Simulasi Jaringan untuk Sistem Terdistribusi E-Commerce Joomla dengan GNS3

Main Article Content

Kevin Jonathan JM
Marchella Angelina
Arya Wira Kristanto
Nicholas Martin
Jason Permana

Abstract

Di era ini, E-Commerce bukanlah hal yang asing lagi karena hadir dalam berbagai bentuk, seperti website, dan untuk mengakomodasi layanan tersebut, dibutuhkan server database dan server web untuk menjaga semua data yang diperlukan. Ketika berbicara tentang E-Commerce, hosting server mungkin akan dilakukan oleh pihak lain, karena koneksi internet dibutuhkan antara klien E-Commerce (klien web) dan server hosting.


Melalui penggunaan GNS3, dimungkinkan untuk mensimulasikan koneksi-koneksi yang disebutkan di atas secara virtual. Dalam artikel jurnal ini, koneksi antara web client sebagai outside zone, web server, Joomla server, dan client server sebagai demilitarized zone (DMZ), dan host client sebagai inside zone akan dibangun melalui Cisco ASA untuk mensimulasikan akses yang aman ke website yang dihosting oleh web server dan Joomla server melalui web client.


Hasil simulasi menunjukkan keberhasilan untuk mengakses Web Server dan Joomla Server menggunakan web browser melalui client pada outside zone sementara client pada inside zone berhasil mengakses Web Server dan Joomla Server baik melalui web browser maupun ping di terminal.  

Article Details

Section
Articles

References

S. E. Ullah, T. Alauddin and H. U. Zaman, "Developing an E-commerce website," 2016 International Conference on Microelectronics, Computing and Communications (MicroCom), Durgapur, India, 2016, pp. 1-4, doi: 10.1109/MicroCom.2016.7522526.

C. Judd, "Network Security Zones," 9 October 2018. [Online]. Available: https://www.kwtrain.com/blog/network-security-zones.

Fortinet, “DMZ Networks,” Fortinet, Inc., [Online]. Available: https://www.fortinet.com/resources/cyberglossary/what-is-dmz. [Accessed 25 November 2023].

C. Scott, P. Wolfe and M. Erwin, Virtual Private Networks 2nd Edition, Sevastopol: O’Reilly & Associates, Inc., 1999.