REMAJA DAN MEDIA SOSIAL DI SMA “X” BEKASI

Main Article Content

Daru Seto Bagus Anugrah
Adeline Mayvie Wijanarko
Fernando Elbert
Weny Savitry S. Pandia

Abstract

Penggunaan gawai di kalangan remaja tidak dapat dihindari. Di masa pandemi remaja menggunakan gawai untuk bersekolah daring, mencari referensi, dan juga mengekspresikan diri. Fitur media sosial yang ada dalam gawai menjadi sarana bagi remaja untuk bersosialisasi. Di satu sisi banyak sekali manfaat penggunaan gawai, namun di sisi lain remaja pengguna gawai dianggap tidak dapat mengontrol diri dalam menggunakan gawai sehingga menghabiskan waktu berlebihan dengan gawainya. Media sosial dalam gawai dianggap menjadi jembatan untuk perilaku seksual berisiko, penggunaan zat terlarang, hingga gangguan kesehatan mental. Padahal penggunaan gawai dan media sosial dapat memberikan banyak manfaat asalkan para remaja mengetahui cara penggunaannya secara bijak. Penggunaan gawai khususnya media sosial secara bijak perlu dipahami agar para remaja memperoleh banyak manfaat dalam penggunaan teknologi. Kegiatan edukasi yang diselenggarakan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya) dan SMA “X” Bekasi sebagai mitra untuk meningkatkan pengetahuan penggunaan gawai secara bijak khususnya media sosial, perlu dilakukan. Berdasarkan analisis kebutuhan dari guru dan siswa, dilakukan kegiatan webinar yang bertujuan membekali para siswa mengenai pengetahuan penggunaan media sosial secara bijak dan manfaat penggunaan media sosial yang tepat. Dengan demikian para siswa SMA “X” Bekasi memperoleh manfaat yang luas dari penggunaan media sosial. Pre-test dan post-test yang dilakukan untuk mengetahui dampak dari kegiatan webinar menunjukkan perbedaan signifikan pada pengetahuan siswa dalam penggunaan media sosial. Setelah webinar para siswa membuat rencana tindak lanjut, dan guru melakukan pendampingan kepada para siswa selama dua bulan. Evaluasi menunjukkan ada perubahan perilaku penggunaan gawai dari para siswa sebagai dampak kegiatan yang dilakukan.

Article Details

How to Cite
Anugrah, D. S. B., Wijanarko, A. M., Fernando Elbert, & Pandia, W. S. S. (2023). REMAJA DAN MEDIA SOSIAL DI SMA “X” BEKASI. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i3.21078
Section
Articles
Author Biography

Weny Savitry S. Pandia, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

 

 

References

Anugrah, D. S. B., Karmawan, L. U., Warjoto, R. E., Agustinah, W., Frans, W., Aurelia, J., Marcella, M., Oetomo, C.,

Alviana, J. R., Sentia, S., & Ferenda, T. (2022). Pelatihan pembuatan kombucha-ekstrak bunga telang untuk masyarakat di Desa Pagedangan, Tangerang, Banten. Abdimas Dewantara, 5(2 SE-). https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/12822

Anugrah, D. S. B., Subali, D., Waturangi, D. E., Hutagalung, R., & Amanda, J. I. (2021). Edukasi Pada Masyarakat Mengenai Peran Mikroorganisme Dalam Perubahan Iklim. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(2), 421–427. https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i2.12624

Botella, C., Riva, G., Gaggioli, A., Wiederhold, B. K., Alcaniz, M., & Baños, R. M. (2012). The present and future of positive technologies. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 15(2), 78–84. https://doi.org/10.1089/cyber.2011.0140

Fitriyadi, H. (2015). Integrasi Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pendidikan: Potensi Manfaat, Masyarakat Berbasis Pengetahuan, Pendidikan Nilai, Strategi Implementasi Dan Pengembangan Profesional. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 21(3), 1–1.

Gayatri, G., Rusadi, U., Meiningsih, S., Mahmudah, D., Sari, D., & Nugroho, A. C. (2015). Perlindungan Pengguna Media Digital Di Kalangan Anak Dan Remaja Di Indonesia. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Komunikasi Dan Informatika, 6(1), 1–18.

Gentile, D. A., Nathanson, A. I., Rasmussen, E. E., Reimer, R. A., & Walsh, D. A. (2012). Do You See What I See? Parent and Child Reports of Parental Monitoring of Media. Family Relations, 61(3), 470–487. https://doi.org/10.1111/j.1741-3729.2012.00709.x

González-Prendes, A. A., & Resko, S. M. (2012). Cognitive-Behavioral Theory. In Trauma: Contemporary Directions in Theory, Practice, and Research (pp. 14–40). SAGE Publications, Inc. https://doi.org/10.4135/9781452230597.n2

Gupta, N., Krishnamurthy, V., Majhi, J., & Gupta, S. (2013). Gadget dependency among medical college students in Delhi. Indian Journal of Community Health, 25(4), 362–366.

Hurlock, E. B., Istiwidayanti, Soedjarwo, & Sijabat, R. M. (1991). Psikologi perkembangan : Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Penerbit Erlangga.

Kristiani, R., Suci, T., Pandia, W. S. S., Witarso, L. S., Hendriati, A., Santoso, J. B., Shanti, T. I., Priadi, M. A. G., Pristinella, D., Arjadi, R., Handayani, P., Rocky, Hestyanti, Y. R., Rossalia, N., & Herabadi, A. G. (2021). Internet, gawai, dan remaja: Menjadi remaja kekinian, produktif, dan tangguh. Penerbit Buku Kompas.

Laurence D Steinberg. (2014). Adolescence. McGraw-Hill Education.

Lickona, T. (1996). Eleven Principles of Effective Character Education. Journal of Moral Education, 25(1), 93–100. https://doi.org/10.1080/0305724960250110

Martínez De Morentin, J. I., Cortés, A., Medrano, C., & Apodaca, P. (2014). Internet use and parental mediation: A cross-cultural study. Computers and Education, 70(January), 212–221. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2013.07.036

Nikken, P., & Schols, M. (2015). How and Why Parents Guide the Media Use of Young Children. Journal of Child and Family Studies, 24(11), 3423–3435. https://doi.org/10.1007/s10826-015-0144-4

Pandia, W. S. S., Purwanti, M., & Pristinella, D. (2019). Parental Mediation with Adolescent Users of I.T. Devices. ANIMA Indonesian Psychological Journal, 34(4), 222–230. https://doi.org/10.24123/aipj.v34i4.2582

Roma Doni, F. (2017). Perilaku Penggunaan Smartphone Pada Kalangan Remaja. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(2), 16–23.

Santrock, J. W. (2021). Life-Span Development. Penerbit Erlangga.

Sasson, H., & Mesch, G. (2014). Parental mediation, peer norms and risky online behavior among adolescents. Computers in Human Behavior, 33, 32–38. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.12.025

Sekarasih, L. (2016). Restricting, distracting, and reasoning: Parental mediation of young children’s use of mobile communication technology in Indonesia. In Mobile communication and the family (pp. 129–146). Springer.

Valkenburg, P. M., Piotrowski, J. T., Hermanns, J., & de Leeuw, R. (2013). Developing and Validating the Perceived Parental Media Mediation Scale: A Self-Determination Perspective. Human Communication Research, 39(4), 445–469. https://doi.org/10.1111/hcre.12010

Most read articles by the same author(s)