SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA KEPADA KELOMPOK SADAR WISATA DI KAMPUNG JAWI SURABAYA

Main Article Content

Deffiani Aktaviani Putri
Agam Syahreza Putra
Raden Johnny Hadi Raharjo
Nanik Hariyana

Abstract

The local government of Pacar Keling Village, Tambaksari District, Surabaya City said that in the Pacar Keling Village area there is an area that has potential and is being developed into a tourist area, namely Kampung Jawi. Kampung Jawi is a village located in the RT 2 area, Pacar Keling Village, Tambaksari District, Surabaya City. To achieve this potential, the people of Kampung Jawi have formed a management group that is part of the Tourism Awareness Group (Pokdarwis). Based on the results of the author's observation, it was found that the members of the Pokdarwis Kampung Jawi did not have sufficient ability to promote and create content for social media. Therefore, the authors chose socialization and training as a means of delivering material that aims to improve the human resource capabilities of Pokdarwis Kampung Jawi members in promoting through content creation for social media. Socialization and training to support the ability of Pokdarwis Kampung Jawi members in promoting through content creation for social media is by using the Canva application. The reason why author's chose the Canva application is because it is a free application and has features that are easier to use for beginners. The material presented during the socialization and training was how to choose the right target market, how to create promotional messages, and how to make creative and innovative promotions. The learning method used is project based learning. The results achieved from the socialization and training were Pokdarwis Kampung Jawi members were able to understand promotional materials on social media and use the Canva application to create promotional content on social media.


 


ABSTRAK:


Pemerintah Daerah Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya menyampaikan di wilayah Kelurahan Pacar Keling terdapat daerah yang memiliki potensi dan sedang diusahakan menjadi daerah wisata yaitu bernama Kampung Jawi. Kampung Jawi merupakan sebuah kampung yang berada di wilayah RT 2, Kelurahan Pacar Keling, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Untuk meraih potensi tersebut, masyarakat Kampung Jawi sudah membentuk manajemen pengelola yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Berdasarkan hasil pantauan penulis ditemukan kendala pada anggota Pokdarwis Kampung Jawi, yaitu belum memiliki kemampuan yang cukup dalam melakukan promosi dan membuat konten untuk sosial media. Oleh karena itu, penulis memilih sosialisasi dan pelatihan menjadi sarana penyampaian materi yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari anggota Pokdarwis Kampung Jawi dalam melakukan promosi melalui pembuatan konten untuk sosial media. Sosialisasi dan pelatihan untuk menunjang kemampuan anggota Pokdarwis Kampung Jawi dalam melakukan promosi melalui pembuatan konten untuk sosial media adalah dengan menggunakan aplikasi Canva. Alasan kenapa penulis memilih aplikasi Canva karena merupakan aplikasi gratis dan memiliki fitur yang lebih mudah digunakan bagi pemula. Materi yang akan disampaikan pada saat sosialisasi dan pelatihan adalah cara memilih target pasar yang tepat, cara membuat pesan promosi, dan cara membuat promosi yang kreatif serta inovatif. Metode pembelajaran yang digunakan adalah project based learning. Hasil yang dicapai dari sosialisasi dan pelatihan adalah anggota Pokdarwis Kampung Jawi mampu memahami materi promosi di sosial media dan penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten promosi di sosial media

Article Details

How to Cite
Deffiani Aktaviani Putri, Agam Syahreza Putra, Raden Johnny Hadi Raharjo, & Nanik Hariyana. (2022). SOSIALISASI DAN PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA KEPADA KELOMPOK SADAR WISATA DI KAMPUNG JAWI SURABAYA . Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(2), 315–320. https://doi.org/10.24912/jbmi.v5i2.20233
Section
Articles

References

Hadi, W., & Widyaningsih, H. (2020). Implementasi Penerapan Sapta Pesona Wisata Terhadap Kunjungan Wisatawan Di Desa Sambirejo Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Wisnu. Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata Dan Budaya,11(2), 127–136. https://doi.org/10.31294/khi.v11i2.8862

Idrus, S. (2018). PERSPEKTIF SUMBER DAYA MANUSIA PARIWISATA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0 screen to screen , dengan dalih mudah dan efesien . P engembangan genetika ,. Sintesa, November, 587–594.

Retnasary, M., Setiawati, S. D., Fitriawati, D., & Anggara, R. (2019). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Jurnal Kajian Pariwisata, 1(1), 76–83.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548

Sholeh, M., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk ukm. 4(November), 430–436.

Supriatna, D., & Rahayuningsih, D. A. (2022). PENERAPAN DIGITAL MARKETING MELALUI TEKNIK COPYWRITING DAN SEO BAGI UMKM. 5(1), 83–94.

Wijoyo, H., Ariyanto, A., Sunarsi, D., & Faisal Akbar, M. (2020). Pelatihan Pembuatan Konten Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa. Ikra-Ith Abdimas, 3(3), 169–175.