PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 4-6 TENTANG PHBS DAN PUGS MELALUI MEDIA ULAR TANGGA

Main Article Content

Nadine Nadine
Ibnu
Bowo

Abstract

Clean and Healthy Behavior (PHBS) and General Guidelines for Balanced Nutrition (PUGS) can be the foundation
for healthy behavior for students, teachers and the community in the school environment. One of the right strategies to improve public health status is to empower students, teachers, and the school community to play an active role in creating healthy schools and individuals through PHBS and PUGS. The purpose of this activity is to improve clean and healthy living behavior and guided by balanced nutrition through knowledge, attitudes and actions. The method used is through a game of snakes and ladders which contains PUGS and PHBS. The material provided in education includes the meaning and content of PUGS and PHBS, PUGS and PHBS for school children, the benefits of a balanced nutritious diet, the functions of nutrients, the impact of an unbalanced diet, and tips on safe snacks for school children. The results after the intervention showed an increase in the percentage of children's knowledge about PUGS and PHBS from 53% to 100% (p=0.000). It is recommended that this snake and ladder game be carried out routinely and develop variations, along with a regular monitoring system and long-term goals in order to increase the knowledge and health status of school children and their environment.


ABSTRAK:


Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) dan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) dapat menjadi pondasi perilaku sehat bagi siswa, guru dan masyarakat di lingkungan sekolah. PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan karena kesadaran pribadi sehingga keluarga dan seluruh anggotanya mampu menolong diri sendiri pada bidang kesehatan. Salah satu strategi yang tepat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat ialah dengan memberdayakan siswa, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah agar berperan aktif mewujudkan sekolah dan individu yang sehat melalui PHBS dan PUGS. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan perilaku hidup bersih sehat dan berpedoman gizi seimbang melalui pengetahuan, sikap dan tindakan. Metode yang digunakan adalah edukasi dengan menggunakan permainan ular tangga yang berisikan PUGS dan PHBS. Materi yang diberikan dalam edukasi meliputi teori PUGS dan PHBS, PUGS dan PHBS untuk anak sekolah, manfaat pola makan bergizi seimbang, fungsi zat gizi, dampak pola makan tidak seimbang, serta tips jajanan yang aman untuk anak sekolah. Hasil setelah intervensi menunjukkan peningkatan persentase pengetahuan anak tentang PUGS dan PHBS masing-masing dari 20% dan 93.3% menjadi 100% (p=0,000). Disarankan permainan ular tangga ini dilakukan secara rutin dan dilakukan pengembangan variasi, beserta sistem monitoring secara berkala dan bertujuan jangka panjang agar dapat meningkatkan pengetahuan dan derajat kesehatan anak sekolah beserta lingkungannya.

Article Details

How to Cite
Nadine, N., Ibnu Malkan Bakhrul Ilmi, & Aprilian Tri Wbowo. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 4-6 TENTANG PHBS DAN PUGS MELALUI MEDIA ULAR TANGGA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i3.20531
Section
Articles

References

Anjelina, W. (2021). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 68-73.

Chan, H., Knight, C., & Nicholson, M. (2017). Association between Dietary Intake and ‘School-valued’ Outcomes: A Scoping Review. Health Education Research 32(1): 48–57. doi:10.1093/her/cyw057

Cho, H., Hussain R., dan Kang, H. (2020). Taylor & Francis Online. https://doi.org/10.1080/03623319.2020.1756176

Darvesh, et al. (2017). Water, Sanitation and Hygiene Interventions for Acute Childhood Diarrhea: A Systematic Review to Provide Estimates for the Lives Saved Tool. BMC Public Health 17(4): 776. doi:10.1186/s12889-017-4746-1

Farida, E., Suryono, S., & Maharani, N. (2019). Perbedaan Pengetahuan Siswa Sebelum dan Sesudah Pemberian Pendidikan Kesehatan Tentang Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di SMK Negeri 6 Sukoharjo. J Ilmu Kesehat Masy Berk 1(1):41–8.

Ikeu, N., Lisfa, A., & Udin, R. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science 13(1), 61-71.

Kemenkes RI. (2015). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015. Kemenkes RI, Jakarta.

Kemenkes RI. PHBS [Internet]. (2016). www.promkes.kemenkes.go.id. 2016. [cited 2016 January 01]. Available from: https://promkes.kemkes.go.id/phbs

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Kemenkes RI, Jakarta.

Kemenkes RI. (2018). Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kemenkes RI, Jakarta.

Nurfardiansyah & Septiyani. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di SD Inpres Katangka Gowa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1), 46-51.

Prayogo, A. & Sulistyowati. (2019). Spcial Support to Teenager Breakfast Behavior (Study at Sidoarjo Islamic State Senior Hight School). Jurnal Promkes 7(1).

[WHO] World Health Organization. Nutrition [Internet]. (2020). www.who.int. 2020. Available from: https://www.who.int/health-topics/nutrition#tab=tab_1

[WHO] World Health Organization. Sanitation [Internet]. (2022). www.who.int. 2022. Available from: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/sanitation

[WHO] World Health Organization. School Ill-equipped to Provide Healthy and Inclusive Learning Environments for All Children – UNICEF, WHO [Internet]. (2022). www.who.int. 2022 [cited 2022 June 23]. Available from: https://www.who.int/news/item/23-06-2022-schools-ill-equipped-to-provide-healthy-and-inclusive-learning-environments-for-all-children---unicef--who

[WHO] World Health Organization. UN Agencies Back Bold Plan to Ensure Every Child in Need Gets a Regular Healthy Meal in School by 2030 [Internet]. (2021). www.who.int. 2021 [cited 2021 November 16]. Available from: https://www.who.int/news/item/16-11-2021-un-agencies-back-bold-plan-to-ensure-every-child-in-need-gets-a-regular-healthy-meal-in-school-by-2030

Widianam, I., Gita, P., & Adrianus, I. (2019). Media Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology 3(4), 315-320.

Yetty, S., Indra, H., Ananda, P. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 2(2), 89-95.

Zaen, N. & Tukiman. (2017). Pengaruh Stimulasi Permainan Ular Tangga Genre terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja tentang Triad KRR (Seksualitas, HIV dan AIDS, Napza) di SMPN 1 Tanjung Morawa. Jurnal Stikna, 1(2), 148-157.