PENDAMPINGAN VERIFIKASI PERENCANAAN UNIT SEKOLAH BARU UNTUK PENGADAAN SEKOLAH LUAR BIASA DI MUKOMUKO BENGKULU

Main Article Content

Dedi Hantono
Ari Widyati Purwantiasning
Lutfi Prayogi
Yeptadian Sari

Abstract

Education as the primary means of improving human intellectuality and the progress of a nation should be accessible to anyone, including children with physical and mental limitations. In certain areas in Indonesia, many areas still have difficulty accessing educational facilities for children with special needs. In general, they have large enough land but have a limited budget to build school buildings. This appalling condition has prompted the Ministry of Education and Culture to provide assistance for the construction of school buildings with special requirements in areas with limited budgets. The assistance is expected to be right on target, so the Ministry of Education and Culture requires verification before assisting. Because many regions have submitted proposals, the Ministry of Education and Culture requires a companion team from universities as a team of verifiers to assess the eligibility they receive from several regions in Indonesia. The Department of Architecture, University of Muhammadiyah Jakarta, was appointed as a team of verifiers on proposals from Tanjung Mulya Village, Mukomuko Regency, Bengkulu Province. This village has provided a plot of land for the planned construction of a school building for special needs. The community needs that. In conducting the verification, the verifier team used a survey method to see the physical and non-physical conditions of the site and the village environment to conform to the standards and regulations for the construction of schools with special needs owned by the Ministry of Education and Culture. In the final stage of verification, a conclusion and recommendation were made that Tanjung Mulya Village, located in Mukomuko Regency, was eligible to receive assistance for the construction of the New School Unit for Special Schools (USB-SLB.


ABSTRAK:


Pendidikan sebagai sarana utama dalam peningkatan intelektualitas manusia dan kemajuan suatu bangsa sudah seharusnya bisa diakses oleh siapa saja termasuk anak yang memiliki keterbatasan fisik dan mental. Pada beberapa daerah tertentu di Indonesia masih banyak ditemui daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses sarana pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus tersebut. Pada umumnya mereka memiliki lahan yang cukup luas namun memiliki keterbatasan anggaran untuk membangun gedung sekolah. Kondisi yang cukup memprihatinkan tersebut memberi dorongan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memberikan bantuan pembangunan gedung sekolah dengan persyaratan khusus pada daerah yang memiliki keterbatasan anggaran. Bantuan tersebut diharapkan tepat sasaran sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memerlukan verifikasi terlebih dahulu sebelum memberikan bantuan. Oleh karena cukup banyak daerah yang mengajukan usulan maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memerlukan tim pendamping yang berasal dari perguruan tinggi sebagai tim verifikator untuk menilai kelayakan yang mereka terima dari beberapa daerah di Indonesia. Program Studi Arsitektur Universitas Muhammadiyah Jakarta ditunjuk sebagai tim verifikator terhadap usulan yang berasal dari Desa Tanjung Mulya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu. Desa ini sudah menyediakan sebidang tanah untuk rencana pembangunan gedung sekolah berkebutuhan khusus yang diperlukan oleh masyarakatnya. Dalam melakukan verifikasi, tim verifikator menggunakan metode survei untuk melihat kondisi fisik dan non fisik tapak maupun lingkungan desanya untuk menyesuaikan dengan standar dan peraturan pembangunan sekolah berkebutuhan khusus yang dimiliki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pada tahap akhir verifikasi dihasilkan suatu kesimpulan dan rekomendasi bahwa Desa Tanjung Mulya yang berada di Kabupaten Mukomuko ini layak untuk mendapat bantuan pembangunan Unit Sekolah Baru Sekolah Luar Biasa (USB-SLB).

Article Details

How to Cite
Dedi Hantono, Ari Widyati Purwantiasning, Lutfi Prayogi, & Yeptadian Sari. (2022). PENDAMPINGAN VERIFIKASI PERENCANAAN UNIT SEKOLAH BARU UNTUK PENGADAAN SEKOLAH LUAR BIASA DI MUKOMUKO BENGKULU. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.20357
Section
Articles

References

Aziza, N. (2020). Honing, Loving, and Nurturing: A Study of Mothers’ Role in Family. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(2), 251–266. https://doi.org/10.21274/martabat.2020.4.2.251-266

Badawi, D. A. (2019). Sistem Verifikasi Dokumen Hasil Investigasi Forensik Digital Berbasis Teknologi Blockchain. Universitas Islam Indonesia.

Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 223–227. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13530

Handayani, P., Sibagariang, P., Carissa, G. I., Paramitha, J., & Sembiring, W. P. (2020). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Guru Siswa Berkebutuhan Khusus di Sekolah Sayap Ibu Bintaro. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 378–387. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9429

Hantono, D., Ashadi, Purwantiasning, A. W., Anisa, Nur’aini, R. D., & Sari, Y. (2020). Pengadaan Taman Bermain Anak Untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda II Dusun Gunung Leutik Kabupaten Bogor. Jurnal Dinamisia, 4(2), 236–241.

https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3897

Hantono, D., Setioko, B., & Indarto, E. (2021). Kualitas Visual Pada Ruang Terbuka Publik Kawasan Konservasi Arsitektur. CV. Pena Persada. https://doi.org/10.31237/osf.io/etgpw

Lindarto, D., Harisdani, D. D., & Abdillah, W. (2018). Partisipasi Masyarakat dalam Penggunaan Teknik Biopori untuk Mengendalikan Banjir Kota (Studi Kasus : Kelurahan Tanjung Rejo – Medan). Jurnal Nalars, 17(2), 97–104. https://doi.org/10.24853/nalars.17.2.97-104

Pramitasari, D., & Sarwadi, A. (2015). A Study on Elderly’s Going Out Activities and Environment Facilities. Procedia Environmental Sciences, 28, 315–323. https://doi.org/10.1016/j.proenv.2015.07.040

Prayogi, L., & Hantono, D. (2021). Bus Rapid Transit System as A Potent Agent for Transit-Oriented Development: A Study of Transjakarta Passengers’ Mode Shift. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 780 (1), 012081. https://doi.org/10.1088/1755-1315/780/1/012081

Setyaningsih, E., Roesmaladewi, F. I., Calvinus, Y., & Fat, J. (2020). Peningkatan Perilaku Hemat Energi Bagi Siswa SMA dan Penerapan SNI Pada Ruang Belajar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2), 588–596. https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.10146

Setyaningsih, W., Iswati, T. Y., SriYuliani, Nuryanti, W., Prayitno, B., & Sarwadi, A. (2015). Low-Impact-Development as an Implementation of the Eco-Green-Tourism Concept toDevelop Kampung towards Sustainable City. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 179, 109–117. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.414