PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PEMASARAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) MASYARAKAT LOMBOK-NUSA TENGGARA BARAT

Main Article Content

Stefanus Andriano
Alfonso Harrison
Theodora Jessica
Cecilia Francessa

Abstract

The Covid-19 pandemic has been going on since 2020 and for two years has dealt a serious blow to the tourism industry in Indonesia. One step taken to increase the number of tourist visits is to set a long-term target which is expected to be achieved by 2024. Certain cultures have been developed to become the main pillars of replacing natural tourism, examples of which are woven cloth craft products produced by the Sasak tribe in Rembitan Village, Central Lombok, as well as Virgin Coconut Oil (VCO) which not only has various benefits, but is also produced directly. by residents of Selamat Village, North Lombok. The main focus in this community service project is to overcome obstacles where community groups in the area have limited knowledge and skills in marketing the products they produce. Based on this context, Titian Foundation partners invited the Community Service Team from the Communication Studies Program at the Indonesian Catholic University Atma Jaya Jakarta to collaborate in holding training on the use of social media and improving skills in using these platforms for marketing communications purposes. Taking place in two locations, two groups of craftsmen in two different villages finally learned about the importance of creating and utilizing social media as a marketing medium for craft products. After the training is complete, the community can regularly implement marketing communication activities to potential consumers through the use of social media under the supervision of the Titian Foundation


 


ABSTRAK


Pandemi Covid-19 berlangsung sejak 2020 dan selama dua tahun memberikan pukulan telak bagi dunia industri pariwisata di Indonesia. Satu langkah yang diambil untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan adalah menetapkan target jangka panjang yang diharapkan tercapai pada tahun 2024. Beberapa budaya tertentu dikembangkan menjadi pilar utama pengganti pariwisata alam, contoh di antaranya adalah produk kerajinan kain tenun yang dihasilkan oleh suku Sasak di Desa Rembitan-Lombok Tengah, serta Virgin Coconut Oil (VCO) yang tak hanya memiliki beragam manfaat, namun juga diproduksi secara langsung oleh warga Desa Pemenang-Lombok Utara. Fokus utama dalam proyek pengabdian masyarakat ini adalah mengatasi hambatan di mana kelompok masyarakat di daerah tersebut memiliki keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam memasarkan produk-produk yang mereka hasilkan. Berdasarkan konteks tersebut, mitra Titian Foundation mengajak Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta untuk bekerjasama dalam menyelenggarakan pelatihan penggunaan media sosial serta meningkatkan keterampilan menggunakan platform tersebut untuk keperluan komunikasi pemasaran. Bertempat di dua lokasi, dua kelompok pengrajin di dua desa berbeda akhirnya belajar mengenai pentingnya membuat dan memanfaatkan media sosial sebagai salah satu media pemasaran produk kerajinan. Setelah pelatihan selesai masyarakat bisa secara reguler menerapkan sebuah aktivitas komunikasi pemasaran kepada para calon konsumennya melalui pemanfaatan media sosial dibawah pengawasan Titian Foundation.

Article Details

How to Cite
Andriano, S., Harrison, A., Jessica, T., & Francessa, C. (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KOMUNIKASI PEMASARAN VIRGIN COCONUT OIL (VCO) MASYARAKAT LOMBOK-NUSA TENGGARA BARAT. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i3.27076
Section
Articles

References

“Bali” Baru, Tingkatkan Kunjungan Wisatawan. (n.d.). Indonesia Baik. https://indonesiabaik.id/infografis/10-bali-baru-tingkatkan-kunjungan-wisatawan (Accessed: 28 Juni 2023).

Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019). Pemanfaatan social media analytics pada Instagram dalam peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34. https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.34-42.

Aripradono, H. W. (2020). Penerapan Komunikasi digital storytelling Pada media Sosial Instagram. Teknika, 9(2), 121-128. https://doi.org/10.34148/teknika.v9i2.298.

Definitions of marketing. (2022, July 20). American Marketing Association. https://www.ama.org/the-definition-of-marketing-what-is-marketing/ (Accessed: 28 Juni 2023.

Digital 2020: Indonesia — DataReportal – Global digital insights. (2021, February 4). DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia (Accessed: 28 Juni 2023).

Jumlah Kunjungan Wisatawan Tahun 2019 - Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) | Satu data NTB. (n.d.). Satu Data NTB | Data Handal untuk NTB Gemilang. https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-provinsi-nusa-tenggara-barat-ntb/resource/818afb43-0b00-4436 (Accessed: 28 Juni 2023).

Jumlah Kunjungan Wisatawan Tahun 2021 - Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) | Satu data NTB. (n.d.). Satu Data NTB | Data Handal untuk NTB Gemilang. https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-provinsi-nusa-tenggara-barat-ntb/resource/6f38fb2b-12ab-4d6a (Accessed: 28 Juni 2023).

Jumlah Kunjungan Wisatawan Tahun 2022 - Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) | Satu data NTB. (n.d.). Satu Data NTB | Data Handal untuk NTB Gemilang. https://data.ntbprov.go.id/dataset/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-provinsi-nusa-tenggara-barat-ntb/resource/3ccd0cd1-6b73-4e99 (Accessed: 28 Juni 2023).

Moorcy, N. H., Yusuf, T., & Pudjiati, P. (2020). Pengembangan Ekonomi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Ekonomi Mikro Kecil Dan Menengah Di Kelurahan Penajam. Abdimas Universal, 2(2), 66-69. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v2i2.62

Susanti, N. (2018). Perancangan E-markEting umkm kerajinan TAS. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 9(1), 717-722. https://doi.org/10.24176/simet.v9i1.2042

Ulya, H. N. (2020). Alternatif Strategi Penanganan Dampak Ekonomi COVID-19 Pemerintah Daerah Jawa Timur Pada Kawasan Agropolitan.