Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi

Main Article Content

Anastasia Devina
Yanuar

Abstract

The goal of this research is to see how consumer satisfaction with Mikrosite’s marketing mix influences customer loyalty. The purpose of this study is to see how customer pleasure affects consumer loyalty using SEM analysis. The sampling method used was judgmental sampling, with the sample consisting of persons who had visited and purchased Mikrosite products. Consumer loyalty is influenced by seven dimensions in this study. Product, pricing, promotion, people, and physical proof are the five factors that have a substantial impact on consumer loyalty. Client satisfaction has a significant impact on customer loyalty in this study. As a result, it is reasonable to conclude that customer happiness plays a substantial role in determining consumer loyalty. As a result, in order to build customer loyalty, Mikrosite needs fix the negative signs.


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kepuasan konsumen dengan bauran pemasaran Mikrosite mempengaruhi loyalitas pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana kepuasan pelanggan mempengaruhi loyalitas konsumen menggunakan analisis SEM. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgmental sampling, dengan sampel terdiri dari orang-orang yang pernah mengunjungi dan membeli produk Mikrosite. Loyalitas konsumen dipengaruhi oleh tujuh dimensi dalam penelitian ini. Produk, harga, promosi, orang, dan bukti fisik adalah lima faktor yang memiliki dampak besar pada loyalitas konsumen. Kepuasan klien memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam penelitian ini. Akibatnya, masuk akal untuk menyimpulkan bahwa kebahagiaan pelanggan memainkan peran penting dalam menentukan loyalitas konsumen. Akibatnya, untuk membangun loyalitas pelanggan, Mikrosite perlu memperbaiki tanda-tanda negatif.

Article Details

How to Cite
Devina, A., & Yanuar. (2023). Pengaruh marketing mix terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(2), 307–317. https://doi.org/10.24912/jmbk.v7i2.23353
Section
Articles
Author Biographies

Anastasia Devina, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

Yanuar, Universitas Tarumanagara

Program Studi Magister Manajemen, Program Pascasarjana

References

Alma, Buchari. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Daryanto, dan Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Fernandes, A. A. R., dan Solimun, S. (2018). The mediation effect of customer satisfaction in the relationship between service quality, service orientation, and marketing mix strategy to customer loyalty. Journal of Management Development, 37(1), 76–87. https://doi.org/10.1108/JMD-12-2016-0315

Griffin. (2010). Perilaku Organisasi Management. Jakarta: Salemba Empat.

Hair, et al. (2014). Multivariativ Data Analysis. New International Edition. New Jersey: Pearson.

Hair, et al. (2017). A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) 2nd Edition. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, Washington DC, Melbourne: SAGE.

Husein, Umar. (2010). Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT. Gramedia Building

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lovelock, C. dan John Wirtz. (2011). “Pemasaran Jasa Perspektif: Edisi 7”. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.

Oliver, Richard L. (2014). Satisfaction: A Behavioral Perspective on The Consumer. Edisi 2. New York: Routledge.

Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Stanton, William. J. (2006). Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Stanton, William. J. (2017). Prinsip Pemasaran. Edisi 7. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Tjiptono, Fandy. (2004). Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.