Pengaruh Terpaan Konten Instagram terhadap Kesadaran dan Pemahaman Generasi Z tentang Diabetes
Main Article Content
Abstract
The improvement of digital technology has changed the way Generation Z gets to data, including health data such as diabetes. Social media is now an effective platform in delivering health messages through informative, interesting and accessible content. This study analyzes the influence of Narasi Daily content on Instagram Narasi Newsroom on Generation Z's perceptions by paying attention to awareness, understanding and information seeking actions. The cognitive response theory approach was used to explore the thoughts, evaluations and attitudes of Gen Z formed through exposure to social media content. This research uses quantitative approach with information collection strategy by conducting survey to 100 respondents who are Instagram users and have seen Narasi Daily content substance around diabetes. The information gotten is processed utilizing validity, reliability, normality, coefficient of determination and t-test. The comes about appeared that Narasi Daily's content encompasses a noteworthy impact on Era Z's recognition. The content studied succeeded in increasing Generation Z's awareness of the importance of a healthy lifestyle and deepening the audience's understanding of diabetes.
Peningkatan teknologi digital telah mengubah cara Generasi Z mendapatkan data, termasuk data kesehatan seperti diabetes. Media sosial kini menjadi platform efektif dalam menyampaikan pesan kesehatan melalui konten yang informatif, menarik dan mudah diakses. Penelitian ini menganalisis pengaruh konten Narasi Daily di Instagram Narasi Newsroom terhadap persepsi Generasi Z dengan memperhatikan pada kesadaran, pemahaman dan tindakan pencarian informasi. Pendekatan teori respons kognitif digunakan untuk mengeksplorasi pikiran, evaluasi dan sikap Gen Z terbentuk melalui terpaan konten media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan strategi pengumpulan informasi melalui survei kepada 100 responden yang merupakan pengguna Instagram dan pernah melihat konten Narasi Daily seputar diabetes. Informasi yang didapat diolah dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji koefisien determinasi dan uji t. Hasilnya menunjukkan bahwa konten Narasi Daily memiliki dampak yang signifikan terhadap pengenalan Era Z. Konten yang diteliti berhasil meningkatkan kesadaran Generasi Z mengenai pentingnya pola hidup sehat dan memperdalam pemahaman audiens terhadap diabetes.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 667. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/38284/34957
Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2) (p. 7). Guepedia.com. https://books.google.co.id/books?id=acpLEAAAQBAJ&printsec=frontcover
Estrella, N., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Minat Pembaca Media Online Tempo.Co terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Generasi Z. Koneksi, 6, 409.
Fajarrizka, K., Rumawan Erlandia, D., & Octavianti, M. (2024). Pengaruh Terpaan Konten Soft Selling Instagram @Pigijo_ Terhadap Minat Beli Followers. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1, 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.62017/arima
Fitri, A., Rahim, R., Nurhayati, Pagiling, A. S. L., Munfarikhatin, I. N. A., Hutagaol, D. N. S. K., & Anugrah, N. E. (2023). Dasar-Dasar Statistik Untuk Penelitian (R. Watrianthos, Ed.). Yayasan Kita Menulis. https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/4882/1/Anisa%20%2C%20Buku%20%20Dasar-dasar%20Statistika%20untuk%20Penelitian.pdf
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS (p. 2). https://doi.org/10.31219/osf.io/v9j52
Kemp, S. (2024, February 21). Digital 2024: Indonesia. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia
Mahadi, U. (2021). KOMUNIKASI PENDIDIKAN (Urgensi Komunikasi Efektif dalam Proses Pembelajaran). Journal of Public Policy and Administration Silampari, 2, 81.https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joppa.v2i2.235
Manggopa, S., Sumenda, C., Linne, L., Anita, K., & Mandagi, D. W. (2023). Efektivitas Sosial Media Marketing Dalam Membangun Brand Institusi Pendidikan: Perspektif Generasi Z. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 2518. https://jurnaledukasia.org/index.php/edukasia/article/view/621/462
Salsabila, D., Yudhapramesti, P., & Bakry, G. N. (2023). Motif Khalayak Dalam Mengakses Konten Berita Di Instagram Reels @Narasinewsroom. Jurnal Komunikasi Global, 12(1), 170. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jkg.v12i1.30390