Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi)

Main Article Content

Jessica Tamara
Yugih Setyanto

Abstract

Jamu sebagai minuman yang memiliki segudang manfaat tentu sangat disayangkan apabila hilang begitu saja. Brand image yang melekat pada jamu sebagai minuman yang kuno dan pahit membuatnya semakin ditinggalkan. Kedai Jamu dan Kopi Suwe Ora Jamu (SOJ) memiliki konsep sebagai brand jamu yang unik dan berbeda dari jamu tradisional yang biasa dikenal. Hal ini bertujuan untuk kembali melestarikan jamu dan mengenalkannya kembali kepada generasi muda. Selalu berinovasi dalam menciptakan produk jamu yg unik dan kreatif tanpa menghilangkan manfaatnya menjadi cara utama dari SOJ dalam membangun brand image jamu yg dulunya dianggap kuno dan pahit menjadi suatu minuman modern. Penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan strategi public relations yang digunakan oleh Suwe Ora Jamu Kedai jamu dan kopi dalam membangun brand image jamu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dan jenis studi kasus. Subjek penelitian pada skripsi ini adalah Suwe Ora Jamu Kedai Jamu dan Kopi yang bertempat di Jalan Petogogan I No.28B, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sedangkan objek penelitian pada skripsi ini adalah strategi public relations yang digunakan oleh Suwe Ora Jamu Kedai Jamu dan Kopi dalam membangun Brand Image jamu. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara, obeservasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah event dan penggunaan media sosial merupakan kegiatan PR utama yang SOJ lakukan sebagai bagian dari startegi public relations dalam membangun brand image jamu.

Article Details

How to Cite
Tamara, J., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations dalam Membangun Brand Image Jamu (Studi pada Suwe Ora Jamu Kedai Jamu & Kopi). Prologia, 2(2), 377–384. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3715
Section
Articles
Author Biographies

Jessica Tamara, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

A.Muri Yusuf. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta.Prenadamedia Group

Emzir. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan:Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta.Rajawali Pers.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Nasrullah Rulli. (2017). Media Sosial. Bandung.Simbiosa Rekatama Media

Niode, Amanda Katili. Menggalang Pejuang Muda Tanaman Herbal. Watyutink.

<https://www.watyutink.com/opini/Menggalang-Pejuang-Muda-Tanaman-Herbal>. diunduh tanggal 7 Oktober 2018

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar Praktis. Yogyakarta.Pustaka Baru Press.

Priyansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung.Pustaka Setia.

Ruslan,Rosady. (2010). Manajemen Public Relatoins & Media Komunikasi. Jakarta.Rajawali Pers

Savitri Setyoutami, Lusia & Setyanto, Yugih & Winduwati, Septia. (2016). Strategi Public Relations Dalam Membangun Brand Image Eco-Tourism Pulau Lombok. 10.13140/RG.2.2.33256.26883.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.Afabeta