MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PSIKOEDUKASI PROGRAM “AKU BISA”.

Main Article Content

Fidiyah Anggini O. Nababan
Fransisca Iriani R. Dewi
Celine Vandea A. Tumundo
Paula Jessica C. Sibi

Abstract

Rasa percaya diri merupakan aspek psikologis penting yang mendukung perkembangan akademik dan sosial siswa sekolah dasar. Namun, pada kenyataannya, banyak siswa menghadapi hambatan dalam mengekspresikan diri, seperti rasa malu, gugup, dan kurangnya kesempatan untuk tampil. Berdasarkan pengamatan awal di SDN Maleber, ditemukan bahwa siswa kelas 5 dan 6 menunjukkan tingkat kepercayaan diri yang rendah. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui program psikoedukasi “Aku Bisa”. Program ini mengintegrasikan pelatihan public speaking, latihan ekspresi diri, dan storytelling sebagai media intervensi. Metode yang digunakan adalah pendekatan psikoedukatif dengan desain kegiatan partisipatif selama tiga hari. Sebanyak 27 siswa mengikuti kegiatan ini, dan pengukuran dilakukan melalui pre-test dan post-test menggunakan Skala Kepercayaan Diri, serta didukung oleh pengamatan langsung dan wawancara informal. Hasil analisis data yang diperoleh dari pengukuran skala kepercayaan diri menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan pada skor kepercayaan diri sebelum dan sesudah program. Namun, hasil pengamatan dan wawancara informal, ditemukan adanya peningkatan pada aspek-aspek seperti keberanian berbicara, partisipasi aktif, serta antusiasme siswa selama mengikuti kegiatan. Beberapa siswa yang awalnya pasif, mulai menunjukkan inisiatif untuk tampil dan berbicara di depan kelas. Kesimpulannya, program “Aku Bisa” belum mampu memberikan dampak signifikan secara keseluruhan, namun menunjukkan potensi positif dalam mendorong dimensi tertentu dari kepercayaan diri siswa. Disarankan agar program serupa dikembangkan dengan durasi yang lebih panjang, pendekatan yang lebih terstruktur, serta melibatkan dukungan dari guru dan orang tua.

Article Details

How to Cite
Nababan, F. A. O., Dewi, F. I. R., Celine Vandea A. Tumundo, & Paula Jessica C. Sibi. (2025). MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PSIKOEDUKASI PROGRAM “AKU BISA”. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(2), 418–427. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i2.34755
Section
Articles

References

Cahyadi, M., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Membangun kemampuan public

speaking dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa sekolah dasar. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(3), 260-267.https://doi.org/10.58578/AJECEE.v2i3.3070

Fatikah, S. I., Afsharina, N. F. N., & Suryandari, M. (2023). Memperkuat kepercayaan diri

dalam public speaking dan mengembangan karakter melalui storytelling. JURIHUM : Jurnal Inovasi dan Humaniora, 1(4), 672-678. https://jurnalmahasiswa.com/index.php/jurihum

Hidayati, S. R. N., & Savira, S., I. (2021). Hubungan antara konsep diri dan kepercayaan diri

dengan intensitas penggunaan media sosial sebagai moderator pada mahasiswa psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/download/41122/35466

Limbong, M. (2020). Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Jakarta: UKI Press.

http://repository.uki.ac.id/3009/1/BMPPerkembanganPesertaDidik.pdf

Magdalena, M. (2018). Melatih kepercayaan diri siswa dalam menyatakan

tanggapan dan saran sederhana melalui penguatan pujian pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 1(2), 237-245. https://media.neliti.com/media/publications/256089-melatih-kepercayaan-diri-siswa-dalam-men-05b361e2.pdf

Megianti, F., Hendriana, H., & Yuliani, W. (2022). Layanan bimbingan kelompok dengan teknik

psikodrama untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas XI SMKN 6 Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, 5(6), 430–446. https://doi.org/10.22460/fokus.v5i6.9002

Mubarok, S., Sholichah, L., Anggraeni, N. F., Syarief, M. A., & Setyaningsih, W. (2024).

Urgensi pelatihan public speaking guna meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan berbicara di TPA Dusun Jetis Desa Sidomulyo. Tintamas: Jurnal Pengabdian Indonesia Emas, 1(1). https://doi.org/10.53088/tintamas.v1i1.1048

Novita, L., & Sumiarsih. (2021). Pengaruh konsep diri terhadap kepercayaan diri siswa. Jurnal

Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 92–98. https://journal.unpak.ac.id/index.php/JPPGuseda/article/download/3608/2395

Puspitasari, R., Basori, M., & Andri A., K. (2022). Studi kasus rasa kurang percaya diri

siswa kelas tinggi SDN 3 Tanjungtani pada saat menyampaikan argumennya di kelas dan upaya menumbuhkan rasa percaya diri . BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 325–335. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i2.738

Rodiyana, R., & Puspitasari, W., D. (2021). Karakteristik dan perbedaan individu dalam

efektivitas pendidikan. Jurnal Educatio, 7(3), 796–803. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/1227/820/5242

Rosidin, D. I., Supriatna, M., & Budiman, N. (2019). Pengembangan self confidence pada siswa.

JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 144–148. https://core.ac.uk/download/pdf/297684709.pdf

Sasinddipo. (2024, Agustus 18). Untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri terhadap anak-anak,

mahasiswa KKN Undip mengenalkan keberanian tampil di depan umum kepada anak-anak SD Desa Cokro dengan menerapkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. Diakses dari https://sastraindonesia.fib.undip.ac.id/untuk-meningkatkan-rasa-kepercayaan-diri-terhadap-anak-anak-mahasiswa-kkn-undip-mengenalkan-keberanian-tampil-di-depan-umum-kepada-anak-anak-sd-desa-cokro-dengan-menerapkan-penggunaan-bahasa-indonesi/

Susanto, A. H., Widyawati, Y., Setyaningsih, N., & Sumardi, S. (2024). Pengaruh metode role

playing terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia materi drama pada siswa kelas V sekolah dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). https://doi.org/10.23969/jp.v9i03.16758

Similar Articles

<< < 23 24 25 26 27 28 29 30 31 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.