Sistem Penjualan Alat Penetral Air Berbasis Web Pada Toko Mandiri Filter

Main Article Content

Siska Logito

Abstract

Mandiri Filter merupakan toko jual beli peralatan kebutuhan air (filter, mesin, carbon, dan lain-lain) dan juga mempunyai tenaga ahli untuk pemasangan atau melakukan service. Mandiri Filter masih menggunakan cara manual di dalam bisnisnya. Untuk catatan toko masih mengandalkan pencatatan. Pemesanan barang hanya dapat dilakukan langsung di toko atau via telepon. Penghitungan jumlah total pesanan masih menggunakan kalkulator. Selain itu biaya pengiriman juga masih sulit dihitung karena kendala dalam perhitungan estimasi.


Dalam menjawab permasalahan yang ditemukan dalam tugas akhir ini, yaitu untuk mengembangkan sistem penjualan yang berbasis web yang dapat membantu Mandiri Filter dan para customers dalam melakukan berbagai proses transaksi yang efisien. Sistem dikembangkan menggunakan metode prototyping dan perancangan menggunakan use case, activity diagam, sequence, dan entity relationship diagram. Dalam tahap pemrograman menggunakan HTML, CSS, Javascript, PHP, bootstrap framework dan MySQL.


Hasil dari tugas akhir ini adalah penjualan berbasis web sangat memberikan kemudahan bagi customers untuk melakukan transaksi dan staff untuk mengelola data-data yang penting.

Article Details

Section
Articles

References

Arief Ichwani, N. A. “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Website dengan Pendekatan Metode Prototype” Skripsi, Teknik Informatika, Universitas Esa Unggul, Jakarta, 2021.

Bernadi, J. “APLIKASI SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA TOKO VELG YQ” Skripsi, Computer Sciense Department, Universitas Binus, Jakarta, 2013.

Christianto. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada HI Gadget” Jurnal, Sistem Informasi” STMIK GICI, Batam, 2018.

Farhan Ramadhan, N. P. “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Mustika Jati” Jurnal, Sistem Informasi, Institut Teknologi dan Bisnis Kalbis, Jakarta Timur, 2018.

Fetty Ade Putri, M. R. “SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB PADA PUCABRANDED STORE” Jurnal, Teknik dan Informatika, Universitas Potensi Utama, Medan, 2022.

Gat “Perancangan Basis Data Perpustakaan Sekolah dengan Menerapkan Model Data Relasional” Skipsi, STMIK Pontianak, Pontianak, 2015.

Prasetyo, Y. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Nuratih Fahsion” Skripsi, Teknik Informatika, STT Pelita Bangsa, Tangerang, 2018.

Prisca Bebby Triola Angela Mulyono, Z. “Sistem Informasi Pelayanan Dan Kegiatan Misdinar Berbasis Web Pada Gereja ST. Paskalis” Skripsi, Sistem Informasi, Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2022.

Wasino, Z. “IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI VIRTUAL SHOWROOM PADA WEBSITE RUPARUPA PADA PT OMNI DIGITAMA INTERNUSA” Skripsi, Sistem Informasi, Universitas Tarumanagara, Jakarta, 2022.

Steven Wijaya, M. “Sistem Informasi Manajemen Proyek Pada PT Trikon Developindo Sejahtera Berbasis Web” Skripsi, Sistem Informasi, Universitas MDP, Palembang, 2022.

Yanuar Christianto, T. “Sistem Rekomendasi Calon Pegawai Baru Berbasis Web Dengan Metode SAW Dan AHP” Skripsi, Teknik Informatika, Universitas Stikubank, Semarang, 2022.

RRM Salim “Analisis Dan Perancangan Website Penjualan Kosmetik Beautycare” Jurnal, Sistem Informasi, STMIK Mikroskil, Medan, 2022.

Irawan. “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kosmetik Pada Princess Corner Berbasis Web” Skripsi, Sistem Informasi, STMIK GICI, Batam, 2017.

Andri Prasetyo, R. “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada PT. Cahaya Sejahtera Sentosa Blitar” Jurnal, Teknologi Informasi, STMIK PPKIA Pradnya Paramita, Malang, 2016.

Eka Wulansari Fridayanthie, H, T. “Penerapan Metode Prototype Pada Perancangan Sistem Informasi Penggajian Karyawan (Persis Gawan) Berbasis Web” Jurnal, Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta, 2021.

Fanny Fatma Wati, U. “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada UD Dwi Sury Alumunium dan Kaca Yogyakarta” Jurnal, Sistem Informasi, Universitas BSI, Bandung, 2019.