Pembuatan Aplikasi Peramalan Penjualan Susu Sapi Perah Menggunakan Extreme Learning Machine

Main Article Content

Lubby Gennady
Dyah Erny Herwindiati
Janson Hendryli

Abstract

UMKM XYZ merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang susu sapi perah. Usaha tersebut menjual susu sapi segar dengan varian rasa. Dalam penjualan tersebut menyalurkan susu sapi segar sesuai dengan permintaan konsumen. Setiap periode, usaha sering mengalami perubahan permintaan susu sapi segar. Akibatnya, apabila permintaan konsumen tidak sesuai dengan ketersediaan dapat mengalami kerugian karena susu sapi tidak memiliki waktu simpan yang cukup lama. Oleh sebab itu, dilakukan rancangan aplikasi peramalan penjualan berbasis Android dengan metode Extreme Learning Machine (ELM) untuk menangani kasus tersebut. Tujuan dari aplikasi tersebut adalah melakukan peramalan permintaan susu agar sesuai dengan jumlah permintaan yang dibutuhkan. yang telah dilakukan dengan pengujian Black Box Testing dan hasil evaluasi kesalahan pada metode Extreme Learning Machine dengan nilai MAPE. Hasil pengujian pada Black Box Testing menunjukkan bahwa aplikasi telah layak untuk melakukan pencatatan transaksi. Hasil tersebut didapatkan nilai terbaik menggunakan aktivasi sigmoid biner dengan 4 fitur, jumlah hidden neuron sebanyak 10 serta pembagian data training dan testing yaitu 90%:10%. Hasil nilai kesalahan pada model original didapatkan nilai kesalahan MAPE 6.6558%, model coklat dengan nilai kesalahan 5.624%, model stroberi dengan nilai kesalahan 6.2874%.

Article Details

Section
Articles

References

Afida Izati, Nisa; Warsito, Budi, dan Widihari, Tatik. “Prediksi Harga Emas Menggunakan Feed Forward Neural Network Dengan Metode Extreme Learning Machine,” Jurnal Gaussian, Vol. 8. 2019.

Ariwanda, Galih; Cholissodin, Imam, dan Tibyani. “Prediksi Harga Cabai Rawit di Kota Malang Menggunakan Algoritme Extreme Learning Machine (ELM),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 3, Nomor 6, 2019.

Huang, Guang Bin, Qin Yu Zhu, dan Chee Kheong Siew. “Extreme learning machine: Theory and applications,”. Neurocomputing, Vol. 70, Nomor 1–3 ,2006.

Prakoso, Bakhtiyar Hadi. “Implementasi Support Vector Regression pada Prediksi Inflasi Indeks Harga Konsumen,” MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, Vol. 19, Nomor 1, 2019.

Maiyana, Efmi. “Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa,” Jurnal Sains dan Informatika,Vol. 4, Nomor 1 ,2018.