PENGENALAN ASPEK PASAR PADA SMA TARSISIUS I JAKARTA UNTUK PEMBUATAN PROPOSAL BISNIS

Main Article Content

Louis Utama
Oey Hannes Widjaja
Richard Andrew
Tommy Setiawan Ruslim

Abstract

Today in a changing world, there are many options High School students can take to fill their spare time outside of the educational process. One of the positive things is being a member of the student council. As long as they are members of the OSIS, students have several work programs that must be carried out in accordance with the programs that have been arranged. One program that has great internal and external appeal is the performing arts program. One of the most important things to make a good performing arts activity is making an event proposal. The most basic problem in creating event proposals is a lack of knowledge of the fund sponsor market. If a business proposal can provide a clear market, there will be many people who will be interested in participating in these activities both as contestants and as sponsors of funds. With the implementation of this program in the form of a one-day seminar, it is hoped that some of the participants will be motivated to achieve more and work optimally for internal and external parties with a touch of entrepreneurship. This art performance event can show how student achievement academically and non-academically can be presented to internal parties, namely parents and teachers as well as external parties, namely prospective school students, alumni and sponsors of the event. Along with these circumstances, one goal with the thought of the Community Service team (PkM) from Tarumanagara University (Untar) which aims to develop the potential of each student who is educated there to be given training on the importance of market aspects so that students can be more easy to determine who is the target market and the target to carry out these activities and the result of this activity is that students can make a good proposal

ABSTRAK:

Saat ini di dunia yang terus berubah, ada banyak opsi yang dapat dilakukan oleh siswa Sekolah Menengah Atas untuk mengisi waktu luang mereka di luar proses pendidikan.  Salah satu hal positif adalah menjadi anggota OSIS. Selama menjadi anggota OSIS, maka siswa mempunyai beberapa program kerja yang harus dijalankan sesuai dengan yang program yang telah disusun. Salah satu program yang mempunyai daya tarik besar dari internal maupun eksternal adalah program pentas seni. Salah satu hal yang terpenting untuk membuat sebuah kegiatan pentas seni yang baik adalah pembuatan proposal acara. Masalah yang paling dasardalam pembuatan proposal acara adalah kurangnya pengetahuan mengenai pasar sponsor penyandang dana. Apabila sebuah proposal bisnis dapat memberikan pasar yang jelas maka akan banyak orang yang akan tertarik untuk turut serta dalam kegiatan tersebut  baik sebagai peserta lomba maupun sebagai sponsor penyandang dana.  Dengan pelaksanaan program ini dalam betntuk seminar sehari diharapkan sebagian dari peserta termotivasi untuk lebih berprestasi dan berkarya secara maksimal kepada pihak internal maupun eksternal sekolah dengan sentuhan kewirausahaan. Acara pentas seni ini dapat menunjukan bagaimana prestasi siswa secara akademik maupun non akademik yang dapat dipresentasikan kepada pihak internal yaitu orang tua dan guru serta pihak eksternal yaitu calon siswa sekolah, alumni maupun para sponsor acara tersebut. Seiring dengan keadaan tersebut maka satu tujuan  dengan pemikiran dari tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang berasal dari Universitas Tarumanagara (Untar) yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dari tiap siswa  yang menempuh pendidikan di sana untuk dapat diberikan pelatihan mengenai pentingnya aspek pasar sehingga siswa dapat lebih mudah untuk menentukan siapa pasar sasaran dan target untuk menjalankan kegiatan tersebut dan hasil dari kegiatan ini adalah siswa dapat membuat proposal dengan baik,.

Article Details

How to Cite
Utama, L., Widjaja, O. H., Andrew, R., & Ruslim, T. S. (2021). PENGENALAN ASPEK PASAR PADA SMA TARSISIUS I JAKARTA UNTUK PEMBUATAN PROPOSAL BISNIS. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.24912/jbmi.v4i1.11833
Section
Articles
Author Biographies

Louis Utama, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Oey Hannes Widjaja, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Richard Andrew, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Tommy Setiawan Ruslim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Ayuni, A. N. (2015). Kematangan Karir Siswa Kelas XI Ditinjau dari Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Keadaan Ekonomi Keluarga di SMA Negeri 1 Pakem Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Cannon, J. P., Jr., W. D. P., & McCarthy, E. J. (2013). Pemasaran Dasar. Pendekatan Manajerial Global. Buku 1. Edisi 16. Jakarta : Salemba Empat.

Dadang Husen Sobana (2018). Studi Kelayakan Bisnis. Edisi 1 . Bandung : Pustaka Setia

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Situs Resmi Sekolah Tarsisius I Jakarta: https://www.tarsisius1.sch.id/sma/