NASI BIRU: SEBAGAI PENGEMBANGAN KREATIVITAS USAHA KULINER DI BEJI TIMUR DEPOK

Main Article Content

Kartika Nuringsih
Nuryasman . M.N

Abstract

At this time the development of the culinary business is increasingly widespread, supported by grab food or go food. Changes in patterns of working and studying from home encourage entrepreneurs to sell online and offline. For some entrepreneurs, this condition tends to tighten competition, while in terms of the number of consumers, it is even less. One of these situations has been felt by Bang Akim's culinary business, which is located in the food court of Jalan Ridwan Rais Beji Timur, Depok since 2015. Because it is close to campus, there are many places to eat along this road, including the Beji Timur Food Court with the most target market being students. There are 15 tenants, all of whom serve a menu of white rice with chicken-based side dishes such as chicken cremes, chicken gebrek, chicken in Padang sauce, and chicken crispy. Therefore, together with one of the tenants, Mang Akim Fried Chicken, an activity was carried out to encourage creativity and innovation through the practice of making Blue Rice by using Telang Flower as a dye. Nasi Biru appreciates Sundanese rice with a savory taste but not all ingredients are used in the processing of Blue Rice. Telang flower (Clitoris Ternatea) contains anti-oxidants so it is good for use in food and beverage creations. This activity encourages the creativity and innovation of small businesses in the culinary sector so that partners can create simple solutions in a healthy and useful way so that they can sustainably maintain business performance.



ABSTRAK;

Pada saat ini perkembangan usaha kuliner makin marak dengan didukung oleh Grab Food ataupun Go Food. Perubahan pola bekerja dan belajar dari rumah mendorong wirausaha untuk berjualan secara online maupun offline. Bagi sebagian wirausaha kondisi ini cenderung memperketat persaingan sementara dari sisi jumlah konsumen justru makin sedikit. Situasi tersebut salah satunya dirasakan oleh usaha kuliner Bang Akim yang berlokasi di food court Jalan Ridwan Rais Beji Timur Depok sejak 2015. Karena dekat dengan kampus maka di sepanjang jalan ini banyak tempat makan di antaranya Food Court Beji Timur dengan target pasar terbanyak kalangan mahasiswa. Di lokasi ini terdapat 15 tenan yang semuanya menyajikan menu nasi putih dengan lauk berbahan dasar ayam seperti ayam kremes, ayam gebrek, ayam saus padang dan ayam krispy. Oleh karena itu, bersama salah satu tenan yaitu Ayam Goreng Mang Akim dilakukan kegiatan untuk mendorong kreativitas dan inovasi melalui praktek membuat Nasi Biru dengan memanfaatkan Kembang Telang sebagai pewarna. Nasi Biru mengapresiasi Nasi Sunda dengan cita rasa gurih namun tidak semua bahan-bahan digunakan dalam proses pengolahan Nasi Biru. Bunga Telang (Clitoris Ternatea) mengandung anti oksidan sehingga baik digunakan untuk kreasi makanan dan minuman. Kegiatan ini untuk mendorong kreativitas dan inovasi usaha kecil di sector kuliner supaya mitra dapat membuat solusi sederhana melalui cara yang sehat dan bermanfaat sehingga mampu mempertahankan kinerja usaha secara berkelanjutan

Article Details

How to Cite
Nuringsih, K., & M.N, N. . (2022). NASI BIRU: SEBAGAI PENGEMBANGAN KREATIVITAS USAHA KULINER DI BEJI TIMUR DEPOK. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i3.13624
Section
Articles
Author Biography

Kartika Nuringsih, Universitas Tarumanagara

entrepreneurship

References

Baldacchino, L. (2009). Entrepreneurial Creativity and Innovation, First International Conference on Strategic Innovation and Future Creation, Monday 23 March 2009, Malta.

Curatman, A., Rahmadi., Maulany, S. & Ikhsani, M.M. (2016). Analisis Faktor-faktor Pengaruh Inovasi Produk yang Berdampak pada Keunggulan Bersaing UKM Makanan dan Minuman di Wilayah Harjamukti Kota Cirebon, JURNAL LOGIKA, Vol XVIII, No 3, Desember, Hlm: 61-75.

Djayadiningrat, A.F., Sukaatmadja, I.P.G. & Kerti Yasa, N.N. (2017). Peran Inovasi Produk Memediasi Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran IMK Sektor Industri Makanan Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 9, Hlm: 4978-5004

Djodjobo, C.V. & Tawas, H,N. (2014). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi Kuning Di Kota Manado, Jurnal EMBA, Vol.2 No.3 September, Hlm: 1214-1224.

Maritz, A. & Donovan, J. (2015), Entrepreneurship and innovation, Education + Training, Vol. 57 Issue 1, 74 - 87 Permanent link to this document: http://dx.doi.org/10.1108/ET-02-2013-0018

Rosmadi, M.L.N. (2021). Inovasi dan Kreativitas Pelaku Usaha UMKM di Era Covid-19, Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, Vol 4, No 2, Juli, Hlm: 87-94.