Pengembangan strategi branding pada jasa konsultan DERA
Main Article Content
Abstract
DERA Consultant is a construction consulting service company focused on planning, supervision, and project completion with high standards in Indonesia. This business stems from the high incidence of construction failures due to inadequate supervision and non-compliance with technical standards. To address these challenges, DERA Consultant applies SNI standards, involves qualified experts, and utilizes technology such as Midas Gen and Revit to ensure project safety and efficiency. This business plan integrates branding strategies through a 7P marketing mix approach, which includes product development, pricing, distribution, promotion, people, process, and physical evidence. These strategies aim to build brand equity through service identity and quality, strengthen brand awareness with targeted promotion, create brand association through professional collaboration, and enhance brand perceived quality with competitive pricing and high-standard services. Implementation focuses on service differentiation, social media use, paid advertising, partnerships with influencers, and participation in industry events to broaden market reach and improve the company’s reputation. With this integrated approach, DERA Consultant seeks to meet market demand for quality construction consulting services, maintain project cost efficiency, and increase client satisfaction. Through systematic Branding strategies, DERA Consultant aims to strengthen its position in the industry, expand its client base, and create sustainable business prospects.
DERA Consultant adalah perusahaan jasa konstruksi yang berfokus pada perencanaan, pengawasan, dan penyelesaian proyek dengan standar tinggi di Indonesia. Bisnis ini didasari oleh tingginya kasus kegagalan konstruksi akibat pengawasan yang kurang dan ketidakpatuhan terhadap standar teknis. Untuk mengatasi tantangan tersebut, DERA Consultant menerapkan standar SNI, melibatkan tenaga ahli, dan menggunakan teknologi seperti Midas Gen dan Revit guna menjamin keamanan serta efisiensi proyek. Rencana bisnis ini mengintegrasikan strategi Branding melalui pendekatan Marketing mix (7P), yang mencakup pengembangan produk, harga, distribusi, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Strategi-strategi ini mencakup upaya untuk membangun Brand equity melalui identitas dan kualitas layanan, memperkuat Brand awareness dengan promosi yang tepat sasaran, menciptakan Brand association melalui kolaborasi profesional, serta meningkatkan Brand perceived quality dengan penawaran harga kompetitif dan layanan yang memenuhi standar tinggi. Implementasi ini difokuskan pada diferensiasi layanan, penggunaan media sosial, iklan berbayar, kemitraan dengan influencer, dan partisipasi dalam acara industri untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan reputasi perusahaan. Dengan pendekatan terintegrasi ini, DERA Consultant bertujuan memenuhi kebutuhan pasar akan jasa konstruksi berkualitas, menjaga efisiensi biaya proyek, dan meningkatkan kepuasan klien. Melalui strategi Branding yang sistematis, DERA Consultant diharapkan mampu memperkuat posisinya dalam industri, memperluas jangkauan klien, dan menciptakan prospek bisnis yang berkelanjutan
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga H., Nurjaya., & Sunarsi. (2022). Strategi Pemasaran: Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang Selatan: Pascal Books
Hendrayani, E., Sitinjak, W., Kusuma, G. P. E., Yani, D. A., Yasa, N. N. K., Chandrayanti, T., Wisataone, V., Wardhana, A., Sinaga, R., Hilal, N. (2021) Manajemen Pemasaran (Dasar & Konsep). Kota Bandung: CV. Media Sains Indonesia
Kusuma, A. H. P., Sudirman, A., Purnomo, A., Aisyah, S., Sahir, S. H., Salmiah, R. A., Halim, F., Wirapraja, A., Napitupulu, D., & Simarmata, J. (2020). Brand Management: Esensi, Posisi Dan Strategi. Yayasan Kita Menulis
Kurniasih, Dewi, Yudi Rusfiana, Subagyo Agus, and Rira Nuradhawati. (2021). Teknik Analisa. Bandung: Alfabeta.
Mulyana, A. E., Gumilar, A., & Hadiani, D. Analisis Toserba Yola Rancah Dengan Menggunakan Model Porter’s Five Forces. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis, 7(1), 18-25.
Putri, D. E., Sudirman, A., Suganda, A. D., Kartika, R. D., Martini, E., Susilowati, H., Bambang, Arlin, Trenggana, F. M., Zulfikar, R., Handayani, T., Kusuma, G. P. E., Triwardhani, D., Rini, N. K., Pertiwi, W. N. B., & Roslan, A. H. (2021). Brand Marketing. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Ramadhan, M. F., & Rosyad U. N. (2021). Strategi Branding Kopi Kewadanan Dalam Menghadapi Persaingan. Journal Riset Hubungan Masyarakat, 1(1), 15-21.
Rifa’i, M. Z. R., & Zen, M. (2021). Strategi Marketing mix Dalam Menghadapi Persaingan Pasar : Studi Kasus Pada Pt. Zamzam Sumbula Thoyyiba Tangerang Selatan. Journal Of Islamic Management, 1(2), 149-162
Rifa’i, Z., & Witriantino, D. A. (2022). Analisis Digital Marketing Start-Up Hompimpaa.Id Menggunakan Metode Analisis Swot, Value Proposition Canvas, Dan Competitive Five Force. Indonesian Journal On Software Engineering, 8(1), 75-82.
Sitorus, S. A., Romli, N. A., Tingga, C. P., Sukanteri, N. P., Putri, S. E., Gheta, A. P. K., Wardhana, A., Nugraha, K. S. W., Hendrayani, E., Susanto, P. C., Primasanti, Y., & Ulfah, M. (2022). Brand Marketing: The Art Branding. Media Sains Indonesia.
Susanti, A., Handayani, L. S., Hildayati, S. K., Hertati, L., & Hendarmin, R. M. R. (2023). Branding Dan Labeling Sebagai Upaya Strategi Pemasaran Produk Emping Singkong Umkm Di Desa Petanang. Communnity Development Journal, 4(4), 7628-7635.
Sofwan, A. M., Putra, D. P., & EfendI, L. (2023). Penerapan Metode Net Present Value (NPV) Pada Kelayakan InvestasiSyariahWaralaba Mixue di Indonesia. Tsarwah, 8(1), 22-29.