PENGENALAN BIMBINGAN KARIR DI BIDANG MANAJEMEN PADA SISWA SMA TARSISIUS 2 JAKARTA
Main Article Content
Abstract
Career consultation in school is one of the most discussed problems nowadays. This majorly because of some problematic things such as students problems as a jobseeker and future business owners, counsellors problems as the mediator and the agent of valuable information, teachers’ problems as the trainer for their skill-sets and the motivator during the learning processes within the educational periods and portals’ problems as the information system and the source of primary marketing communication to the external practitioners’ world. Those problems can be solved with a comprehensive qualitative method that practiced directly especially for those who are in the High-school level. The subject for this topic is Tarsisius 2 High-school which located in West Jakarta. The objective of this social act is to ensure that career management in that High-school could be mutually beneficial for all the schools’ stakeholders including the principal and vice principal. The direct method are implemented for this event and this event was permitted directly as well from both School-Principal and Vice-Principal of the school. As a result, both the school and the higher educations personnel that include lecturer and students run well. The head of the school hopes that similar activities with different topic could also run in their educational home-ground
ABSTRAK
Layanan bimbingan karir pada sebuah sekolah memiliki beberapa masalah utama seperti masalah siswa yang kesulitan mendapat pekerjaan yang sesuai setelah mereka lulus ataupun bingung saat memilih pengambilan program studi pada proses pendidikan tingkat lanjut, masalah konselor yang tidak aktual terhadap kebutuhan industri teranyar atau kebutuhan akan kemampuan tenaga pendidik yang belum terasah padahal dibutuhkan oleh dunia praktisi serta tentu saja masalah portal yang menaungi layanan bimbingan karir tersebut yang terkadang belum tersedia ataupun kurang aktual isi di dalam portal tersebut. Masalah – masalah tersebut dapat diatasi secara komprehensif dengan pendekatan kualitatif dan langkah kecil untuk pembenahan tersebut adalah dengan memperkenalkan bimbingan karir itu sendiri kepada para siswa Sekolah Menengah Atas. Tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan ini adalah untuk memastikan bimbingan karir secara khusus di bidang manajemen sehingga mereka tertarik untuk mempelajari atau mempraktekkan lebih lanjut terkait dengan bidang ini. Adapun metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah secara luring. Hasil dari kegiatan ini secara umum dapat dikatakan memuaskan dan beberapa siswa menjadi tertarik untuk mempelajari lebih dalam terkait dengan bidang manajemen dan beberapa ingin mencoba lebih lanjut secara langsung topik yang dibahas. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan aktivitas ini berjalan dengan baik dan lancar. Pihak mitra, dalam hal ini adalah SMA Tarsisius 2 melalui Kepala dan Wakil Kepala Sekolah, berharap bahwa kegiatan sejenis dapat dibawakan kembali dengan topik yang berbeda.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/
References
Astuti, W. W., & Dwikurnaningsih, Y. (2021). Pengembangan model manajemen bimbingan karir menggunakan aplikasi Edmodo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 9(1), 64-74.
Hasibuan, M., & Zaki, A. (2023). Sosialisasi Manajemen Pengembangan Karir Profesi Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah SMA Darus’adah Pangkalan Susu. Fusion: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 53-60.
Indriyani, Y. N. (2024). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Karir Terhadap Minat Melanjutkan Studi Siswa Kelas XII SMA Islam Tuan Sokolangu Gabus, Pati. MIZAJ: Journal of Islamic Counseling, 1(1), 36-49.
Kurniawan, R. (2021). Manajemen Sekolah Berbasis Portal Karir di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), 480-488.
Maya, I., Rahman, K. A., & Sarman, F. (2023). Hubungan Konsep Diri Dengan Pemilihan Karir Siswa. Jurnal Wahana Konseling, 6(2), 143-151.
Ramadan, P. K., & Santosa, B. (2021). Pemahaman Karir Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri I Candung Kabupaten Agam. Education & Learning, 1(2), 45-50.
Restiany, T., Hanafiah, H., & Sudrajat, A. (2022). Manajemen Bimbingan dan Konseling Sekolah untuk Menetapkan Minat Karir Siswa Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Majalaya dan SMA Negeri 2 Majalaya Kabupaten Bandung). JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1849-1861.
Sinaga, I. N., & Sa'adah, N. (2022). Persepsi Siswa Kelas IX dalam Merencanakan Karier dengan Bantuan Media Pohon Karier. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 48-54.