Implementasi Metode Word2Vec Dan TextRank Dalam Aplikasi Mobile Peringkas Berita Olahraga

Main Article Content

Novario Jaya Perdana
Viny Christanti Marwadi
Nathaniel Andrew

Abstract

Dalam era informasi digital saat ini, volume besar dokumen berita olahraga online memunculkan kebutuhan akan alat peringkas otomatis yang efisien. Peningkatan daya tampung informasi ini memunculkan tantangan bagi pembaca untuk mendapatkan pemahaman cepat dan efisien dari berita olahraga terkini. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi peringkas otomatis menjadi topik yang menarik untuk menyediakan ringkasan yang informatif dan ringkas dari berita atau artikel yang panjang. Metode yang akan di gunakan menggunaklan metode word2vec dan textrank dan hasil kesimpulan yang di dapat menghasilkan ringkasan berita olahraga yang terbilang cukup dapat dibaca dan dimengerti.

Article Details

Section
Articles

References

Idhafi, Zaky, Surya Agustian, and Febi Yanto. “Peringkas teks otomatis pada artikel berbahasa Indonesia menggunakan metode maximum marginal relevance.” Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology) 4, no. 3 (2023): 609-618.

Candra, Oki, Tri Prasetyo, and Ahmad Rahmadani. “Pembentukan Karakter Melalui Olahraga.” (2023).

Yuliska, Yuliska, and Khairul Umam Syaliman. “Literatur Review Terhadap Metode, Aplikasi dan Dataset Peringkasan Dokumen Teks Otomatis untuk Teks Berbahasa Indonesia.” IT Journal Research and Development 5, no. 1 (2020): 19-31.

Abidin, Aa Zezen Zaenal, and Enung Nurjanah. “Sistem Peringkas Teks Otomatis Multi Dokumen Kliping Artikel Berita Gempa Menggunakan Metode Tf-idf.” Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 15, no. 1 (2020): 52-69.

Khaqiqi, Ryan Fajar. “Rancang Bangun Aplikasi Baca Berita Online dengan Peringkas Teks Otomatis Menggunakan Algoritma Textrank.” PhD diss., Universitas Islam Sultan Agung, 2021.

Susanto, Edy, Viny Christanti Mawardi, and Manatap Dolok Lauro. “Aplikasi Clustering Berita Dengan Metode K Means Dan Peringkas Berita Dengan Metode Maximum Marginal Relevance.” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi 9, no. 1 (2021): 62-68.

Firdaus, Ilmi Rasyidah. “Peringkasan artikel online berbasis Algoritma TextRank dan Similarity.” PhD diss., Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023.

Djoko, Sri Wahyuni, Chita Widia, I. Putu Agus Dharma Hita, Billy Aditya Pratama, Pauzan Pauzan, Farah Fauziyah Radhiyatulqalbi Ahmad, Marina Indriasari et al. “Anatomi & Fisiologi Olahraga.” (2023).

Mulyani, Asri, Dede Kurniadi, and Ikbal Lukmanul Hakim. “Web Scraping pada Web Media Digital untuk Membangun Aplikasi Android.” Jurnal Algoritma 18.1 (2021): 313-322.

Naufal, Hildan Fawwaz, and Erwin Budi Setiawan. “Ekspansi Fitur Pada Analisis Sentimen Twitter Dengan Pendekatan Metode Word2Vec.” eProceedings of Engineering 8, no. 5 (2021).