PERANCANGAN DASHBOARD UNTUK VISUALISASI DATA PENJUALAN PT.KZP

Main Article Content

Elvis Malvin

Abstract

Dashboard digunakan untuk menyajikan informasi berkualitas mengenai penjualan yang disediakan untuk manajer atau pemimpin bisnis. Tujuan dari rancangan ini adalah untuk membantu pimpinan atau pihak tertentu dalam mengetahui situasi penjualan PT.KZP. PT.KZP merupakan sebuah agency yang bergerak di bidang industri hiburan yang berfokus pada Vtuber (Virtual Youtuber) dimana laporan data penjualannya masih dalam bentuk tabel yang disajikan dalam aplikasi database.


Perancangan dashboard ini menggunakan metode KPI (Key Performance Indicator) yang menggunakan metode prototype dan perancangan proses UML (Unified Modeling Language) yang bertujuan untuk menggambarkan alur proses data yang menghasilkan informasi yang dapat digambarkan dengan menggunakan berbagai macam diagram. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah dashboard yang menampilkan berbagai grafik dimana bertujuan untuk menampilkan hasil penjualan yang terjadi setiap saat dan mudah dipahami, serta membantu proses pengambilan keputusan oleh user atau pengguna.

Article Details

Section
Articles

References

S. C. M. A. Himawan, “Rancangan Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Cloud Bagi Usaha Kecil Dan Menegah DI Indonesia (Studi Kasus: Toko 'Toko Besar'),” Universitas Dinamika Stikom Surabaya, vol. 2 No. 1, pp. 52-59, 2013.

Ilhamsyah, “Sistem Informasi Penjualan Benang Tekstil Acrylic Berbasis Web (Studi Kasus PT. Acryl Textile Mills Tangerang),” Jurnal Sistem Informasi, 2017.

S. Few, “Information dashboard design,” O’Reilly; ISBN: 0-596-10016-7, 2006.

Heraldi, "Up Station," 2021. [Online]. Available: https://www.Upstation.Asia/Apa-Itu-Vtuber-Konten-Kreator-Baru-Ngetren-Youtube/.

Chelsen, “Perancangan Dashboard Penjualan Untuk Family Makati Center,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 11 No. 1, 2023.

N. Halim, “Perancangan Dashboard Dan Prediksi Penjualan Untuk Toko Nagamasyurmart,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem InformasI, vol. 11 No. 1, 2023.

S. R. Ilhamsyah Ilhamsyah, “Perancangan Model Dashboard untuk Monitoring Evaluasi Mahasiswa,” Jurnal Informatika, Jurnal Pengemangan IT, vol. 2 No. 1, pp. 13-17, 2017.

M. Ropianto, “Pemanfaatan Sistem Dashboard Pada Data Akademik Di Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam,” Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI), vol. 2, 2017.

K. Khotimah, “Perancangan dan implementasi Data Warehouse Untuk Mendukung Sistem Akademik (Studi Kasus Pada STKIP Muhammadiyah Kotabumi),” Jurnal Teknologi Informasi Magister Darmajaya, vol. 2 No. 1, pp. 94-107, 2016.

I. M. A. Bhaskara, L. G. Putri Suardani dan M. Sudarma, “Data Warehouse Implemantation To Support Batik Sales Information Using MOLAP,” IJEET (International Journal Of Engineering and Emerging Technology), vol. 3 No.1, pp. 45-51, 2018.

A. L. Hanifah, "Pengembangunan Business Intelligence pada Toserba," eSkripsi Universitas Andalas, 2019.

S. M. Luthfi Hilmansyah, “Implementasi Datawarehouse Dalam Menentukan Tabel Fakta melalui proses ETL Di Alwy Mart,” Jurnal Ilmiah Sains Teknologi dan Rekayasa, 2022.

S. Z. Yumni dan W. Widowati, “Implementasi Microsoft Power BI Dalam Memantau Kehadiran dan Transportasi Pegawai,” Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, vol. 4, pp. 1-8, 2021.

H. Kerzner, “Project Management, KPIs, and Dashboard,” Kanada: Wiley, 2013.

E. Hariyanti, “Metodologi Pembangunan Dashboard Sebagai Alat Monitoring Kinerja Organisasi (Studi Kasus: Institut Teknologi Bandung),” Bandung: Program Pascasarjana Institut Teknologi Bandung, 2017.

R. Pressman dan B. Maxim, Software Engineering a Practitioner’s Approach (9th ed.), McGraw-Hill Education, 2020.

A. Dennis, B. H. Wixom dan D. Tegarden, “System Analysis and Design: Anobject-oriented approach with UML, 5th ed,” Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53), 2015.

S. M. Nur Huda dan J. Sutrisno, “Analisa Perancangan Data Warehouse Dan Aplikasi Online Analytical Processing Pengajuan Kredit Pada PT. BFI Finance Indonesia TBK,” Idealis, vol. 1 No. 3, 2018.