Analisis Wacana Perilaku Konsumtif Dalam Film Crazy Rich Asian

Main Article Content

Stefanny Harlie
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perilaku konsumtif yang dikonstruksikan film Crazy Rich Asian. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi, film, perilaku konsumtif, gaya hidup konsumtif dan analisis wacana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis wacana yang digunakan bersama dengan pendekatan studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah film Crazy Rich Asian dan obyek dalam penelitian ini adalah perilaku konsumtif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi literatur (pustaka). Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan menggunakan analisis wacana model Teun A.Van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku konsumtif yang dikonstruksikan adalah cara seseorang menampilkan identitas dirinya lewat penggunaan waktu, uang dan barang-barang mewah yang mengarah kepada kesenangan tanpa memikirkan kebutuhan yang sebenarnya. Perilaku konsumtif menggambarkan adanya pola hidup manusia yang dikendalikan dan didorong oleh suatu keinginan untuk memenuhi hasrat kesenangan semata. Citra adalah yang diutamakan karena menyangkut derajat diri serta ingin selalu dipandang tinggi oleh orang lain.

Article Details

How to Cite
Harlie, S., & Widayatmoko, W. (2019). Analisis Wacana Perilaku Konsumtif Dalam Film Crazy Rich Asian. Koneksi, 2(2), 584–588. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3940
Section
Articles
Author Biographies

Stefanny Harlie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Eriyanto. 2011. Analisis Wacana Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis Printing Cemerlang.

Sukendro G. G., & Ovilia Kurniawan (2017). Analisis Wacana nasionalisme Film Dalam Film 5CM. Koneksi, Vol.1, No.2 (p.531-536). https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/2036

Imam Gunawan. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Marta, Rustono Farady. (2015). Analisis Wacana Kritis Film “Puteri Giok” Cermin Asimilasi Paksa Era Orde Baru. Jurnal Komunikasi, Vol.17, No.1 (p.331-346). http://jmb.lipi.go.id/index.php/jmb/article/viewFile/323/274

Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen Teori dan Praktik. Bandung: Pustaka Setia.

Karunia, A. L., & Widayatmoko. (2018). Gaya Hidup Remaja Perempuan dalam Membentuk Body Image dan Citra Diri Sesuai Tren Masa Kini. Koneksi, Vol.2, No.1 (p.30-36). https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/2426