PENGGUNAAN GIN DALAM MEMBUAT API PADA APLIKASI AKADEMIK BERBASIS WEB

Main Article Content

Ferdyan Tarigan
Tony

Abstract

Pada masa ini, terdapat banyak perkembangan yang berbeda, termasuk perkembangan teknologi informasi. Perkembangan teknologi informasi sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, terutama dalam bidang informasi. Dalam dunia pendidikan, informasi yang diperoleh berupa prestasi siswa, absensi siswa, data siswa, dan lain sebagainya. SMK YAPIM TARUNA MEREK merupakan salah satu dari sekian banyak lembaga pendidikan yang ada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. SMK ini selalu menerapkan sistem pengolahan data secara manual, mulai dari pendaftaran siswa, pengumpulan nilai siswa, daftar hadir, menyimpan dalam bentuk fisik, dan mengubahnya ke dalam bentuk Excel untuk digunakan secara digital. Penyampaian informasi dari data-data yang terkumpul masih bersifat manual, yaitu informasi nilai dan absensi siswa yang masih dilakukan melalui rapor sekolah yang diberikan kepada orang tua siswa setiap akhir tahun ajaran. Dari sinilah ide untuk merancang aplikasi akademik berbasis web untuk SMK YAPIM TARUNA MEREK lahir. Perancangan aplikasi akademik berbasis web ini menggunakan pendekatan model SDLC (Software Development Life Cycle) Waterfall, yang meliputi tahap analisis dan definisi kebutuhan, tahap perancangan sistem dan perangkat lunak, tahap implementasi I, tahap integrasi dan pengujian sistem, serta tahap operasi dan pemeliharaan.

Article Details

Section
Articles

References

F. Rohman, “Internet Adalah Jaringan Komputer, Ini Pengertian dan Sejarahnya.” [Online]. Available: https://katadata.co.id/intan/berita/61ee4467db13b/internet-adalah-jaringan-komputer-ini-pengertian-dan

M. N. Afandy and others, “Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Smk Bakti Idhata Jakarta,” PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 2, pp. 19–26, 2020.

J. Fernandes and others, “Perancangan Sistem Informasi Nilai Murid Berbasis Website Pada Sma Pelita Kasih,” Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, vol. 11, no. 1, 2023.

F. Fransisca and others, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Di Smk Negeri 1 Cibitung,” INDIKATOR, vol. 1, no. 2, pp. 193–204, 2020.

A. Zuliyana and D. A. Anggoro, “Sistem Informasi Akademik Sekolah berbasis Web di SMK Widya Taruna Kabupaten Karanganyar,” Emitor: Jurnal Teknik Elektro, vol. 20, no. 2, pp. 82–89, 2020.

R. Y. Lee, Object-oriented Software Engineering with UML: A Hands-on Approach. Nova Science Publishers, 2019.