Dashboard Monitoring Penjualan Luckymart Nippon Paint

Main Article Content

Kennedy Stefano
Tony
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Pada artikel ini, penulis merancang dashboard monitoring pada Luckymart Nippon Paint. Sistem Dashboard Monitoring dibangun untuk digunakan sehingga memudahkan pemilik toko dalam melakukan pemantauan terhadap penjualan yang disesuaikan dengan kebutuhan Luckymart. Cat merupakan produk yang digunakan untuk melindungi dan memberikan warna pada sebuah objek dengan melapisinya dengan lapisan berpigmen. Tujuan perancangan dashboard ini adalah menciptakan aplikasi monitoring dengan menggunakan dashboard pada sistem penjualan produk untuk mengatasi permasalahan pada proses penjualan produk pada Luckymart Nippon Paint. Data penjualan yang digunakan dalam perancangan dashboard monitoring adalah detail penjualan Luckymart dari bulan Januari hingga Desember tahun 2021. Rancangan desain dashboard menggunakan metode prototyping. Kemudian data yang sudah divisualisasikan tersebut dapat digunakan untuk mempermudah pengguna atau user dalam mengetahui detail dan informasi penjualan Luckymart berdasarkan produk, waktu, Interpriser, kategori produk, sub kategori produk serta laporan penjualan. Perancangan dashboard monitoring akan menggunakan business intelligence tools yakni Microsoft Power BI.

Article Details

Section
Articles

References

Sulistiawati, & Sulistiani, H. (2018). Perancangan Dashboard Interaktif Penjualan (Studi Kasus : PT Jaya Bakery). Jurna; TEKNO KOMPAK

Sumiari, N. K., & Jayanti, N. K. (2018). Implementasi Metode Framework For The Application Of System Thinking Pada Dashboard Information System STIKOM Bali. Jurnal Seminar Nasional Telekomunikasi dan Informatika (SELISIK).

Coté, C., Saitakhmetova, M., Lah, M. (2020). ETL with Azure Cookbook: Practical Recipes for Building Modern ETL Solutions to Load and Transform Data from Any Source. (n.p.): Packt Publishing.

Iskandar, A. R., Junaidi, A., & Herman, A. (2019). Extract, Transform, Load sebagai upaya Pembangunan Data Warehouse. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 1(1), 25-35.

Siswidiyanto, S., Wijayanti, D., & Haryadi, E. (2020). Sistem Informasi Penyewaan Rumah Kontrakan Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Prototype. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 15(1), 16-23.

Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. In McGraw-Hill Education (Eighth, Vol. 8). New York City: McGraw-Hill Education.

Yanto, Robi. 2016. Manajemen Basis Data Menggunakan MySQL.Yogyakarta: Deepublish.

Yulia, E. R. (2017). Perancangan Program Penjualan Perhiasan Emas Pada Toko Mas Dan Permata Renny Medan. Jurnal Evolusi.

Ulina Siringo Ringo, Pricillia (2015) Pembangunan Aplikasi OLAP (Online Analytical Processing) untuk Analisis Sumber Daya Manusia pada Universitas Atma Jaya Yogyakarta. S1 thesis, UAJY