PENGELOLAAN RUANG KELAS DALAM RANGKA MENINGKATAN KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DI PKBM INSAN CENDIKIA

Heni Mularsih, Hartini Hartini
| Abstract views: 58 | views: 66

Abstract

Pengelolaan ruang kelas yang baik dapat berdampak pada pembelajaran efektif. Namun, Pengelolaan ruang kelas yang belum ideal masih ditemui di berbagai lembaga pendidikan nonformal, yang salah satunya adalah PKBM Insan Cendikia. Permasalahan yang ditemui di PKBM Insan cendikian tampak dalam (1) Ketidakpahaman pengelolan PKBM tentang kaitan antara pengelolaan kelas yang baik dan nyaman dengan pembelajaran yang efektif dan (2) Kurangnya kemampuan pengelola untuk menciptakan kondisi ruang kelas dengan area terbatas menjadi ruang kelas yang baik, tertata rapi, dan nyaman dengan memanfaatkan fasilitas yang ada dan pengembangannya. Dengan demikian, tujuan Tim melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk membantu pengelolaan ruang kelas yang baik sehingga proses pembelajaran menjadi nyaman dan bagus/estetik. Sebagai bentuk kepedulian Tim PKM kepada lembaga pendidikan nonformal (PKBM) untuk mengatasi permasalahn dialami, solusi yang diberikan yaitu melalui (1) sosialisasi dengan ceramah tentang pentingnya pengelolaan kondisi ruang kelas yang nyaman dan (2) melakukan perancangan dan implementasi perbaikan kondisi pengelolaan ruang kelas yang baik. Target kegiatan PKM yang dilakukan (1) terkait dengan sosialisasi yaitu adanya pemahaman tentang pentingnya mengelola fasilitas yang ada dan pengembangannya yang diaplikasikan pada pengelolaan kelas yang baik dan nyaman bagi warga belajar maupun tutor sehingga menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif dan (2) terkait dengan implentasi lay out pada ruang kelas pada area terbatas yaitu terciptanya kondisi ruang kelas yang rapi dan nyaman sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif. Luaran kegiatan PKM adalah: (1) Pemahaman baru tentang perlunya mengelola fasilitas yang ada dan pengembangannya dan (2) Kondisi ruang kelas yang tertata dengan rapi sehingga nyaman sebagai penunjang terciptanya pembelajaran yang efektif.

Keywords

sosialisasi, PKBM, pengelolaan kelas, efektivitas pembelajaran

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 1996. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Fathurohman, Pupuh. 2007. Strategi Belajar Mengajar: Strategi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: PT Rafika Aditama.

Widyarani, Diana. 2011. Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Pembelajaran Efektif pada Mata Pelajaran IPS Diunduh 29/7/ 2016.

http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/DIANWIDYARANI-FITK.pdf.

Zulfani, dkk. 2009. Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta

Zimmerer, T.W. Scarborough, N.M. & Wilson, D. (2008). Essentials of Entrepreneirship and

small business management, 5th edition, Pearson Education Inc, New Jersey


Refbacks

  • There are currently no refbacks.