Pengajaran CSS untuk Meningkatkan Estetika Website Siswa Kelas XII SMA Damai

Main Article Content

Kenaz Reisha
Darius Andana Haris

Abstract

Pengajaran teknologi informasi di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) menjadi penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan era digital. Pengajaran ini bertujuan untuk menjelaskan pelaksanaan pengajaran Cascading Style Sheets (CSS) pada siswa kelas XII SMA Damai serta mengevaluasi pemahaman mereka terhadap materi tersebut. Metode yang digunakan adalah pengajaran berbasis teori dan praktik, diawali dengan pemberian materi Hypertext Markup Language (HTML) dan CSS, dilanjutkan dengan praktik langsung, serta diakhiri dengan games evaluasi menggunakan Blooket. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu mempraktikkan penggunaan CSS dengan cukup baik, terbukti dari kreativitas mereka dalam mempercantik tampilan website serta antusiasme saat mengikuti games evaluasi. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat siswa terhadap dunia pemrograman dan memperkuat kerja sama antara pihak sekolah dengan perguruan tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

[1] U. H. S. M. W. P. R. A. M. A. M. Ana Maritsa, “Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan,” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, vol. 18, no. 2, pp. 91-100, 2021.

[2] R. P. Alfiansyah, “Jurnal Manfaat Dari Dunia Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan,” Jurnal Sosial Teknologi, vol. 3, no. 6, pp. 469-473, 2023.

[3] A. W. K. N. Arif Rahman Muttaqin, “Inovasi Digital untuk Masyarakat yang Lebih Cerdas 5.0: Analisis Tren Teknologi Informasi dan Prospek Masa Depan,” Jurnal Inovasi Teknologi Dan Edukasi Teknik, vol. 1, no. 12, pp. 880-886, 2021.

[4] A. A. Y. W. N. N. S. M. Muchtar, “Efektivitas Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bagi Mahasiswa Program Kampus Mengajar,” Asatiza: Jurnal Pendidikan, vol. 4, no. (3), pp. 249-258, 2023.

[5] “CSS (Cascading Style Sheets) : Sejarah dan Manfaatnya,” IdCloudHost, 4 Maret 2022. [Online]. Available: https://idcloudhost.com/blog/css-adalah/. [Diakses 27 April 2025].

[6] M. I. M. W. A. N. A. R. S. S. M. E. H. Muhammad Anugrah Hakiki, “Pelatihan Pemrograman Web Menggunakan HTML dan CSS Di SMK Methodist 2 Palembang,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FORDICATE, vol. 3, no. 1, pp. 9-16, 2023.

[7] Sekolah Damai, “SMA Damai,” 2025. [Online]. Available: https://www.damai.sch.id/sma/. [Diakses 13 Februari 2025].

[8] J. P. Rosiana Mufliva, “Teknologi Digital dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar sebagai Isu Prioritas dalam Upaya Membangun Masyarakat Masa Depan,” Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 12, no. 1, 2024.

[9] I. Armawan, “Pengaruh Model Pembelajaran TIK Terhadap Kualitas Pembelajaran di LPK Mandiri Snur Kabupaten Bogor,” Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 001, 2024.

[10] L. E. Nurazila Nurazila, “Pengaruh Metode Pembelajaran Praktik Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran TIK Di SMA N 1 Kapur IX,” Jurnal Ilmiah Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 3, pp. 89-95, 2022.

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.