INTEGRASI INOVASI PRODUK DAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA TARIK PRODUK KERAJINAN UMKM

Main Article Content

Mei Ie
Salsabilla Ayundha Martsha Buana

Abstract

In 2024, the Indonesian government aims to increase the export contribution of MSME products to 17%. To achieve this goal, the government actively collaborates with various institutions and MSMEs. Sinta MSME is one of the MSMEs in Cirebon Regency that sells fashion products such as clothes and handicraft bags made by themselves from local Cirebon producers. This is in opening up opportunities for Sinta MSMEs to export the products they sell. It is unfortunate that partners have not fully utilized this exclusive potential, which makes Sinta's MSME products unattractive to the uninitiated. Therefore, partners must be introduced further to how the current entrepreneurial process runs and how to first develop the potential of their products. This happens because Sinta MSMEs do not have the knowledge and input that can encourage them to become export-worthy products. So that the PKM Team of Tarumanagara University provides assistance to solve the problems of these partners. The PKM team provides knowledge and input in accordance with the needs that have been explained by partners. The input given by the PKM Team is in the form of making hangtags and mock up packaging boxes that can later be used by partners to add value to the attractiveness of the product. Hangtags are considered to make it easier for consumers to do a brief analysis before buying it and for partners is to make it easier for them to recap sales because there is already a barcode of each item in it. Box packaging is also expected to help partners maintain product quality and make it easier for consumers to carry it after purchase.


ABSTRAK


Pada tahun 2024, pemerintah Indonesia memiliki tujuan untuk meningkatkan kontribusi ekspor produk UMKM hinggaa 17%. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pemerintah secara aktif bekerjasama dengan berbagai lembaga dan UMKM. UMKM Sinta merupakan salah satu UMKM di Kabupaten Cirebon yang menjual produk fashion seperti baju dan tas kerajinan yang dibuat sendiri dari para produsen lokal Cirebon. Hal tersebut dalam membuka peluang UMKM Sinta untuk melakukan ekspor produk yang dijualnya. Sangat disayangkan bahwa mitra belum memanfaatkan sepenuhnya potensi eksklusif ini, yang membuat produk UMKM Sinta tidak menarik bagi orang-orang yang belum tahu. Oleh karena itu, mitra harus diperkenalkan lebih jauh tentang bagaimana proses kewirausahaan saat ini berjalan dan bagaimana terlebih dahulu mengembangkan potensi produk yang dimilikinya. Hal tersebut terjadi dikarenakan UMKM Sinta belum memiliki pengetahuan dan masukan yang dapat mendorongnya menjadi produk yang layak ekspor. Sehingga Tim PKM Universitas Tarumanagara melakukan adanya pendampingan untuk menyelesaikan permasalahan mitra tersebut. Tim PKM memberikan pengetahuan dan masukan sesuai dengan kebutuhan yang telah dijelaskan oleh mitra. Masukan yang diberikan Tim PKM adalah dalam bentuk pembuatan hangtag dan mock up box kemasan yang nantinya dapat digunakan oleh mitra guna menambah nilai daya tarik dari produk. Hangtag dianggap dapat mempermudah konsumen dalam melakukan analisa singkat sebelum membelinya dan bagi mitra adalah untuk mempermudah mereka dalam melakukan rekap penjualan karena sudah terdapat barcode masing-masing item di dalamnya. Kemasan box pun diharapkan dapat membantu mitra dalam menjaga kualitas produk dan mempermudah konsumen membawanya setelah pembelian

Article Details

How to Cite
Ie, M., & Martsha Buana, S. A. (2024). INTEGRASI INOVASI PRODUK DAN DESAIN KEMASAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA TARIK PRODUK KERAJINAN UMKM. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 7(2), 353–359. https://doi.org/10.24912/jbmi.v7i2.30532
Section
Articles
Author Biography

Mei Ie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ekonomi

 

References

Intan, G. (2022, March 28). Jokowi Targetkan 30 Juta UMKM Go Digital pada 2024. VOA Indonesia. https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-targetkan-30-juta-umkm-go-digital-pada-2024/6504633.html

Kirom, N. R., Sudarmiatin, S., & Hermawan, A. (2022). E-Commerce Strategy for MSME Innovation Development in the new normal Era. International Journal of Environmental, Sustainability and Social Science, 3(1), 169–178. https://doi.org/10.38142/ijesss.v3i1.125

Permana, A. (2023, July 22). Inilah 8 Permasalahan UMKM yang Sering Terjadi. Zeka Digital. https://zekadigital.com/permasalahan-umkm/

Prodjo, W. A. (2022, December 17). Tahun 2024, pemerintah targetkan kontribusi ekspor produk UMKM tembus 17 persen. KOMPAS.com. https://umkm.kompas.com/read/2022/12/17/090000283/tahun-2024-pemerintah-targetkan-kontribusi-ekspor-produk-umkm-tembus-17-persen

Ramadhina, A. & Mugiono. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. . Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 1(1), 59-67. http://dx.doi.org/10.21776/jmppk.2022.01.1.07

Rollsticker.id. (2023, July 30). Hangtag: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya. Rollsticker.id. https://rollsticker.id/hangtag-pengertian-fungsi-jenis-dan-contohnya/#:~:text=Kesimpulannya%2C%20hangtag%20adalah%20label%20gantung%20yang%20memiliki%20peran,hangtag%20dapat%20memberikan%20nilai%20tambah%20estetika%20pada%20produk.

Sant’Anna, A. C., Alves, M. J. D. S., Monteiro, C., Gagliardi, T. R., & Valencia, G. A. (2022). The influence of packaging colour on consumer expectations of coffee using free word association. Packaging Technology and Science, 35(8), 629–639. https://doi.org/10.1002/pts.2675

Suma, E., Yusuf, S.A., & Umar, J. (2023). Pengaruh Bentuk Kemasan, Desain Produk Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen. JURNAL ADMINISTRASI BISNIS, 13(2), 111-115. https://www.semanticscholar.org/reader/38fb86cb1c61ec5a3e080c9239319dd9e2abd7b8

Suroso, S., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., Chidir, G., & Asbari, M. (2021). Managing MSME Innovation Performance: Analysis of Knowledge-Oriented Leadership and Knowledge Management Capability. Edukatif, 3(6), 4541–4555. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1506

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.