PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK REMAJA MELALUI STRATEGI SMART GOALS

Main Article Content

Sarah Gracyntia Juliana
Sri Tiatri
Jap Tji Beng

Abstract

Remaja berada pada tahap perkembangan penting yang ditandai dengan pencarian jati diri dan peningkatan tuntutan akademik, namun banyak di antara mereka yang menunjukkan keyakinan diri yang rendah dalam proses belajar. Rendahnya efikasi diri akademik dapat berdampak negatif terhadap motivasi, ketekunan, dan pencapaian akademik. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja mengenai konsep efikasi diri akademik dan memperkenalkan metode SMART Goals sebagai strategi dalam membangun kepercayaan diri dalam belajar. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk seminar psikoedukatif secara luring selama 120 menit, diikuti oleh 22 remaja SMA peserta kelas pendalaman Alkitab di sebuah gereja. Metode yang digunakan meliputi pre-test, diskusi studi kasus, penyampaian materi, praktik penyusunan SMART Goal, sharing hasil, post-test, dan refleksi. Meskipun terdapat kendala seperti keterlambatan peserta dan terbatasnya fasilitator akibat cuaca buruk, kegiatan tetap berlangsung dengan partisipatif dan efektif. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan
pemahaman peserta terhadap konsep efikasi diri akademik dan strategi penyusunan tujuan belajar yang terstruktur. Peserta juga menunjukkan antusiasme dalam berbagi pengalaman dan merumuskan tujuan belajar yang relevan dengan kebutuhan pribadi mereka. Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan psikoedukatif yang sederhana, kontekstual, dan interaktif mampu meningkatkan kesadaran remaja akan pentingnya efikasi diri dalam belajar serta membekali mereka dengan keterampilan dasar dalam perencanaan akademik.

Article Details

How to Cite
Juliana, S. G. ., Sri Tiatri, & Jap Tji Beng. (2025). PENINGKATAN EFIKASI DIRI AKADEMIK REMAJA MELALUI STRATEGI SMART GOALS. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(1), 158–167. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i1.34468
Section
Articles

References

Backes, E. P., & Bonnie, R. J. (Eds.). (2019). The promise of adolescence: Realizing opportunity for all youth

Chung, H. Q., Chen, V., & Olson, C. B. (2021). The impact of self-assessment, planning and goal setting, and reflection before and after revision on student self-efficacy and writing performance. Reading and Writing, 34(7), 1885-1913.

Cochrane, C., Moran, N., & Newton, E. (2021). Exploring the impacts of a carers’ psycho-education group: personal insights from the family of people with early psychosis. Psychosis, 13(3), 253-264.

Doménech Betoret, F., & Abellán Roselló, L. (2021). The MOCSE Model: Keys to promoting reflection on teaching and improvements in student learning.

Hellström, L., & Beckman, L. (2021). Life challenges and barriers to help seeking: Adolescents’ and young adults’ voices of mental health. International journal of environmental research and public health, 18(24), 13101.

Higgins, A., Downes, C., Murphy, R., Barry, J., Monahan, M., Doyle, L., & Gibbons, P. (2022). Factors influencing attendees’ engagement with group psychoeducation: a multi-stakeholder perspective. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 49(4), 539-551.

Martins, J., Moreira, T., Cunha, J., Núñez, J. C., & Rosário, P. (2024). Be SMART: Promoting goal setting with students at-risk of early school leaving through a mentoring program. Children and Youth Services Review, 157, 107423.

Mawarni, A., Sugiharto, D. Y. P., & Mulawarman, M. (2022). The Effectiveness of Psychoeducational Group of Goal-Setting Training to Improve Self-Efficacy and Learning Motivation. Jurnal Bimbingan Konseling, 11(3), 206-214.

Poe, L. F., Brooks, N. G., Korzaan, M., Hulshult, A. R., & Woods, D. M. (2021). Promoting Positive Student Outcomes: The Use of Reflection and Planning Activities with a Growth-Mindset Focus and SMART Goals. Information Systems Education Journal, 19(4), 13-22.

Saks, K. (2024). The effect of self-efficacy and self-set grade goals on academic outcomes. Frontiers in psychology, 15, 1324007.

Sahin, A., Renatha Ernawati, Rizki Amalia, Raudah Zaimah Dalimunthe, Amalia Rizki Pautina, Sya'ban Maghfur, … Ahmad Fasya AlfayyadI. (2024). Self-Efficacy Pada Siswa: Systematic Literatur Review. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 627–639. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i2.5549

Schunk, D. H., & DiBenedetto, M. K. (2022). Academic self-efficacy. In Handbook of positive psychology in schools (pp. 268-282). Routledge.

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.