SIMULASI JARINGAN UNTUK SISTEM TERDISTRIBUSI LMS MOODLE DENGAN GNS3

Main Article Content

Vie Huang
Hezekiah Ivandi
Darren Natanael S
Dave Keane Wijaya
Kane Pradipa Komala

Abstract

Dalam lanskap teknologi pendidikan yang berubah dengan cepat, integrasi langkah-langkah keamanan seperti Virtual Private Networks (VPN) dan Firewall ke dalam Leaning Management Systems (LMS) menjadi keharusan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan mengimplementasikan LMS yang mencakup fungsi VPN dan Firewall, dengan fokus pada peningkatan keamanan data, kontrol akses, dan integritas sistem secara keseluruhan. Metodologi penelitian memerlukan pemeriksaan menyeluruh terhadap arsitektur LMS, teknologi VPN, dan solusi Firewall yang ada. Mengambil wawasan dari literatur, prototipe LMS akan dikembangkan, menggabungkan fitur VPN dan Firewall. Efektivitas langkah-langkah keamanan terintegrasi ini akan dinilai melalui pengujian kinerja, umpan balik pengguna, dan evaluasi keamanan. Dalam penelitian ini digunakan perangkat lunak bernama GNS3 (Graphical Network Simulator 3) untuk simulasi tata letak jaringan, Cisco ASAv untuk Firewall, Moodle sebagai LMS dan Virtualbox untuk membuat mesin virtual yang dapat digunakan untuk Web Server. dan Klien Web. Jadi seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini, Web Client berhasil mengakses Web Server dengan aman menggunakan VPN dan Firewall untuk membuka Website LMS Moodle.

Article Details

Section
Articles

References

K. Subandi and V. I. Sugara, “Analisis Serangan Vulnerabilities Terhadap Server Selama Work from Home saat Pandemi Covid-19 sebagai Prosedur Mitigasi”, ASIIMETRIK, vol. 4, no. 1, pp. 125-132, Jul. 2022.

B. Korniyenko, L. Galata, and L. Ladieva, “Research of Information Protection System of Corporate Network Based on GNS3,” IEEE Xplore, Dec. 01, 2019. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/9030472 (accessed May 09, 2022).

Sugiyono, "SISTEM KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE," Jurnal CKI On SPOT, p. 5, 2016.

S. Thomas Susel, "Subnetting Local Area Network," p. 18, 2011.

A. N. Hidasaputra, "MENGENAL KONSEP GATEWAY DAN NAT," p. 1, 2010.

F. L. Rosmana, "IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN)," Jurnal Techno Nusa Mandiri, 2015.

N. Humairah, "Penjelasan tentang Layanan pada Protokol TCP dan UDP".