Gambaran Deskriptif Instagram False Self-Presentation Dan Phubbing Pada Mahasiswa Di Jakarta
Main Article Content
Abstract
Teknologi berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Generasi Z yang saat ini mayoritas berstatus sebagai mahasiswa merupakan generasi yang melihat teknologi sebagai kebutuhan, seperti penggunaan internet, ponsel pintar, dan media sosial. Instagram memiliki pengguna terbanyak kedua di Indonesia didominasi oleh emerging adults (saat ini kebanyakan berstatus mahasiswa). Penggunaan Instagram tidak terlepas dari presentasi diri. Hal yang menjadi kekhawatiran adalah saat individu mempresentasikan diri secara tidak jujur, yang disebut juga false-self presentation (FSP). FSP adalah sebuah tindakan mempresentasikan diri secara tidak jujur dengan tujuan menipu, mencoba menunjukkan berbagai persona diri, hingga menyesuaikan diri dengan harapan orang lain. FSP dapat menyebabkan rasa tidak nyaman akibat berbohong hingga pandangan terhadap diri yang tidak konsisten. Saat melakukan FSP, individu cenderung membuka Instagram lebih lama, terlebih pengaksesan Instagram dapat dilakukan melalui smartphone. Penggunaan smartphone ini juga dapat dilakukan saat sedang berinteraksi secara langsung dengan orang lain atau disebut juga phubbing (PHB). PHB merupakan tindakan berfokus pada smartphone dan tidak memperdulikan orang lain saat melakukan interaksi sosial. PHB dapat menyebabkan menurunnya kualitas sebuah hubungan, stress, serta merusak impresi seseorang. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran yang lebih luas dan mendalam mengenai fenomena FSP dan PHB pada mahasiswa menggunakan pendekatan uji deskriptif. 275 mahasiswa Jakarta diambil sebagai partisipan dengan teknik random sampling. FSP diukur dengan alat ukur Self-Presentation on Facebook Questionnaire (SPFBQ) oleh Michikyan et al. (2015) yang ditranslasi dan diadaptasi untuk mengukur FSP pada Instagram. PHB diukur menggunakan alat ukur Generic Phubbing Scale (GSP) oleh Chotpitayasunondh dan Douglas (2018) yang ditranslasikan ke bahasa Indonesia. Hasil uji deskriptif menyatakan bahwa FSP dan PHB pada mahasiswa Jakarta berada dalam kategori sedang. Dimensi FSP yang memiliki skor tertinggi adalah compare/impress dan exploration, sementara dimensi PHB yang memiliki skor tertinggi adalah problem acknowledgement dan nomophobia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Al-Mamun, F., Mamun, M. A., Prodhan, M. S., Muktarul, M., Griffiths, M. D., Muhit, M., & Sikder, M. T. (2023). Nomophobia among university students: Prevalence, correlates, and the mediating role of smartphone use between Facebook addiction and nomophobia. Heliyon, 9(3).
Al-Saggaf, Y., & MacCulloch, R. (2019). Phubbing and social relationships: Results from an Australian sample. Journal of Relationships Research, 10. https://doi.org/10.1017/jrr.2019.9
Al-Saggaf, Y., MacCulloch, R., & Wiener, K. (2018). Trait boredom is a predictor of phubbing frequency. Journal of Technology in Behavioral Science, 1–8. https://doi.org/10.1007/s41347-018-0080-4
Al‐Saggaf, Y., & O’Donnell, S. B. (2019). Phubbing: Perceptions, reasons behind, predictors, and impacts. Human Behavior and Emerging Technologies. doi:10.1002/hbe2.137
Azwar, S. 2012. “Penyusunan Skala Psikologi” edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (n.d.). Persentase penduduk usia 5 tahun ke atas yang pernah mengakses internet menurut kelompok umur. https://www.bps.go.id/indicator/2/840/1/-persentase-penduduk-usia-5-tahun-ke-atas-yang-pernah-mengakses-internet-dalam-3-bulan-terakhir-menurut-kelompok-umur.html
Callan, M. J., Kim, H., & Matthews, W. J. (2015). Age differences in social comparison tendency and personal relative deprivation. Personality and Individual Differences, 87, 196–199. doi:10.1016/j.paid.2015.08.003
Chan, Y. F., Narasuman, S., Abdul Aziz, N., Syed Mustafa, S. M., & Tau Han, C. (2021). Smartphone use among university students. Asian Journal of University Education, 17(1), 282. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12622
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2016). How “phubbing” becomes the norm: The antecedents and consequences of snubbing via smartphone. Computers in Human Behavior, 63, 9–18. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.018
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology, 48(6), 304–316. https://doi.org/10.1111/jasp.12506
Data Reportal. (n.d.). Digital around the world. DataReportal. https://datareportal.com/global-digital-overview
Elhai, J. D., & Contractor, A. A. (2018). Examining latent classes of smartphone users: Relations with psychopathology and problematic smartphone use. Computers in Human Behavior, 82, 159–166. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.01.010
Ergün, N., Göksu, İ., & Sakız, H. (2019). Effects of phubbing: Relationships with psychodemographic variables. Psychological Reports, 123(5), 1578–1613. https://doi.org/10.1177/0033294119889581
Fernandez, S. C., & Fernandez, J. P. (2021). Students’ phubbing in rural university classrooms: Are they crossing boundaries? academics’ perceptions. Universal Journal of Educational Research, 9(8), 1599–1609. https://doi.org/10.13189/ujer.2021.090812
Gil-Or, O., Levi-Belz, Y., & Turel, O. (2015). The “Facebook-self”: Characteristics and psychological predictors of false self-presentation on Facebook. Frontiers in Psychology, 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00099
Grieve, R., & Watkinson, J. (2016). The psychological benefits of being authentic on Facebook. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 19(7), 420–425. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0010
Karadağ, E., Tosuntaş, Ş. B., Erzen, E., Duru, P., Bostan, N., Şahin, B. M., Çulha, İ., & Babadağ, B. (2015). Determinants of phubbing, which is the sum of many virtual addictions: A structural equation model. Journal of Behavioral Addictions, 4(2), 60–74. https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.005
Lawson, D., & Henderson, B. B. (2015). The costs of texting in the classroom. College Teaching, 63(3), 119–124. https://doi.org/10.1080/87567555.2015.1019826
Liu, Y., Liu, H., & Liu, Z. (2021). The relationship of self-presentation, psychological needs, and exercise dependence in college students with overweight. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.625501
Lv, S., & Wang, H. (2023). Cross-lagged analysis of problematic social media use and phubbing among college students. BMC psychology, 11(1), 1-8.
