MEMPREDIKSI PENJUALAN BARANG DI TOKO ABIZARSHOP MENGGUNAKAN METODE TREND MOMENT

Main Article Content

Zendi Ibrahim

Abstract

.Sistem komputerisasi telah banyak digunakan di berbagai instansi, organisasi maupun oleh individu dengan tujuan efisiensi dan akurasi. Setiap orang berharap setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah dan cepat. Untuk menunjang hal tersebut diperlukan suatu sistem yang dirancang sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah rencana untuk memprediksi penjualan. Untuk merancang rencana memprediksi penjualan yang dibutuhkan adalah data. Data-data yang ada kemudian diolah menjadi berbagai bentuk data yang dimasukkan ke dalam suatu sistem. Salah satu contoh penerapannya bisa dilakukan di toko seperti Toko Abizarshop. Toko Abizarshop merupakan toko berkembang yang bergerak dalam bidang penjualan toko clontong atau toko sembako seperti beras, minyak, telur ayam, gula dan garam, dll. Memprediksi penjualan merupakan kegiatan memperkirakan tingkat permintaan produk di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi penjualan di masa depan pada toko Abizarshop. Metode yang digunakan adalah metode Tread Moment. Hasil prediksi penjualan dari perbandingan prediksi penjualan tanpa indeks musiman, prediksi penjualan dengan indeks musiman dan penjualan riil setiap tahun dengan metrik evaluasi MAD, MSE, MAPE terlihat sama atau tidak jauh berbeda. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil prediksi penjualan tersebut dapat dijadikan sebagai dasar persediaan stok di toko Abizarshop.

Article Details

Section
Articles

References

Alkhotani, A., Eldin, E., Nour, M., Zaghloul, A., & Mujahid, S. Evaluation of Neonatal Jaundice inTthe Makkah Region.https://doi.org/10.1038/srep04802, 2015.

Sridama, P., & Siribut, C. “Decision Support System for Customer Demand Forecasting and Inventory Management of Perishable Goods”, Journal of Advanced Management Science Vol. 6, No. 1, 2018.

Ratningsih. “Forecasting Penjualan Rumah Dengan Menggunakan Metode Trend Moment Pada PT. Rumakita Prima Karsa”, Perspektif, Vol. XV, No. 1, 2017.

Ulia Ulfa, Sumijan, Gunadi Widi Nurcahyo. Peramalan Penjualan Pupuk Menggunakan Metode Trend Moment, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, Vol. 1, No. 4, 2019.

Jasasila. Analisis Peramalan (Forecast) Penjualan Sepeda Montor Honda pada Dealer Cahaya Montor Indah Muara Tembesi, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 2 No 1, 2018.

Yanto, Irwan Rizki. Penerapan Metode Trend Moment dalam Foreasting. Simki Techsain, 8, 2018.

Aryanto, Rudi. Forecasting Trend Moment. PNM, 4, 2018.

B. P. Candra, Kusrini, and H. A. Fatta, “Implementation of Trend Moment Method for Stock Prediction as Supporting Production,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1140, no. 1, pp. 1–8, 2018.