PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BARANG KOSMETIK SECARA B2B BERBASIS WEBSITE PADA TOKO FANNY

Main Article Content

Vallian
Ery Dewayani
Manatap Dolok Lauro

Abstract

Toko Fanny merupakan toko yang berfokus pada penjualan kosmetik. Penjualan pada toko ini dilakukan dengan cara menjual produk secara langsung ke toko lain sehingga model penjualan yang dimiliki adalah business-to-business atau yang biasa disebut dengan B2B. Pemesanan pada toko ini terjadi secara langsung di toko. Pelanggan tidak hanya berasal dari daerah Jakarta, tetapi juga dari luar kota. Saat ini, Toko Fanny masih belum memiliki solusi untuk memberikan deskripsi produk dan daftar produk kepada pelanggan secara efektif selain dengan memajangnya secara langsung di toko. Karena banyak pelanggan yang berasal dari luar kota, banyak waktu yang terbuang untuk melakukan perjalanan.


Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi yang dapat membantu Toko Fanny melakukan penjualan secara online sehingga pelanggan tidak perlu datang ke toko untuk membeli, tetapi dapat membeli barang yang diinginkan dari mana saja. Aplikasi akan mengikuti metode system development life cycle prototyping. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP, HTML, CSS dan sistem manajemen basis data yang digunakan adalah MySQL.

Article Details

Section
Articles

References

V. F. Laoli, D. Trisnawarman, N. J. Perdana, dan others, “APLIKASI PENJUALAN BESI BERBASIS WEBSITE PADA PT SERIJAYA,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 2, 2023.

N. B. Jonathan Arnowitz Michael Arent, Effective Prototyping for Software Makers, 1st ed. dalam The Morgan Kaufmann series in interactive technologies. Elsevier, 2007.

G. I. Rumbaugh James;Booch, Unified Modeling Language Reference Manual, The, 2nd Edition. dalam The Addison-Wesley Object Technology Series. Addison-Wesley Professional, 2004.

T. M. Connolly dan C. E. Begg, Database systems: a practical approach to design, implementation, and management. Pearson Education, 2005.