PERANCANGAN WEBSITE PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT UNTUK SEKOLAH LUAR BIASA

Main Article Content

Faradila Herfiyana
Teny Handhayani
Wasino

Abstract

Kesulitan dalam pembelajaran bahasa isyarat adalah harus bertemu dengan juru bahasa isyarat atau bergabung dengan komunitas, maka dari itu perancangan Website Pembelajaran Bahasa Isyarat untuk SLB ini memudahkan pembelajaran tanpa harus bertemu langsung dengan juru bahasa isyarat atau bergabung dengan komunitas, serta dapat memudahkan penyandang tuna rungu untuk belajar secara mandiri. Studi kasus ini dapat membantu meningkatkan minat belajar dan secara tidak langsung membantu orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus dalam mempelajari bahasa isyarat di rumah untuk memperbanyak kosakata. Dalam perancangan website ini menggunakan metodologi System Development Life Cycle (SDLC), untuk analisis dan perancangan sistem sedangkan untuk implementasi sistem menggunakan Unified Modeling Language (UML). Program aplikasi dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML dan pengolahan database menggunakan MySQL. Diharapkan dengan dirancangnya website pembelajaran ini dapat membantu guru dan orang tua untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

References

A. Dennis, B. H. Wixom and T. David, System Analysis & Design An Object-Oriented Approach With UML, 2013.

J. Burch and G. Grundnitski, Information Systems Theory and Practice, 1986.

M. R. Arief, "Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL," 2011.

C. R. Reynolds and L. Mann, "Encyclopedia of Special Education," 1983.

Y. Heriyanto, "Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT. APM Rent Car," 2018.

R. Yanto, "Manajemen Basis Data Menggunakan Mysql".

T. S. Jaya, "Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung)," 2018.

S. Nurajizah and E. Aziz, "embelajaran Pengenalan Lafadz Tajwid untuk Siswa Madrasah Berbasis Multimedia pada MTsN 1 Kota Bekasi".

S. Supriyono, "Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic," 2020.

E. Novalia and A. Voutama, "Black Box Testing dengan Teknik Equivalence Partitions Pada Aplikasi Android M-Magazine Mading Sekolah," 2022.