Meningkatkan Self Regulation Pada Karyawan Baru Generasi Z Melalui Program Buku Daily Planners
Main Article Content
Abstract
Banyaknya kehadiran karyawan baru Generasi Z di tempat kerja menjadi suatu tantangan bagi perusahaan dalam menyesuaikan karakteristik dari beberapa generasi. Salah satu permasalahan yang sering ditemukan pada karyawan baru Generasi Z yaitu budaya fleksing, mengakibatkan munculnya perasaan rentan bosan, mudah merasa stress atau cemas dan keinginan berpindah - pindah tempat kerja. Sehingga penting bagi karyawan Generasi Z untuk mampu menerapkan self regulation saat berada di tempat kerja agar tangguh saat mendalami suatu profesi. Dalam rangka meningkatkan self regulation pada karyawan baru Generasi Z maka dibuat suatu program buku daily planners. Pada implementasinya, program tersebut diberikan pada sejumlah 30 responden karyawan baru Generasi Z untuk mempelajari program dan pengerjaan kuesioner selama 60 - 90 menit. Tanggapan responden terhadap penilaian program tersebut secara keseluruhan bermanfaat, bervariasi dan menarik untuk digunakan. Selain itu, dilakukan pengukuran pre-test dan post-test mengenai self regulation pada responden yang memperoleh hasil uji rata-rata pada kelompok pre-test (M = 2.6267, SD = 0.41163) yang secara signifikan lebih kecil daripada rata-rata pada kelompok post test (M = 3.4833 , SD = 0.20441), t(29) = -15.118, p < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara Pemahaman terhadap self-regulation pre-test dan post-test. Hasil yang diperoleh dapat diinterpretasikan bahwa program tersebut dapat meningkatkan awareness dan pemahaman terkait pentingnya self regulation bagi karyawan baru Generasi Z.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan jurnal ini setuju dengan ketentuan sebagai berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan pekerjaan secara bersamaan berlisensi di bawah Creative Commons Attribution yang memungkinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis mampu untuk masuk ke dalam terpisah, pengaturan kontrak tambahan untuk distribusi non-eksklusif versi diterbitkan jurnal pekerjaan (misalnya, posting ke sebuah repositori institusi atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk mengirim karya mereka secara online.
References
Althammer, S. E., Wöhrmann, A. M., & Michel, A. (2024). How positive activities shape emotional exhaustion and work-life balance: effects of an intervention via positive emotions and boundary management strategies. Occupational Health Science, 8(1), 43-70.
Andel, S. A., Shen, W., & Arvan, M. L. (2021). Depending on your own kindness: The moderating role of self-compassion on the within-person consequences of work loneliness during the COVID-19 pandemic. Journal of Occupational Health Psychology, 26(4), 276.
Anicich, E. M., Foulk, T. A., Osborne, M. R., Gale, J., & Schaerer, M. (2020). Getting back to the “new normal”: Autonomy restoration during a global pandemic. Journal of Applied Psychology, 105(9), 931–943. https://doi.org/10.1037/apl0000655
Arum, A.R. & Khoirunnisa, R.N. (2021). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri mahasiswa baru psikologi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi Bukanlah, 8(8).
Bakker, A. B. & de Vries, J. D. (2021). Job demands-resources theory and self-regulation: New explanations and remedies for job burnout. Anxiety, Stress, & Coping, 34(1), 1-21. https://doi.org/10.1080/10615806.2020.1797695
Baumeister, R.F., Tice, D.M. & Vohs, K.D. (2018). The strength model of self-regulation: Conclusions from the second decade of willpower research. Perspectives on Psychological Science, 13(2), pp.141-145.
Benítez-Márquez, M. D., Sánchez-Teba, E. M., Bermúdez-González, G. & Núñez-Rydman, E. S. (2022). Generation z within the workforce and in the Workplace: A bibliometric analysis. Frontiers Psychology, 12:(736820). doi: 10.3389/fpsyg.2021.736820
Bennett, A. A., Campion, E. D., Keeler, K. R., & Keener, S. K. (2021). Videoconference fatigue? Exploring changes in fatigue after videoconference meetings during COVID-19. Journal of Applied Psychology, 106(3), 330–344. https://doi.org/10.1037/apl0000906
Dwidienawati, D. & Gandasari, D. (2018). Understanding Indonesia’s generation Z. International Journal of Engineering & Technology, 7(3), pp.245-253.
