Sistem Keamanan Ruangan Berbasis Internet Of Things Dengan Menggunakan Aplikasi Android

Main Article Content

Kristomson H
Rosalia , H Subrata
Ferrianto Gozali

Abstract

Along with the increasing level of criminal data theft that occurs, a good room security system is needed to maintain data security of a particular agency or organization. A good security system is a security system that can be monitored and controlled over long distances using the internet or better known as IoT (Internet of Things). In this thesis, an IoT-based room security system will be designed using an Android application, this system works using several modules including RFID (Radio Frequency Identification) module, camera module and solenoid door lock. RFID cards in the RFID Module function as a process of identifying people who want to enter the room. In addition, this RFID module functions also as a trigger for the camera to work and taking pictures of people who want to enter the room. Data obtained from both modules will be sent to the Android application. The admin of the room can carry out a verification process to allow or reject the person who wants to enter the room. The results of the testing of this system can run well when the internet speed of the access point runs fast and stable, but it is less optimal when the internet speed of the access point runs slowly.

 Seiring dengan meningkatnya tingkat kriminal pencurian data yang terjadi maka dibutuhkan suatu sistem keamanan ruangan yang baik untuk menjaga keamanan data suatu instansi atau organisasi tertentu. Suatu sistem keamanan yang baik adalah sistem kemanan yang bisa di pantau dan di kendalikan dengan jarak yang jauh dengan menggunakan internet atau yang lebih dikenal dengan IoT (Internet of Things). Dalam skripsi ini akan dirancang suatu sistem kemanan ruangan berbasis IoT dengan menggunakan aplikasi Android, sistem ini bekerja menggunakan beberapa module diantaranya module RFID (Radio Frequency Identification), module kamera dan solenoid door lock. Kartu RFID pada Module RFID ini berfungsi sebagai proses identifikasi orang yang ingin masuk ke dalam ruangan. Selain itu module RFID ini juga berfungsi sebagai pemicu kamera untuk bekerja mengambil gambar orang yang ingin masuk ke dalam ruangan tersebut. Data yang diperoleh dari kedua module tersebut nantinya akan dikirimkan ke dalam aplikasi Android. Admin dari ruangan tersebut dapat melakukan proses verifikasi untuk mengizinkan atau menolak orang yang ingin memasuki ruangan tersebut. Hasil dari pengujian sistem ini dapat berjalan dengan baik ketika kecepatan internet dari akses point berjalan dengan cepat dan stabil, tetapi kurang optimal ketika kecepatan internet dari akses point berjalan dengan lambat.

Article Details

How to Cite
[1]
K. H, R. , H. Subrata, and F. Gozali, “Sistem Keamanan Ruangan Berbasis Internet Of Things Dengan Menggunakan Aplikasi Android”, TESLA, vol. 20, no. 2, pp. 127–134, Feb. 2019.
Section
Halaman depan

References

Ramadhan, A. S. Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Berbasis Arduino Mega 2560. Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro Vol 15 No 2, Mei 2016.

M.Chamdun, A. F. Rochim, E.D. Widianto. Sistem Keamanan Berlapis Pada Ruangan Menggunakan RFID (Radio Frequency Identification) Dan Keypad Untuk Membuka Pintu Secara Otomatis. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer Vol 2 No 3, 2014.

Panduardi, F. Wireless Smart Home System Menggunakan Raspberry pi Berbasis Android. Program Studi Teknik Informatika, Politeknik Negeri Banyuwangi Vol. 03 No. 01, Juli-Desember 2016.

F. Susanto, M.N. Rifai, A. Fanisa. Internet of Things Pada Sistem Keamanan Ruangan, Studi Kasus Ruang Server Perguruan Tinggi Raharja. dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2017.

Sutopo, P. Sistem Informasi Eksekutif Sebaran Penjualan Kendaraan Bermotor Roda Dua Di Kalimantan Timur Berbasis Web. Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 11 No. 1, Februari 2016.

Hidayatulloh, S. Internet Of Things Bandung Smart City. Fakultas Teknik, Universitas BSI Vol.3, 2016.

Putra, I. G. P. M. E. Monitoring Menggunaan Daya Listrik Sebagai Implementasi Internet of Things Berbasis Wireless Sensor Network. Teknologi Elektro Vol. 16 No.03, 2017.