RANCANG BANGUN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS MOODLE DI SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
The Indonesian College of Technology (STTI) is a private university that has adequate infrastructure in the field of information technology. The face-to-face learning process in class that has been running so far still has weaknesses, plus the covid-19 pandemic makes lectures carried out online. The real problem faced by every STTI lecturer or student is mainly about the attendance of students or lecturers who are unable to attend. The STTI campus which organizes employee class lectures, where at some time you have to leave the city to work on a project, both maintenance and development. Likewise, at one point, a lecturer also has needs outside the city, for example, education and training, seminars and others that cannot be left behind. In this study, the design and construction of an e-learning learning system or digital "classroom" using MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) was carried out, which means a dynamic learning place using an object-oriented model. Moodle is a free Course Management System (CMS) application that can be accessed using a web browser and can be accessed without time and distance limits. The research activity begins by identifying the learning problem that you want to solve, collecting lecture data and analyzing data as a basis for the MOODLE configuration. The test results show that the STTI e-learning system has run well and is in accordance with the design
ABSTRAK:
Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) merupakan perguruan tinggi swasta yang mempunyai sarana dan prasarana di bidang teknologi informasi yang memadai. Proses pembelajaran tatap muka di kelas yang selama ini berjalan masih memiliki kelemahan, ditambah adanya pandemi covid-19 yang membuat perkuliahan dilaksanakan secara online. Masalah riil yang dihadapi oleh setiap dosen atau mahasiswa STTI terutama adalah tentang kehadiran mahasiswa atau dosen yang berhalangan hadir. Kampus STTI yang menyelenggarakan perkuliahan kelas karyawan, dimana dibeberapa waktu harus keluar kota untuk mengerjakan sebuah project baik maintenance ataupun develop. Demikian juga sebaliknya disuatu saat dosen juga memiliki kebutuhan diluar kota misal diklat, seminar dan lain-lain yang tidak bisa ditinggalkan. Pada penelitian ini dilakukan rancang bangun dan pembuatan sebuah sistem pembelajaran e-learning atau “ruang kelas” digital menggunakan MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) yang berarti tempat belajar dinamis dengan menggunakan model berorientasi objek. Moodle merupakan sebuah aplikasi gratis Course Management System (CMS) yang dapat diakses dengan menggunakan web browser dan dapat di akses tanpa batas jarak dan waktu. Kegiatan penelitian dimulai dengan melakukan identifikasi masalah pembelajaran yang ingin diselesaikan, melakukan pengumpulan data perkuliahan dan melakukan analisis data sebagai dasar dalam konfigurasi MOODLE. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem e-learning STTI telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan perancangan
Rincian Artikel
Hak Penulis
Sebagai Penulis Jurnal, Anda memiliki hak untuk berbagai kegunaan untuk artikel Anda, termasuk penggunaan oleh institusi atau perusahaan yang mempekerjakan Anda. Hak penulis dapat dilaksanakan tanpa perlu izin khusus. Penulis yang menerbitkan dalam jurnal TESLA: Jurnal Teknik Elektro memiliki hak luas untuk menggunakan karya-karya mereka untuk tujuan pengajaran dan ilmiah tanpa perlu mencari izin, termasuk: digunakan untuk pengajaran di kelas oleh penulis atau lembaga penulis dan presentasi di pertemuan atau konferensi dan mendistribusikan salinan kepada peserta; gunakan untuk pelatihan internal oleh perusahaan penulis; distribusi ke kolega untuk penggunaan penelitian mereka; digunakan dalam kompilasi karya penulis selanjutnya; termasuk dalam tesis atau disertasi; penggunaan kembali sebagian atau kutipan dari artikel dalam karya lain (dengan pengakuan penuh atas artikel final); persiapan karya turunan (selain untuk tujuan komersial) (dengan pengakuan penuh atas artikel akhir); posting sukarela di situs web terbuka yang dioperasikan oleh penulis atau lembaga penulis untuk tujuan ilmiah (harus mengikuti CC dengan Lisensi SA).
