PELATIHAN MICROSOFT WORD DALAM MENUNJANG PEMBUATAN LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN SISWA SMKN 2 JAKARTA

Main Article Content

Petrus Dwi Ananto Pamungkas

Abstract

ABSTRACT. Field Work Practice or PKL is an activity that must be followed by all students of SMKN 2 Jakarta to practice the theories that have been obtained during learning. In order for the school to know what the students have done during PKL and also to be well documented so that it can be used as a reference when evaluating PKL activities, a PKL Report needs to be made. However, there are still many PKL Reports that are not neatly arranged and seem as is. For this reason, training is carried out in compiling PKL Reports so that it is hoped that the PKL Report will be neater and in accordance with existing guidelines. In this activity, an understanding is first given in the use of the Microsoft Word application and direct practice in compiling a PKL Report in general. Direct practice via each student's laptop so that several facility settings can be immediately saved and used directly if needed. Not all facilities in the Microsoft Word application are studied in this training activity, only a few facilities related to compiling PKL Reports so that students remain focused on following this training activity until it is finished. The results of this training activity are seen in the increasing enthusiasm of students in compiling PKL Reports and many students increasingly understand the use of facilities in the Microsoft Word application that make it easier to compile PKL. Thus, this training activity can be said to have succeeded in increasing the insight, knowledge, and skills of students who took part in this training.


ABSTRAK. Praktik Kerja Lapangan atau PKL merupakan suatu kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh peserta didik SMKN 2 Jakarta untuk mempraktikkan teori-teori yang sudah didapatkan selama pembelajaran. Agar pihak sekolah dapat mengetahui apa saja yang sudah dikerjakan para peserta didik selama PKL dan juga agar terdokumentasi dengan baik sehingga dapat dijadikan salah satu referensi saat evaluasi kegiatan PKL maka perlu dibuatkan sebuah Laporan PKL. Tetapi masih banyak juga Laporan PKL yang kurang tersusun dengan rapi dan terkesan apa adanya. Oleh sebab ini maka dilakukan pelatihan dalam menyusun Laporan PKL sehingga diharapkan Laporan PKL menjadi lebih rapi dan sesuai dengan panduan yang ada. Dalam kegiatan ini diberikan pemahaman terlebih dahulu dalam penggunaan aplikasi Microsoft Word dan langsung praktik menyusun sebuah Laporan PKL secara umum. Praktik langsung melalui laptop masing-masing para peserta didik sehingga bisa langsung tersimpan beberapa setting fasilitas dan langsung digunakan jika dperlukan. Tidak semua fasilitas dalam aplikasi Microsoft Word dipelajari dalam kegiatan pelatihan ini, hanya beberapa fasilitas yang terkait dengan penyusunan Laporan PKL saja sehingga para peserta didik tetap fokus mengikuti kegiatan pelatihan ini hingga selesai. Adapun hasil kegiatan pelatihan ini terlihat semakin meningkatnya antusiasme para peserta didik dalam penyusunan Laporan PKL dan banyak para peserta didik yang semakin paham penggunaan fasilitas-fasilitas dalam aplikasi Microsoft Word yang memudahkan dalam penyusunan PKL. Dengan demikian kegiatan pelatihan ini dapat dikatakan berhasil menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan para peserta didik yang mengikuti pelatihan ini.

Article Details

How to Cite
Pamungkas, P. D. A. (2025). PELATIHAN MICROSOFT WORD DALAM MENUNJANG PEMBUATAN LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN SISWA SMKN 2 JAKARTA . Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(2), 471–480. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i2.34710
Section
Articles

References

Erya, A. A. (2018). Opini: Sekolah Kejuruan Sudah Sepatutnya Menjadi Pilihan Orang Tua untuk Anandanya. https://mediafaktanews.com/opini-sekolah-kejuruan-sudah-sepatutnya-menjadi-pilihan-orang-tua-untuk-anandanya/

Junaidi, T., Hidayat, M. T., Rizki, A., Nuriana, Usman, & Fuadi, S. (2025). Pelatihan Penyusunan Laporan PKL dan Karya Ilmiah Bagi Siswa SMKN 1 Indra Makmu. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(1). https://ojs.uninus.ac.id/index.php/JPKM/article/view/3637

Jupron, Permadi, Y., Sarman, & Sutrisno. (2025). Pelatihan Microsoft Word bagi siswa-siswi PKL di YPAIS Foundation. JURNAL ALTIFANI: Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 373–377. https://mail.altifani.org/index.php/altifani/article/view/729/380

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2020 Tentang Praktik Kerja Lapangan Bagi Peserta Didik, 10 (2020). https://peraturan.bpk.go.id/Details/163849/permendikbud-no-50-tahun-2020

Pamungkas, P. D. A., Maturbongs, Y. H., & Oetomo, R. K. (2021). Membuat Portofolio Pribadi Menarik dalam Mempersiapkan Diri Melamar Pekerjaan bagi Orang Muda Binaan Marga Sejahtera. LITERASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 1(2), 140–146. https://doi.org/https://doi.org/10.58466/literasi.v1i2.1304

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, 57 (2003). https://peraturan.bpk.go.id/details/43920/uu-no-20-tahun-2003

Redaksi Mediasriwijaya. (2022). OPINI: SMK Menjawab Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. https://mediasriwijaya.com/opini-smk-menjawab-kebutuhan-dunia-usaha-dan-industri/

Zahro, L. F. (2022). Persepsi Masyarakat terhadap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). https://www.kompasiana.com/lutfiahfatimatuzzahro/623e6c39274a7a77a5344a37/persepsi-masyarakat-terhadap-sekolah-menengah-kejuruan-smk#google_vignette

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.