PELATIHAN KETERAMPILAN AKUNTANSI BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK SISWA SMA KEMURNIAN II : MENYONGSONG MASA DEPAN DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Main Article Content

Agustin Ekadjaja
Cecilia Dintia
Jayanti Hung Dharma Putri

Abstract

Technological advances are growing and affecting every aspect including accounting. Artificial Intelligence (AI) is one of the technological developments that will also affect accounting activities in the future. The application of artificial intelligence will change the accounting process into something new and make accounting activities more automated. Future accountants must adapt to these technological advances to increase effectiveness and transparency in the modern accounting world. Technology-based accounting skills training for students of SMA Kemurnian II aims to equip students to prepare themselves for the future. Activities are carried out by applying the knowledge taught by Tarumanagara University lecturers and active student participation as a form of community service. PKM activities began with an initial meeting with the school to jointly identify the needs and interests of the school related to this collaboration. After getting a positive response, we submitted a proposal for this event to LPPM Tarumanagara University with the chosen theme being technological developments that support the work of accountants with the application of Artificial Intelligence technology. Artificial Intelligence is expected to spread further as technology develops, revolutionizing entire sectors of the economy. The material presented focused on the challenges often faced by the younger generation in transitioning to a technology-based world and how to overcome these challenges. The results of this activity include scientific publications in proceedings, modules and article publications. We submit a report on the results of the implementation of this activity to LPPM Untar as a form of responsibility


ABSTRAK


Kemajuan teknologi semakin berkembang dan mempengaruhi setiap aspek termasuk akuntansi. Kecerdasan buatan atau Aritificial Intelligence (AI) menjadi salah satu pengembangan teknologi yang juga akan mempengaruhi kegiatan akuntansi di masa mendatang. Pengaplikasian kecerdasan buatan akan mengubah proses akuntansi menjadi suatu hal yang baru dan membuat kegiatan akuntansi semakin terotomatisasi. Akuntan-akuntan mendatang di masa depan harus bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi ini untuk tetap meningkatkan efektivitas dan transparansi dalam dunia akuntansi modern. Pelatihan keterampilan akuntansi berbasis teknologi untuk siswa SMA Kemurnian II bertujuan untuk membekali siswa-siswi dalam mempersiapkan diri di masa depan. Kegiatan dilakukan dengan mengaplikasikan pengetahuan yang diajarkan oleh dosen Universitas Tarumanagara serta partisipasi mahasiswa aktif sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan PKM dimulai dengan pertemuan awal bersama pihak sekolah untuk bersama-sama mengidentifikasi kebutuhan dan minat sekolah terkait kerjasama ini. Setelah mendapatkan tanggapan positif, kami mengajukan proposal acara ini ke LPPM Universitas Tarumanagara dengan tema yang dipilih adalah perkembangan teknologi yang mendukung pekerjaan akuntan dengan penerapan teknologi Artificial Intelligence. Artificial Intelligence diperkirakan akan semakin menyebar seiring berkembangnya teknologi, merevolusi seluruh sektor perekonomian. Materi yang disampaikan berfokus pada tantangan-tantangan yang sering dihadapi oleh generasi muda dalam peralihan ke duna berbasis teknologi dan bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut. Hasil dari kegiatan ini mencakup publikasi ilmiah dalam prosiding, modul dan publikasi artikel. Kami menyampaikan laporan hasil pelaksanaan kegiatan ini kepada LPPM Untar sebagai bentuk tanggung jawab

Article Details

How to Cite
Ekadjaja, A., Cecilia Dintia, & Jayanti Hung Dharma Putri. (2023). PELATIHAN KETERAMPILAN AKUNTANSI BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK SISWA SMA KEMURNIAN II : MENYONGSONG MASA DEPAN DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 6(3). https://doi.org/10.24912/jbmi.v6i3.26598
Section
Articles

References

Arifin, Setiawan, Dan W Muslim. (2020). Merdeka Belajar: Konsepsi dan Implementasi pada Pengelolaan Sekolah di Era Digital.

Castro, R. D. W. (2019). Blended learning in higher education: Trends and capabilities. Education and Information Technologies, 24(4), 2523–2546. https://doi.org/10.1007/s10639-019-09886-3

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020a). Motivasi belajar mahasiswa pada pembelajaran daring selama pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020b). MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMIK COVID-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, 1, 1–14. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.32

Kristanto, Y. D. (2020). COVID-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh. Covid-19, Merdeka Belajar, Dan Pembelajaran Jarak Jauh. https://people.usd.ac.id/~ydkristanto/index.php/2020/03/covid-19-merdeka-belajar-dan-pjj/

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Makarim, N. (2019). Merdeka Belajar Adalah Kemerdekaan Berpikir.” Diakses 17 November 2020. https://Nasional.Tempo.Co/Read/1283493/Nadiem-Makarim-MerdekaBelajar-Adalah-Kemerdekaan-Berpikir.

Nastiti, F. E., & ‘Abdu, A. R. N. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia menghadapi era Society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061

Pattiasina, Jacob, P., Aswita, D., Fuadi, T. M., Noviyanti, A., & Pratiwi, E. Y. R. (2022). Paradigma Baru Pendidikan Karakter Era Inovasi Disrptif dan Implementasi Praktisnya di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 4 (5), 2446–2454.

Purwani, Ajeng, D., Kertamukti, R., & Departemen Sosiologi FISIPOL UGM, Yogyakarta. (2020). Memahami Generasi Z Melalui Etnografi Virtual. Berkarya Tiada Henti: Tiga Lentera Bulaksumur, 65–76.

Restian, A. (2020). Freedom of learning in the “elementary arts and culture” subject the character-based covid-19 pandemic. Journal for the Interdisciplinary Art and Education, 1(1), 57–64. https://doi.org/10.29228/jiae.5