PERANCANGAN SISTEM OPERASIONAL PERUSAHAAN OTOBUS MAHENDRA TRANSPORT INDONESIA BERBASIS WEBSITE

Main Article Content

Mohammad Faraditya Eka Putra
Wasino
Teny Handhayani

Abstract

Sistem operasional perusahaan otobus merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis transportasi. Kompleksitasnya mencakup berbagai aspek, seperti pemesanan tiket, manajemen gaji karyawan, manajemen armada dan rute bus, manajemen tugas karyawan, pengaturan jadwal, dan pembuatan laporan biaya operasional. Namun, saat ini semua proses tersebut masih dilakukan secara manual sehingga menghambat efisiensi dan interaksi antar pihak. Mahendra Transport Indonesia menawarkan layanan bus antar kota dan provinsi yang masih mengandalkan sistem operasional manual yang tidak efisien. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan utama yaitu merancang sistem operasional berbasis website dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle model waterfall yang memungkinkan terhubungnya seluruh stakeholder dalam proses operasional. Harapannya, dengan adanya perubahan ini, terjadi peningkatan efisiensi dan pemberian layanan yang optimal bagi pelanggan. Dengan langkah ini, perusahaan diharapkan dapat bersaing secara lebih efektif dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif.

Article Details

Section
Articles

References

D. ABDULLAH, MERANCANG APLIKASI PERPUSTAKAAN MENGGUNAKAN SDLC . Sefa Bumi Persada, 2017.

D. Atsa’am, UML Simplified: A Practical Guide to UML for Software Engineering. John Wiley & Sons, Inc., 2016.

N. Kustian, “PENGGUNAAN MODEL WATERFALL DALAM PEMBUATAN APLIKASI PEMESANAN TIKET BUS ,” STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) , vol. 4, Aug. 2019.

J. Simatupang and S. Sianturi, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Bus Pada PO. Handoyo Berbasis Online,” Intra-Tech, vol. 3, Oct. 2019.

A. R. A. RAHMAT and A. OCTAVIANO, “APLIKASI PEMESANAN TIKET BUS BERBASIS WEB (STUDI KASUS PADA PO. HARAPAN JAYA),” INFORMATIKA UNIVERSITAS PAMULANG, vol. 1, Sep. 2016.