GENERASI Z DAN KEPUTUSAN BELANJA ONLINE: KUALITAS INFORMASI, ULASAN PENGGUNA, DAN MEDIASI KEPUASAN PELANGGAN

Main Article Content

Ismail Rasulong
Andi Yuniarti
Samsul Rizal

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengkaji berbagai variabel yang memengaruhi kepuasan pelanggan mahasiswa dan keputusan mereka untuk melakukan pembelian online. Studi ini menyelidiki bagaimana dukungan selebriti, kesadaran halal, kualitas informasi, dan ulasan pelanggan online memengaruhi keputusan pembelian dan kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei kuantitatif dan melibatkan 267 mahasiswa muslim yang tinggal di Kota Makassar sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan selebriti dan kualitas informasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, sementara ulasan pengguna dan kualitas informasi memengaruhi kepuasan pelanggan, yang kemudian berdampak pada keputusan pembelian. Secara khusus, kepuasan pelanggan memediasi hubungan antara kualitas informasi dan keputusan pembelian secara keseluruhan dan secara parsial. Tidak ada bukti bahwa kesadaran halal memengaruhi kepuasan konsumen atau keputusan mereka untuk membeli sesuatu. Penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas. 


 


The objective of this article is to investigate the variables that influence the contentment of customers and the decisions of students to make online purchases. The study examines the impact of celebrity endorsement, halal awareness, information quality, and online customer reviews on purchase decisions and customer satisfaction. Using a quantitative design with a survey approach, this study involved 267 Muslim students in Makassar City as respondents. The results indicate that celebrity endorsement and information quality significantly influence purchase decisions, while information quality and user reviews affect customer satisfaction, which in turn impacts purchase decisions. Specifically, customer satisfaction partially mediates the relationship between information quality and purchase decisions and fully mediates the relationship between user reviews and purchase decisions. Halal awareness does not significantly influence purchase decisions or customer satisfaction. This study underscores the importance of information quality and user reviews in influencing purchase decisions through customer satisfaction, and provides insights into the role of celebrity endorsement and the limitations of halal awareness in current marketing contexts.

Article Details

Section
Articles

References

Anggraeni, T. and Sujianto, A. (2022). The effect of service quality and product quality on purchase decisions with customer satisfaction as intervening variables. Jae (Jurnal Akuntansi Dan Ekonomi), 7(2), 13-30. https://doi.org/10.29407/jae.v7i2.17865

Ardianti, P. (2024). Analisis hubungan antara social media marketing dan online customer review terhadap purchase decision melalui trust pada aplikasi tiktok sebagai media pemasaran. Jurnal Emt Kita, 8(1), 273-284. https://doi.org/10.35870/emt.v8i1.1936

Audri, D. (2024). Dukungan selebriti gagal mempengaruhi keputusan pembelian di korea selatan. jbhi, 1(4), 1-15. https://doi.org/10.47134/jbhi.v1i4.258

Budiasih, Y. (2024). The Influence of Digital Technology on Financial Management. Accounting Studies and Tax Journal (COUNT), 1(1), 92-100.

Cahaya, Y. and Soimaturrohmah, S. (2021). Pengaruh label halal, citra merek dan label harga terhadap keputusan pembelian susu formula sgm. Aliansi Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 161-167. https://doi.org/10.46975/aliansi.v16i2.110

Danniswara, R. B., Sandhyaduhita, P. I., & Munajat, Q. (2020). The impact of ewom referral, celebrity endorsement, and information quality on purchase decision. Global Branding, 882-905. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-9282-2.ch042

Dianita, I. A., Camalia, R., Musadad, M., Nurfikria, I., Maharani, I. F., & Sanjaya, U. A. R. (2021). The influence of information on@ kemenkes_ri instagram account towards mask purchase decisions among indonesian millennials. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 6(3), 275-270.

Elida, T., Rahardjo, W., & Raharjo, A. (2021). Online shop consumer purchasing decision: a study on the significance of self-esteem and marketing mix. Jurnal Manajemen Indonesia, 21(2), 161. https://doi.org/10.25124/jmi.v21i2.2751

Erika, A., Olivia, O., Murniadi, K., & Yudianto, B. (2021). Faktor kredibilitas ulasan online dan pengaruhnya terhadap citra merek dalam konteks produk pensil alis di sociolla. Kajian Branding Indonesia, 3(1), 87-114. https://doi.org/10.21632/kbi.3.1.87-114

Fauziah, M., Madjakusumah, D., & Srisusilawati, P. (2022). Pengaruh label halal, citra merek dan beauty vlogger terhadap keputusan pembelian produk kosmetik (studi kasus pada mahasiswi fakultas syariah angkatan 2018-2019 universitas islam bandung). Bandung Conference Series Sharia Economic Law, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcssel.v2i2.2701

Ganisasmara, N. S., & Mani, L. (2020). The Effect of Celebrity Endorsement, Review, and Viral Marketing on Purchase Decision of X Cosmetics. Solid State Technology, 63(5), 9679–9697.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2024). Advanced Issues in Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) (2e). Thousand Oaks, CA: Sage.

Herdiyanti, H., Anwar, M. A., Mere, K., Apriyono, T., & Suyatno, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian: Literature Review Manajemen Pemasaran. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 795-801.