Feist, J., Fest, G. J. & Roberts, T. A. (2018). Theories of personality. Edisi ke- 9. McGraw-Hill Education.
Huang, R., Geng, Z., and Siraj, I., 2023. Exploring the associations among Chinese kindergartners between academic achievement and behavioral, cognitive and emotional self-regulation. Early Education and Development, 34(3), 591-606, DOI: 10.1080/10409289.2022.2056695
Ismail, D. H. & Nugroho, J. (2022). Kompetensi Kerja Gen Z di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1300–1307. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.566
Inzlicht, M., Werner, K. M., Briskin, J. L. Roberts, B. W. (2021). Integrating models of self-regulation. Annual Review of Psychology, 72:319-45. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-061020-105721
Karabinski, T., Haun, V. C., Nübold, A., Wendsche, J., & Wegge, J. (2021). Interventions for improving psychological detachment from work: A meta-analysis. Journal of Occupational Health Psychology, 26(3), 224–242. https://doi.org/10.1037/ocp0000280
Kementerian Komunikasi & Informatika (KOMINFO). (2021). Angkatan Kerja Produktif Melimpah. URL:https://www.kominfo.go.id/content/detail/33004/angkatan-kerja-produktif-melimpah/0/artikel
LinNye, C. D., Wille, B., Amory, J., & De Fruyt, F. (2021). Are work activities related to interest change over time? A 22-year longitudinal study. Journal of Personality and Social Psychology, 121(4), 865–893. https://doi.org/10.1037/pspp0000360
Lord, R. G., Diefendorff, J. M., Schmidt, A. M., & Hall R. J. (2010). Self-Regulation at Work. Annual Review Psychology. 61:543-568. 10.1146/annurev.psych.093008.100314
MacIsaac, A., Mushquash, A. R., & Wekerle, C. (2023). Writing yourself well: Dispositional self-reflection moderates the effect of a smartphone app-based journaling intervention on psychological wellbeing across time. Behaviour Change, 40, 297-313. https://doi.org/10.1017/bec.2022.24
Mascia, M. L., Agus, M., & Penna, M. P. (2020). Emotional intelligence, self-regulation, smartphone addiction: which relationship with student well-being and quality of life?. Frontiers in psychology, 11, 508917.
Nokelainen, P., Kaisvuo, H. & Pylväs, L. (2017). Self-regulation and competence in formal and informal contexts of vocational and professional education. Competence-based Vocational and Professional Education: Bridging the Worlds of Work and Education, pp.775-793.
Orhan, M. A., Castellano, S., Khelladi, I., Marinelli, L., & Monge, F. (2021). Technology distraction at work. Impacts on self-regulation and work engagement. Journal of Business Research, 126, 341-349.
Schroth, H. (2019). Are You Ready for Gen Z in the Workplace? California Management Review, 61(3), 5-18. https://doi.org/10.1177/0008125619841006
Setiawan, B. (2022). Pengembangan Self-Regulation Scale Mahasiswa berdasarkan Zimmerman Self-Regulation Model. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), pp.215-228.
Stillman, D. & Stillman, J. (2018). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja Pengarang. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Robson, D. A., Allen, M. S., & Howard, S. J. (2020). Self-regulation in childhood as a predictor of future outcomes: A meta-analytic review. Psychological bulletin, 146(4), 324.
Rosliani, N. & Ariati, J. (2017). Hubungan antara regulasi diri dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada pengurus ikatan lembaga mahasiswa psikologi Indonesia (ILMPI). Jurnal Empati, 5(4), pp.744-749.
Wehrt, W., Casper, A. & Sonnentag, S. (2022). More than a muscle: How self‐control motivation, depletion, and self‐regulation strategies impact task performance. Journal of Organizational Behavior, 43(8), pp.1358-1376.