Michikyan, M., Dennis, J., & Subrahmanyam, K. (2015). Can You Guess Who I Am? Real, Ideal, and False Self-Presentation on Facebook Among Emerging Adults. Emerging Adulthood, 3(1), 55-64. https://doi.org/10.1177/2167696814532442
Mun, I. B., & Kim, H. (2021). Influence of false self-presentation on Mental Health and deleting behavior on Instagram: The mediating role of perceived popularity. Frontiers in Psychology, 12. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.660484
Naude, L. (2022). “Protecting my Positivity”: Emerging Adults as Social Media Actors, Agents, and Authors. Emerging Adulthood, 10(6), 1332-1344.
Nazir, T., & Bulut, S. (2019). Phubbing and what could be its determinants: A dugout of literature. Psychology, 10(6), 819–829. https://doi.org/10.4236/psych.2019.106053
Notara, V., Vagka, E., Gnardellis, C., & Lagiou, A. (2021). The emerging phenomenon of nomophobia in young adults: A systematic review study. Addiction & health, 13(2), 120.
Nurhayati-Wolff, H. (2023, Oktober 11). Indonesia: Share of Instagram users by age 2023. Statista. https://www.statista.com/statistics/1078350/share-of-instagram-users-by-age-indonesia/
Petrosyan, A. (2023b, Oktober 25). Devices used to access the internet Q2 2023. Statista. https://www.statista.com/statistics/1289755/internet-access-by-device-worldwide/
Rui, J., & Stefanone, M. A. (2013). Strategic self-presentation online: A cross-cultural study. Computers in Human Behavior, 29(1), 110–118. https://doi.org/10.1016/j.chb.2012.07.022
Sinsomsack, N., & Kulachai, W. (2018). A study on the impacts of smartphone addiction. Proceedings of the 15th International Symposium on Management (INSYMA 2018). https://doi.org/10.2991/insyma-18.2018.61
Statista Research Department. (2023, November 2). Indonesia: Digital Device Ownership by device 2022. Statista. https://www.statista.com/statistics/802628/digital-device-usage-among-adults-by-device-indonesia/
Taneja, A., Fiore, V., & Fischer, B. (2015). Cyber-slacking in the classroom: Potential for digital distraction in the new age. Computers & Education, 82, 141–151. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.11.009
Tomaszek, K. (2023). You better stop hiding your true self! the relationship between perceived false self, academic burnout, and Mental Health Problems. Current Problems of Psychiatry, 24, 217–227. https://doi.org/10.12923/2353-8627/2023-0021
Ugur, N. G., & Koc, T. (2015). Time for Digital Detox: Misuse of Mobile Technology and Phubbing. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1022–1031. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.491
Vanden Abeele, M. M. P., Antheunis, M. L., & Schouten, A. P. (2016). The effect of mobile messaging during a conversation on impression formation and interaction quality. Computers in Human Behavior, 62, 562–569. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.04.005
van der Schyff, K., Renaud, K., Townes, J. P.-, & Tshiqi, N. (2022). Investigating the mediating effects of phubbing on self-presentation and FOMO within the context of excessive Instagram use. Cogent Psychology, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311908.2022.2062879
We Are Social. (2023, Oktober 19). Digital 2023. We Are Social Indonesia. https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/
Wright, E. J., White, K. M., & Obst, P. L. (2018). Facebook false self-presentation behaviors and negative mental health. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 21(1), 40–49. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0647
Yang, C., & Brown, B. B. (2015). Online self-presentation on Facebook and self development during the college transition. Journal of Youth and Adolescence, 45(2), 402–416. https://doi.org/10.1007/s10964-015-0385-y