EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNAAN KOMPUTER DAN SIMULASI ANBK PADA SISWA SDN PANYAWEUYAN

Main Article Content

Patricia irene
Shannon Andrea
Marvin Gultom
Angelina. R Halim
Della N. Sigalingging
Leo Danuarta
Velista J. Kurniawan
Fransisca I.R. Dewi
Mei Ie

Abstract

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk meningkatkan efikasi diri siswa kelas V SDN Panyaweuyan dalam penggunaan komputer, khususnya dalam persiapan untuk Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Banyak siswa menghadapi tantangan akibat keterbatasan akses teknologi dan kurangnya keterampilan menggunakan komputer, yang menyebabkan kecemasan dalam menghadapi asesmen ini. Untuk mengatasi hal tersebut, kami melaksanakan program dalam tiga tahap : persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, siswa diberikan pelatihan praktis dalam menggunakan komputer, termasuk mengetik, menggunakan perangkat lunak dan berinteraksi dengan sistem ANBK. Pelatihan menggunakan metode interaktif, seperti praktik langsung, sesi tanya jawab dan buatan personal. Evaluasi dengan menggunakan General Self-Efficacy Scale (GSES) menunjukkan peningkatan pada kepercayaan diri dan keterampilan siswa. Meskipun perbedaan statistik antara hasil pre-test dan post-test cukup moderat, siswa melaporkan merasa lebih nyaman dan mampu menggunakan komputer. Pelatihan ini membantu mereka merasa lebih siap menghadapi ANBK dan mengurangi kecemasan mereka. Dalam kegiatan PKM ini menyoroti pentingnya dukungan teknologi yang berkelanjutan di sekolah untuk membantu siswa beradaptasi dengan pembelajaran dan asesmen berbasis komputer, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan mereka untuk pendidikan masa depan. 


 


PKM activities aims to improve the self–efficacy of fifth-grade students at SDN Panyaweuyan in using computers, especially in preparation for the Computer-Based National Assessment (ANBK). Many students struggled with computer use due to limited access and lack of familiarity, leading to anxiety about assessment. To address these challenges, we implemented a three-phase program such as preparation, implementation and evaluation. During implementation, students received guided practice in basic computer skills, including typing, navigating software and interacting with the ANBK system. The training was interactive, involving hands-on practice Q&A sessions and personalized assistance. Evaluations using the General Self-Efficacy Scale (GSES) indicated that students improved in both confidence and computer skills. Although the statistical difference between pre-test and post-test results was moderate, the students reported feeling more comfortable and capable of using computers. This training helped them feel more prepared for ANBK and reduced their anxiety. In this PKM activities emphasise the importance of continuous technological support in schools to help students adapt to computer-based learning and assessments, fostering their confidence and skills for future educational challenges.

Article Details

How to Cite
irene, P., Andrea, S., Gultom, M., Halim, A. R., Sigalingging, D. N., Danuarta, L., … Ie, M. (2025). EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN PENGGUNAAN KOMPUTER DAN SIMULASI ANBK PADA SISWA SDN PANYAWEUYAN. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(3), 735–743. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i3.32691
Section
Articles

References

Sulkifli. (2021). The Importance of Understanding Student Character to Support Successful Learning in Junior High School. Jurnal Konsepsi, 10(3), 277-286. https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/122

Setiani, A. E. (2021). Pengembangan instrumen penilaian berorientasi “HOTS” dari buku tematik dengan menggunakan aplikasi Quizizz di kelas IV sekolah dasar: Penelitian desain dan pengembangan di kelas IV SDN Panyaweuyan Kabupaten Cianjur. (Skripsi S1, Universitas Pendidikan Indonesia). Universitas Pendidikan Indonesia. Link akses http://repository.upi.edu/id/eprint/65834

Saputra, M. D., Suprapto, N., & Aslimah, S. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa. Pedagogy: Journal of Education, 7(4), 281-290. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/4619/3123

Savitri, N. M., & Kuswanto, K. (2021). Penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ide Guru, 6(1), 46-56. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/372/323

Dianta, Y. J. (2018). Peranan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 906-911.

Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61-71.

Sri, A. (2008). Media pembelajaran. Surakarta: UPT UNS Press Universitas Sebelas Maret.

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (1995). Generalized Self-Efficacy scale. In J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston, Measures in health psychology: A user’s portfolio. Causal and control beliefs (pp. 35-37). Windsor, UK: NFER-NELSON.

Agustina, N., et al. (2020). Pengaruh media PheT terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 133-137.

Herayanti, L., et al. (2018). Pengembangan perangkat PBL berbantuan media Moodle. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 15(2), 50-65.

Sukiyasa, K., & Sukoco, B. (2013). Efektivitas media animasi dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(3), 165-177.

Suryadi, A. (2015). Definisi media menurut AECT. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(1), 23-35.

Yazid, S., & Neviyarni, S. (2021). Tantangan dan kendala implementasi literasi numerasi di masa pandemi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 908-921.

Nahdi, D. S., & Yunitasari, R. (2020). Integrasi literasi dasar dalam pendidikan anak usia dini selama pandemi. J-Abdipamas, 5(2), 70-74.

Mu'arif, M. et al. (2021). Adaptasi teknologi dan inovasi dalam pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 15(2), 50-65.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 19 20 21 22 23 24 25 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.