Strategi Komunikasi PT Indofarma Tbk dalam Membangun Kepercayaan Konsumen di Masa Pandemi

Aswini Paramesti, Yugih Setyanto
| Abstract views: 85 | views: 59

Abstract

PT Indofarma Tbk (INAF) is a multinational company that produces various kinds of pharmaceutical products and is a manufacturerof medicines. The purpose of this study is to explain the communication strategy undertaken by PT Indofarma Tbk in building consumer trust during the pandemic and explain the efforts made by PT Indofarma Tbk in achieving positive consumer trust. This studey uses several supporting concepts, namely Public Relations, PR Strategy and consumer trust. The author’s research were obtained through interviews, documentation, observation, and literature study. The result showed that the communication strategy implemented by PT Indofarma Tbk was carried out using a public relations strategy, namely publications, events, news, community involvement, information of image, lobbying and negotiation amd social responsibility. Efforts made by PT Indofarma Tbk in building positive consumer trust are carried out by providing service to communicate between companies and consumer. In addition, the benchmark can be seen with increased sales and branding during the pandemic, so the public can have a positive sense of trust in PT Indofarma Tbk.


PT Indofarma Tbk (INAF) adalah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam-macam produk farmasi dan menjadi produsen obat-obatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen di masa pandemi dan menjelaskan upaya yang dilakukan PT Indofarma Tbk dalam mencapai kepercayaan konsumen yang positif. Penelitian ini menggunakan beberapa konsep penunjang yaitu Public Relations, Strategi Public Relations, dan Kepercayaan Konsumen. Penulis menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah public relations PT Indofarma Tbk. Sedangkan objek penelitian ini adalah strategi public relations yang digunakan oleh PT Indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen. Data dari hasil penelitian penulis diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT Indofarma Tbk dilakukan menggunakan strategi public relations yaitu publications, events, news, community involvement, inform of image, lobbying and negotiation dan social responsibility. Upaya yang dilakukan PT Indofarma Tbk dalam membangun kepercayaan konsumen yang positif dilakukan dengan menyediakan layanan untuk berkomunikasi antara perusahaan dengan konsumen. Selain itu, tolak ukur dapat dilihat dengan penjualan dan branding yang meningkat di masa pandemi ini maka masyarakat dapat memiliki rasa kepercayaan yang positif terhadap PT Indofarma Tbk.


Keywords

public relations; strategi public relations; kepercayaan konsumen; public relations strategy, consumer trust

Full Text:

PDF

References

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Universitas Negeri Surabaya, 46–62.

Loryna, A. (2013). Pengaruh Kualitas Program Customer Relations Terhadap Tingkat Kepercayaan Pelanggan PT. Pos Indonesia. 1–55.

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya. Universitas Islam Negeri Malang.

Raturahmi, L., S.Y, R. U. D., & Meisani, S. (2021). Strategi Komunikasi PT.Pos Indonesia Dalam Meningkatkan Reputasi Perusahaan. Journal Digital Media & Relationship, 3(1), 30–42. http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/jdigital/article/view/415

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/ALHADHARAH.V17I33.2374

Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal ASPIKOM, 2(4), 255–271.

https://doi.org/10.24329/ASPIKOM.V2I4.76

Susanto, A. S., & Setyanto, Y. (2020). Strategi Public Relations SmartSpin PR dalam Membangun Brand Image Klien (Studi Pada Re:ON comics). Prologia, 3(2), 320–326. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6349

Tamara, J., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Prologia, 2(2), 377–384. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3715

Copyright (c) 2022 Kiwari
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.