PENERAPAN MATRIKS IFE DAN EFE GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MA AL-HUSNA CISALAK

Main Article Content

Dimas Mukhlis Hidayat Fathurohman
Intan Novita Dewi
Tulus Martua Sihombing
Adang Haryaman
Louise Kezia Theresa Hutapea

Abstract

Education is very important to improve the quality of human resources (HR) in a country. As one of the most
complex and dif erent formal educational institutions, Madrasah Aliyah (MA) focuses on religious learning in
addition to general learning. Competition between schools is getting tougher for both public and private schools.
The challenge of running private schools today is that school managers must be able to quickly respond to the needs
of their schools with superior quality and service. Madrasah Aliyah Al-Husna Education Institute For the last few
years, the number of new students at MA Al-Husna has decreased. MA Al-Husna needs to adopt a fresh strategy to
attract more students. Finding internal strengths and weaknesses using the internal factor evaluation matrix (IFE),
external opportunities and threats using the external factor evaluation matrix (EFE), and determining the strategic
position of the school using the internal-external factor matrix are the main goals of this research. The results show
that the total score of the IFE matrix is 2.30, which indicates that the internal factors at MA Al-Husna are still weak
because they are below average. Meanwhile, the total score of the EFE matrix is 2.52, which means that the strategy
currently used by MA Al-Husna has not been able to take advantage of opportunities properly and minimize existing
threats. Furthermore, the IFE and EFE scores are plotted onto the IE matrix; the point in quadrant V indicates the
current strategic position is defend and defend. The strategy that can be carried out by MA Al-Husna in accordance
with quadrant V in the IE matrix is to expand the range of new student admissions to outside Cisalak District.


ABSTRAK


Pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pada suatu negara. Sebagai
salah satu institusi pendidikan formal yang paling rumit dan berbeda, Madrasah Aliyah (MA) berfokus pada
pembelajaran agama selain pembelajaran umum. Kompetisi persaingan antar sekolah semakin ketat bagi sekolah
negeri maupun swasta. Tantangan penyelenggaraan sekolah swasta saat ini adalah pengelola sekolah harus dapat
dengan cepat menjawab kebutuhan sekolahnya dengan keunggulan mutu dan layanannya. Lembaga Pendidikan
Madrasah Aliyah Al-Husna selama beberapa tahun terakhir, jumlah siswa baru di MA Al-Husna mengalamin
penurunan. MA Al-Husna membutuhkan pendekatan baru untuk meningkatkan jumlah siswanya. Fokus utama
penelitian ini adalah menemukan kekuatan dan kelemahan internal melalui matriks faktor internal evaluasi (IFE),
peluang dan ancaman eksternal melalui matriks faktor eksternal evaluasi (EFE), dan menentukan posisi strategis
sekolah melalui matriks faktor internal-eksternal. Penelitian memberikan hasil keseluruhan matriks IFE diperoleh
sebanyak 2,30, hal tersebut menunjukkan jika aspek internal di MA AL-Husna masih lemah karena hasil
keseluruhnya di bawah hasil pada umumnya. Sementara itu hasil kseluruhan matriks EFE sebesar 2,52 yang
artinya strategi yang digunakan oleh MA Al-Husna saat ini belum bisa memanfaatkan peluang dengan baik dan
meminimasi ancaman yang ada. Selanjutnya, skor IFE dan EFE diplot ke matriks IE; titik pada kuadran V
memperlihatkan bahwa posisi strategi saat ini adalah bertahan dan mempertahankan. Strategi yang dapat
dilakukan oleh MA Al-Husna yang sesuai dengan kuadran V pada matriks IE adalah dengan memperluas
jangkauan penerimaan siswa baru sampai diluar Kecamatan Cisalak.

Article Details

How to Cite
Fathurohman, D. M. H., Dewi, I. N., Sihombing, T. M., Haryaman, A., & Hutapea, L. K. T. (2023). PENERAPAN MATRIKS IFE DAN EFE GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PESERTA DIDIK DI MA AL-HUSNA CISALAK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(2), 366–373. https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i2.26274
Section
Articles

References

Astuti, & Danial. (2019). Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membangun Budaya Madrasah Yang Kondusif di Madrasah Aliyah Negeri. Journal of Islamic Education Management, 5(1), 31–45.

David, F. R., & David, F. R. (2017). Strategic management: concepts and cases: A competitive advantage approach (16th ed.). Pearson New York, NY, USA.

Irawan, M. (2022). Analisis Strategi Bersaing Pada Indonesian Creative School Pekanbaru. Jurnal Niara, 15(1), 182–194.

Margiyanti, Iis., & Maulia, S. T. (2023). Kebijakan Pendidikan Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Sastra Inggris, 3(1), 199–208.

Qanita, A. (2020). Analisis strategi dengan metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): studi kasus pada d’gruz caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24.

Sapinah, & Yahya, M. (2022). Analysis Of Study Program Development Strategies In Increasing The Number Of Students. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2), 212–223.

Yaqin, A., Rizqi, A. W., & Hidayat. (2023). Analisis Penerimaan Siswa Baru dan Sarana Prasarana Bengkel Permesinan dengan Metode SWOT di SMK Nurul Islam. Jurnal Serambi Engineering, VIII(2), 5083–5090