BUDI DAYA IKAN LELE DI KECAMATAN SUNGAILIAT DAN KECAMATAN MERAWANG KABUPATEN BANGKA PROPINSI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

Parulian Silalahi, Tuparjono Tuparjono
| Abstract views: 141 | views: 185

Abstract

Mitra yang menjadi objek PKM ini adalah pengusaha mikro yang bergerak dalam bidang budidaya ikan lele yang berlokasi di Kecamatan Sungailiat Bangka dan Kecamatan Merawang . Permasalahan pengembangan usaha yang dihadapi oleh peternak lele yang menjadi mitra dari tim pelaksana program pengabdian ini pada hasil ternaknya mengalami pasang surut dan cenderung menurun. Usaha ternak yang dijalani oleh kedua mitra tidak berkembang optimal karena kurangnya keterampilan dalam budidaya ikan, sehingga dikawatirkan tidak dapat melanjutkan usahanya dan kemungkinan terjelek adalah usaha mitra akan tutup. Tujuan dari kegiatan PKM ini adalah agar mitra memiliki keterampilan dan keahlian di dalam perawatan ikan, memiliki keterampilan dalam pemgembangan bibit lele, memiliki keterampilan untuk membuat pakan lele secara mandiri, serta memiliki keterampilan dalam manajemen usaha dan pengelolaan permodalan. Hasil dari pelaksanaan program pengabdian pada mitra menunjukkan bahwa hasil produksi hasil panen dapat meningkat, telah memiliki keterampilan dalam budidaya ikan, mengembangkan bibit lele serta mampu mengelola hasil usaha yang dijalankan oleh kedua mitra.

Keywords

budidaya ikan, pengembangan usaha, bersifat ekonomis, manajemen usaha, pakan lele.

Full Text:

PDF

References

Anonim. 2012. Teknik pemijahan ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) secara induced breeding di Balai Benih Ikan (BBI) Kabupaten Sekadau. http://munirperikanan.blogspot.com/2012/12/pemijahan-lele-dumbo.html. Diakses tanggal 2 Februari 2017.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan BangkaBelitung. 2003. Profil Peluang Investasi dan Potensi Sumberdaya Perikanan Provinsi Bangka Belitung

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 2002. Laporan Akhir Studi Identifikasi Potensi dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Handoko, Hani. 2009. Manajemen. BPFE. Yogyakarta.

Suyatno,Yulistyo. 2008. Penguatan Strategi Pengembangan Kawasan Agroplolitan Berbasis Peningkatan Daya Saing Produk Agribisnis Unggulan Di Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.