Penulis dapat menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, dan mencampur, memodifikasi, dan membuat materi untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial, tetapi mereka harus memberikan kredit yang sesuai (mengutip artikel atau konten), memberikan tautan ke lisensi, dan menunjukkan jika ada perubahan. Jika Anda mencampur, memodifikasi, atau membuat materi, Anda harus mendistribusikan kembali kontribusi Anda di bawah lisensi yang sama seperti aslinya.
Perjanjian Transfer Hak Cipta (untuk Penerbitan)
Penulis yang mengirimkan naskah melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk publikasi, publikasi hak cipta dari artikel tersebut akan diberikan / ditransfer ke TESLA: Jurnal Program Studi Teknik Elektro dan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara sebagai Penerbit Jurnal. Setelah menerima artikel, penulis akan diminta untuk menyelesaikan 'Perjanjian Transfer Hak Cipta' (lihat informasi lebih lanjut tentang ini). E-mail akan dikirim ke penulis terkait yang mengkonfirmasi penerimaan naskah beserta formulir 'Perjanjian Transfer Hak Cipta' dengan versi online dari perjanjian ini.
TESLA: Jurnal Teknik Elektro dan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara, Editor dan Dewan Penasihat Nasional dari Dewan Penasihat, berupaya sebaik mungkin untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat, atau pernyataan yang salah, menyesatkan, opini atau pernyataan diterbitkan dalam jurnal. Dengan cara apa pun, isi artikel dan iklan yang diterbitkan dalam TESLA: Jurnal Teknik Elektro adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif masing-masing penulis dan pengiklan.
Ingat, meskipun kami meminta transfer hak cipta, penulis jurnal kami tetap (atau diberikan kembali) hak ilmiah yang signifikan seperti yang disebutkan sebelumnya.
Formulir Copyright Transfer Agreement (CTA) dapat diunduh di sini: [TESLA Copyright Transfer Agreement Form (CTA): Journal of Electrical Engineering 2020]
Formulir hak cipta harus ditandatangani secara elektronik dan dikirim ke Kantor Editorial dalam bentuk email asli di bawah ini:
Ir. Wahidin Wahab, MSc, PhD. (Pemimpin Redaksi)
Kantor Editorial TESLA: Jurnal Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Tarumanagara
Jl. Letjen S. Parman No. 1 Grogol Petamburan, Jakarta Barat, Indonesia 11440
Tel: 085156207206 (a.n Sofyan maulana)
E-mail: tesla@ft.untar.ac.id
Referensi
Batubara, Hamdan Husein M.Pd.I. “Pembelajaran Berbasis Web Dengan Moodle versi 3.4”, 2018
developer.mozilla.org, “Bagaimana Web Bekerja” (https://developer.mozilla.org/id/docs/Learn/Getting_started_with_the_web/How_the_Web_works), 2019
Hostinger.co.id. “Install Moodle Dengan Subdomain di Hostinger”, (https://www.hostinger.co.id/artikel-pengetahuan-dasar/bagaimana-cara-menginstall-moodle-di-subdomain), 2017
kopertis3.or.id, “Kebijakan Pendidikan Jarak Jauh dan E-Learning di Indonesia”, (http://kopertis3.or.id/v2/wp-content/uploads/Paulina-Pannen-Kebijakan-PJJ-dan-E-Learning.pdf), 2016
Micro, Andi, “E-learning dengan moodle”, 2011
Oktaria, Sheren Dwi Spd, Budiningsih Asri, Risdianto, Eko M.Cs. “Model Blended Learning Berbasis Moodle”, 2018
Pamungkas Canggih Ajika, “Rancang Bangun E-learning Center Berbasis WEB Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Media Pembelajaran Yang Efektif”.Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta ISSN, 2015
Republika.co.id Layanan E-learning Perguruan tinggi. (https://republika.co.id/berita/nqjkw69/layanan-elearning-perguruan-tinggi), 2015
Syamsul Rizal, Birrul Walidain, “Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis MOODLE Pada Mata Kuliah Pengantar aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah”. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 2019