MENDIDIK ANAK DI TENGAH PEMUKIMAN PADAT: TANTANGAN DAN SOLUSI POLA ASUH ORANGTUA

Main Article Content

Fransisca Iriani Rosmaladewi

Abstract

Kawasan kumuh perkotaan merupakan lingkungan yang sarat dengan berbagai tantangan sosial-ekonomi yang dapat memengaruhi pola asuh orang tua dan perkembangan anak. Mitra kegiatan ini adalah kelompok ibu di PAUD Pamungkas, RPTRA Krendang, Jakarta Barat, yang menghadapi permasalahan spesifik berupa keterbatasan pengetahuan tentang pola asuh positif, kecenderungan penggunaan pola asuh otoriter, serta minimnya akses informasi pengasuhan anak usia dini. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan pada Kamis, 8 Mei 2025, dengan metode observasi lapangan, diskusi kelompok terarah, serta penyuluhan interaktif mengenai strategi pola asuh adaptif. Kegiatan diikuti oleh 25 ibu yang memiliki anak usia dini. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai pola asuh positif, ditunjukkan melalui perbandingan skor pre-test dan post-test. Sebelum kegiatan, rata-rata tingkat pemahaman pola asuh positif hanya sebesar 52,4%, meningkat menjadi 81,7% setelah kegiatan. Selain itu, 76% peserta menyatakan berkomitmen untuk mengurangi pola asuh reaktif dan lebih mengutamakan komunikasi terbuka dengan anak. Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya meningkatkan literasi pengasuhan di kalangan orang tua, tetapi juga merekomendasikan perlunya keberlanjutan program pembinaan keluarga dan penguatan peran komunitas lokal untuk mendukung tumbuh kembang anak secara optimal di lingkungan padat penduduk.

Article Details

How to Cite
Rosmaladewi, F. I. (2025). MENDIDIK ANAK DI TENGAH PEMUKIMAN PADAT: TANTANGAN DAN SOLUSI POLA ASUH ORANGTUA. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 8(1), 207–217. https://doi.org/10.24912/jbmi.v8i1.35135
Section
Articles
Author Biography

Fransisca Iriani Rosmaladewi, Universitas Tarumanagara

 

 

References

Abdullah, S. A. (2024, 8 Desember). Mengenal Tambora, Kecamatan dengan penduduk terpadat di Jakarta. TvriJakartaNews. https://tvrijakartanews.com/article/Feature/16403

Arace, A., Prino, L. E., & Scarzello, D. (2021). Emotional competence of early childhood educators and child socio-emotional wellbeing. International journal of environmental research and public health, 18(14), 7633.

Baumrind, D. (1991). The influence of parenting style on adolescent competence and substance use. The Journal of Early Adolescence, 11(1), 56-95.

Dewi, F. M., & Vinayastri, A. (2023). Analisis Keterampilan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun di Pemukiman Kumuh Sedang. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1).

Farahdea, N. S. (2020). Hubungan pola asah, asih, dan asuh dengan pertumbuhan dan perkembangan balita di Kelurahan Mulyorejo Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga).

Gardiner, E.& Iarocci, G. (2015). Family quality of life and ASD: the role of child adaptive functioning and behavior problems. International Society for Autism Research, Wiley Periodicals, Inc. doi:10.1002/aur.1442

Geller, E. S. (2021). The actively caring for people movement: A synergistic integration of behaviorism, humanism, and positive psychology. Behavior and Social Issues, 30(1), 566-586.

Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Jurnal Elementary, 2(2), 72–82. https://doi.org/10.21043/elementary.v2i2.1726

Hendriati, A., & Okvitawanli, A. (2019). Challenges of parenting in an urban setting. Psychological Research on Urban Society, 2(1), 12.

Ho, L. L. K., Li, W. H. C., Cheung, A. T., Luo, Y., Xia, W., & Chung, J. O. K. (2022). Impact of poverty on parent–child relationships, parental stress, and parenting practices. Frontiers in Public Health, 10, 849408

Kristiani, R., Lunanta, L. P., & Ardani, A. (2021). Gambaran pola pengasuhan, disiplin, dan komunikasi orangtua terhadap remaja di kawasan kumuh Penjaringan. Jurnal Psikologi: Media Ilmiah Psikologi, 19(01), 1–10.

Lakeman, R. (2024). Envisaging a thriving future: The integration of positive psychology into brief psychotherapy and family therapy practice. Australian and New Zealand journal of family therapy, 45(3), 292-299.

Lansford, J. E., Sharma, C., Malone, P. S., Woodlief, D., Dodge, K. A., Oburu, P., ... & Bacchini, D. (2021). Parenting and children's externalizing behavior in nine countries: Bidirectional associations and cultural moderation. Development and Psychopathology, 33(1), 233–245. https://doi.org/10.1017/S0954579420000079

Munandar, A. (2020). Hubungan antara penyesuaian diri dengan pola asuh permisif orang tua pada siswa kelas III SMA Negeri 6 Banda Aceh (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.

Nurjannah, S., & Rohmalina, R. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 5(6), 621-628.

Pinquart, M. (2017). Associations of parenting dimensions and styles with internalizing smptoms in children and adolescents: A meta-analysis. Marriage & Family Review, 53(7), 613–640. https://doi.org/10.1080/01494929.2016.1247761

Rahayu, M. D., & Amanah, S. (2010). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pola asuh anak pada keluarga etnis Minang, Jawa dan Batak. Jurnal Penyuluhan, 6(2), 108–117.

Widiastuti, H. (2021). Hubungan pola asuh orang tua dan ketahanan pangan rumah tangga terhadap kejadian stunting pada balita di Desa Sungai Beras Kabupaten Tanjung Jabung Timur tahun 2020 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).

Yee, A. Z. (2021). Examining the moderating effect of parenting style and parental guidance on children’s beliefs about food: a test of the parenting style-as-context model. Journal of Health Communication, 26(8), 553-565.

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.