PERANCANGAN SISTEM MANAJEMEN INFORMASI TOKO BERLIAN PARFUME BERBASIS WEB

Main Article Content

Darius Andana Haris
Yosia Alvin Lie Fandy

Abstract

Berlian Parfume sendiri adalah sebuah unit UMKM yang berlokasi di Tamalate, Makassar, Sulawesi Selatan. Berlian Parfume masih menggunakan cara konvensional untuk melakukan operasional, finansial, advertising, maupun sistem bisnisnya. Baik dari segi penjualan, pembelian, pencatatan, tata kelola karyawan, hingga pemasaran masih dilakukan dengan cara yang konvensional dan manual. Oleh karena itu, penulis ingin menjadikan Berlian Parfume sebagai salah satu unit UMKM yang memiliki sistem yang baik agar bisa sustain terhadap masalah-masalah kedepannya baik dari sisi internal maupun eksternal dengan cara membuatkan sistem manajemen informasi guna menunjang bisnis dalam bentuk website. Tujuan utama dari pembuatan program ini adalah untuk mempermudah proses bisnis maupun proses operasional dari toko Berlian Parfume dengan cara menciptakan sistem manajemen informasi berupa website kasir dan juga inventaris. Metode penyelesaian yang digunakan adalah menggunakan metode waterfall yang terdiri dari gathering requirement, designing, development, integration, dan uploading. Program akan meliputi tampilan antarmuka dan juga backend database dimana tampilan antar muka akan dibuat dalam bentuk prototype sedangkan bagian backend akan menggunakan beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, PHP, dan SQL.  Program yang ada akan digunakan oleh tiga macam user yaitu administrator, staff, dan juga customer, dimana administrator dan staff akan dapat mengakses sistem kasir dan inventoris sedangkan customer hanya akan mendapatkan akses untuk melihat website yang berisi data dan katalog produk.

Article Details

Section
Articles

References

H. Limanseto, "Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah," Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, 1 October 2022. [Online]. Available: https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah. [Accessed 2 September 2023].

A. A. Wahid, "Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi," Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, vol. XIV, no. 1, pp. 1-5, 2020.

A. Muhammad, "Use Case Diagram: Pengertian, Contoh, Simbol, Cara Membuatnya," Niagahoster, 24 May 2023. [Online]. Available: https://www.niagahoster.co.id/blog/use-case-diagram-adalah/#Pengertian_Use_Case_Diagram. [Accessed 21 September 2023].

Dicoding Intern, "Apa Itu Activity Diagram? Simak Contoh Implementasinya Berikut Ini!," Dicoding, 5 July 2023. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-activity-diagram-simak-contoh-implementasinya-berikut-ini/. [Accessed 21 September 2023].

R. Setiawan, "Apa Itu Sequence Diagram dan Contohnya," Dicoding, 21 August 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-sequence-diagram/. [Accessed 21 September 2023].

R. Setiawan, "Memahami Class Diagram Lebih Baik," Dicoding, 13 October 2021. [Online]. Available: https://www.dicoding.com/blog/memahami-class-diagram-lebih-baik/. [Accessed 21 September 2023].

Nurosoft Consulting, "Jenis-Jenis Testing dalam Software Development," Nurosoft Consulting, 19 February 2024. [Online]. Available: https://www.linkedin.com/pulse/jenis-jenis-testing-dalam-software-development-nurosoft-awatc/. [Accessed 4 June 2024].

Edi Susilo, "Cara Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Evaluasi Usability," Edi Susilo, 7 March 2019. [Online]. Available: https://www.edisusilo.com/cara-menggunakan-system-usability-scale/. [Accessed 4 June 2024].

W. T, "Measuring and Interpreting System Usability Scale (SUS)," UIUXTrend, [Online]. Available: https://uiuxtrend.com/measuring-system-usability-scale-sus/. [Accessed 4 June 2024].