa user interface (UI) dan user experience (UX) aplikasi Tokopedia secara positif mempengaruhi kepuasan pengguna Tokopedia.

Article Details

Section
Articles

References

Iprice.co.id. (2022). Peta E-Commerce Indonesia. Diakses pada 31 Agustus 2022, dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Liu, C. Y. & Lai, J. Y. (2015) Improving Customers Satisfaction to the Development of User Interface Design for Mobile Shopping Through QFD. Iafor: The Asian Conference on Psychology and Behavioral Sciences 2015 Official Conference Proceedings

DeLone, W., and McLean E.R. (1992). Information System Success: The Quest for The Dependent Variabel

Muslim, E., Moch, B. N., Wilgert, Y., Utami, F. F., & Indriyani, D. (2019). User interface redesign of e-commerce platform mobile application (Kudo) through user experience evaluation to increase user attraction. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 508(1), [012113]. https://doi.org/10.1088/1757-899X/508/1/01211

Darmawan, Ruly. (2013). Pengalaman, Usability, dan Antarmuka Grafis: Sebuah Penelusuran Teoritis. ITB Journal of Visual Art and Design. 4. 95-102.

Turban. E., King. D., Lee. J. K., Liang, T. P., and Turban, D.C., (2015), Electronic Commerce: A Managerial and Social Networks Perspective. 8th Ed. Springer, New York

Tokopedia.com (2022). Tentang Tokopedia. Diakses pada 31 Agustus 2022 dari https://www.tokopedia.com/about/

Syahputra, Muhamad Amirlulah. (2021). Pengaruh Kegunaan, Informasi, Layanan Interaksi, User Interface Dan User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Website Detik.Com Metode Webqual 4.0, User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Eight Golden Rules. JISICOM (Journal of Information System, Informatics and Computing), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 274-293, dec. 2021. ISSN 2597-3673.

Z. Zahidi, Y. P. Lim and P. C. Woods (2014), Understanding the user experience (UX) factors that influence user satisfaction in digital culture heritage online collections for non-expert users. Science and Information Conference, 2014, pp. 57-63, doi: 10.1109/SAI.2014.6918172

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS, Edisi 9, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Janna, N. M., & HERIANTO, H. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Retrieved from https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52

Sujarweni, V & Poly Endrayanto. (2012). Statistika untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu