PEMBUATAN PROGRAM PEMESANAN DAN PENJADWALAN PENGGUNAAN LAPANGAN FUTSAL BERBASIS WEBSITE

Aditya Rizki Alkautsar, Ery Dewayani, Wasino Wasino

Abstract


Olahraga indoor kian diminati karena memberikan kenyamanan bagi para pemainnya saat melakukan aktivitas olahraga tanpa harus terkena hujan ataupun terpapar sinar matahari secara langung, dan futsal merupakan salah satu olahraga indoor yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Sistem yang dibuat adalah Program Pemesanan dan Penjadwalan Penggunaan Lapangan Futsal Berbasis Website. Pembuatan sistem ini bertujuan untuk memudahkan proses pemesanan lapangan, pembayaran, pengaturan penjadwalan, serta pengelolaan penggunaan lapangan futsal. Metodologi pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dan observasi. Sedangkan, metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah bahasa pemrograman PHP, HTML, CSS, dan MySQL sebagai basis datanya. Kemajuan dalam bidang teknologi informasi telah berkembang dengan sangat pesat, hampir semua orang telah saling terhubung melalui koneksi internet. Dengan jaringannya yang berskala global dan kemudahan dalam mengaksesnya, internet memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia saat ini, Salah satu peranan penting internet adalah internet dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas bisnis. Pembuatan sistem informasi berbasis website dipilih karna kemudahan dalam pengaksesan dan pengoperasiannya. Dengan adanya website ini juga dapat dimanfaatkan oleh pihak penyedia lapangan futsal untuk melakukan promosi serta menawarkan berbagai fasilitas yang ada


Keywords


Futsal, System Development Life Cycle, Waterfall, Website

Full Text:

PDF

References


Beato, M., Coratella, G., & Schena, F. (2016). Brief review of the state of art in Futsal. The Journal of sports medicine and physical fitness, 56.

Ramadaniawan, N. N., Sugiyanto, & Siswandari. (2018). Anthropometrics and Physical Fitness Factors as Determinants of Futsal Dribbling and Passing Skills of Extracurricular Students Aged 12-15 Years. International Journal of Education Vol. 10, No. 2, pp. 137-140.

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer Akmi Baturaja. Jurnal Ilmiah MATRIK Vol. 19, No. 1, pp. 1-10.

Rastogi, Vanshika. (2015). Software Development Life Cycle Models Comparison, Consequences. International Journal of Computer Science and Information Technologies (IJCSIT) Vol. 6 (1), pp. 168-172.

Malleswari, D. N., Kumar, M. P., Sathvika, D., & Kumar,

B. A. (2018). A Study on SDLC For Waterfall and Agile. International Journal of Engineering & Technology Vol. 7 (2), pp. 10-13.

Rather, M. A., & Bhatnagar, M. V. (2015). A Comparative Study of Software Developtment Life Cycle Models. International Journal of Application or Inovation in Engineering & Management (IJAIEM) ISSN 2319 – 4847.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/jiksi.v9i2.13103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.