SIMULASI JARINGAN UNTUK SISTEM TERDISTRIBUSI OWNCLOUD DENGAN GNS3

Main Article Content

Sheila Tania
Olivia Clarabella Khotiera
Ferdinand
Paulina Agusia
Jonathan Setiawan

Abstract

Belajar dari pengalaman sebelumnya selama pandemi COVID-19, banyak perusahaan menghadapi tantangan dalam operasional mereka. Banyak karyawan yang dirumahkan, dan tenaga kerja yang tersisa beralih ke pekerjaan jarak jauh. Namun, kendala yang cukup besar muncul karena tidak semua karyawan memiliki komputer pribadi atau laptop di rumah. Menanggapi hal ini, perusahaan memberikan solusi dengan menawarkan setiap karyawan sebuah laptop yang dikeluarkan oleh perusahaan. Laptop ini dikonfigurasikan untuk hanya mengakses server yang dibuat oleh perusahaan, memastikan akses yang aman dan terkendali. Selain itu, menyadari kebutuhan akan penyimpanan data yang efisien, perusahaan menerapkan sistem cloud sendiri. Sistem cloud ini berfungsi sebagai solusi penyimpanan terpusat yang dapat diakses oleh perusahaan dan karyawannya. Jadi, kami menggunakan GNS3 untuk membuat server dan dengan menggunakan VPN untuk karyawan yang bekerja dari rumah.


Dalam hal ini, OwnCloud berhasil diakses dari dalam dan luar. Di mana PC1 dan Ubuntu Desktop dapat mengakses OwnCloud dengan menggunakan IP server yang sudah diatur.

Article Details

Section
Articles

References

A. V. B. G. Mery Sulianty H. Sitanggang, “Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Superintending Company Of Indonesia (Persero) Medan,” Jurnal Ekonomi Bisnis dan Teknologi, no. 2, p. 28, 2022.

S. D. S. A. I. F. S. Edy Rakhmat, “PEMANFAATAN APLIKASI OWNCLOUD PADA SISTEM KEAMANA CLOUD COMPUTING,” Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (SIMIKA), no. 4, p. 149, 2021.

kominfo, “Keamanan Jaringan Internet dan Firewall,” Keamanan Jaringan Internet dan Firewall, p. 1, 29 Juni 2017.

A. K. Wardana, “Simulasi Subnetting IPv4 dengan Packet Tracer,” SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika, p. 55, 2020.

E. S. d. G. K. Ilmalik Muhammad Alviendra, “Pengembangan danPenerapan Sistem Virtual Private Network (VPN) pada Internet of Things (IOT) Menggunakan Simulasi,” Pengembangan danPenerapan Sistem Virtual Private Network (VPN) pada Internet of Things (IOT) Menggunakan Simulasi, vol. II, no. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), pp. A15-A19, 2022.

R. Subekti, “IMPLEMENTASI VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN) SEBAGAI SOLUSI SECURITY SELAMA WORK FROM HOME,” JURNAL NASIONAL INFORMATIKA, no. 1, p. 57, 2020.

D. Ananta Kwarta Durianto, “Konfigurasi Cicso ASA Firewall,” Konfigurasi Cicso ASA Firewall, vol. I, no. Universitas Negeri Semarang, p. 298, 2021.

Rizki Tujuhbelas Kelola, “MENGENAL DMZ (DEMILITARISASI ZONE): FUNGSI DAN MANFAATNYA DALAM KEAMANAN JARINGAN,” MENGENAL DMZ (DEMILITARISASI ZONE): FUNGSI DAN MANFAATNYA DALAM KEAMANAN JARINGAN, p. 1, Kamis Juni 2023.

D. I. R. W. S. M. Ainun Isnainudin, “Implementasi Cloud Computing Menggunakan OwnCloud Dengan Memanfaatkan Redundant Array of Independent Disk 1 Sebagai Media Penyimpanan,” Implementasi Cloud Computing Menggunakan OwnCloud Dengan Memanfaatkan Redundant Array of Independent Disk 1 Sebagai Media Penyimpanan, vol. II, no. Universitas Kristen Satya Wacana, p. 1, 2019.

H. N. P. A. H. Michael Adi, “Aplikasi Private Cloud Storage untuk Menyimpan Data Operasional Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis Menggunakan Open Source,” Aplikasi Private Cloud Storage untuk Menyimpan Data Operasional Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis Menggunakan Open Source, vol. II, no. Universitas Kristen Petra Surabaya, p. 2, 2017.