Imamuddin, M., Syahrul, S., & Dantes, R. (2020). Pengaruh label halal dimoderasi religiusitas terhadap keputusan pembelian produk kemasan oleh mahasiswa ptkin se-sumatera barat. Kabilah Journal of Social Community, 5(1), 14-25. https://doi.org/10.35127/kbl.v5i1.3884

Iqbal, M. (2023). Pengaruh kesadaran halal, religiusitas, dan pengetahuan produk halal mahasiswa muslim dalam melakukan pembelian makanan secara online (studi kasus mahasiswa universitas islam indonesia). Ajie, 23-32. https://doi.org/10.20885/ajie.vol7.iss1.art4

Kairupan, D. and Raharusun, N. (2022). Analisis faktor yang mempengaruhi minat beli produk korean skincare pada kalangan mahasiswa di daerah istimewa yogyakarta. Management & Accounting Expose, 5(1). https://doi.org/10.36441/mae.v5i1.693

Kholiq, I., & Sari, D. K. (2021). The Influence of Viral Marketing, Celebrity Endorser, and Brand Awareness on Purchase Decisions on Make Over Cosmetic Products in Sidoarjo. Academia Open, 4. https://doi.org/10.21070/ACOPEN.4.2021.2604

Mahendra, S. and Edastama, P. (2022). Pengaruh online customer review, rating dan influencer terhadap keputusan pembelian pakaian casual pada marketplace. Jurnal Mahasiswa Manajemen Dan Akuntansi, 1(2), 21-28. https://doi.org/10.30640/jumma45.v1i2.317

Maulana, F. and Santy, R. (2021). Pengaruh ulasan online terhadap niat beli dengan kepercayaan sebagai intervening (studi kasus terhadap pengguna aplikasi tokopedia di kota bandung). Journal of Economics Management Business and Accounting, 1(1), 84-92. https://doi.org/10.34010/jemba.v1i1.5022

Miftahuddin, M. A., & Setyadi, E. J. (2024). Training on Basic Digital Marketing and Business Mentality to Children of Mandhanisiwi Orphanage PKU Muhammadiyah Purbalingga. Journal of Society, Community and Business Development, 2(1), 30-34.

Muqarrabin, R., Zebua, Y., & Nasution, S. L. (2022). Analysis of Product Quality, Price, Promotion, and Location Toward Purchase Decision. Indonesian Interdisciplinary Journal of Sharia Economics (IIJSE), 5(2), 720–730. https://doi.org/10.31538/iijse.v5i2.2088

Munir, M., Hidayat, K., Fakhry, M., & Mu’tamar, M. (2019). Pengaruh pengetahuan halal, kesadaran halal (halal awareness) dan label halal terhadap keputusan pembelian produk jamu madura. Agroindustrial Technology Journal, 3(2), 95. https://doi.org/10.21111/atj.v3i2.3858

Nurjannah, N., Mariah, M., & Hidayat, A. (2022). Pengaruh label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk safi skincare. Nobel Management Review, 3(4), 635-644. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3454

Nuryanto, F. (2024). Faktor penentu loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(2), 185-200. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i2.8531

Pratiwi, R. and Setyaky, R. (2021). Pengaruh celebrity endorse terhadap keputusan pembelian smartphone dengan persepsi nilai sebagai moderasi. Capital Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 58. https://doi.org/10.25273/capital.v5i1.10307

Priyatin, A. (2023). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap trust dan keputusan pembelian pada marketplace shopee. EMBISS, 4(1), 60-73. https://doi.org/10.59889/embiss.v4i1.281

Rayhaan, M. F., & Pasaribu, L. H. (2022). The effects of viral marketing, celebrity endorser and brand association toward purchase decision of ms glow skincare products. Jurnal Mantik, 5(4), 2392-2398.

Richardson, R. and Cokki, C. (2023). Determinan niat pembelian ulang pelanggan shopee di jakarta. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(1), 47-55. https://doi.org/10.24912/jmk.v5i1.22512

Ringle, Christian M., Wende, Sven, & Becker, Jan-Michael. (2024). SmartPLS 4. Bönningstedt: SmartPLS. Retrieved from https://www.smartpls.com

Rozjiqin, M. and Ridlwan, A. (2022). Pengaruh label halal, harga, dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada starbucks. Jeba (Journal of Economics and Business Aseanomics), 7(1). https://doi.org/10.33476/jeba.v7i1.2419

Setiawati, R., Indayani, L., & Abadiyah, R. (2023). Analisis Brand Awareness, Word of Mouth dan Perceived Quality terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Shopeefood di Sidoarjo. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(5), 6102-6114.

Simamora, V. and Maryana, D. (2023). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian pada aplikasi tokopedia dimoderasi oleh kualitas produk. Cakrawala Repositori Imwi, 6(1), 666-680. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.189

Susetyo, B. (2023). Pengaruh kemudahan penggunaan, keamanan transaksi dan online customer review terhadap keputusan pembelian dan minat untuk membeli sebagai variable intervening. Innovative Journal of Social Science Research, 3(3), 6342-6356. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2806

Suyar, A. (2023). Pengaruh celebrity endorse, kemudahan transaksi, desain website, promosi online, testimoni dan keamanan terhadap keputusan pembelian konsumen shopee di kalangan mahasiswa. Insight Management Journal, 3(3), 239-251. https://doi.org/10.47065/imj.v3i3.266

Tjahjono, E. J., Ellitan, L., & Handayani, Y. I. (2021). Product Quality and Brand Image towards Customers’ Satisfaction through Purchase Decision of Wardah Cosmetic Products in Surabaya. Journal of Entrepreneurship and Business, 2(1), 56-70. https://doi.org/10.24123/jeb.v2i1.4023

Umar, A., Mustofa, M., Fitria, D., Jannah, A., & Arinta, Y. (2021). Pengaruh label halal dan tanggal kadaluarsa terhadap keputusan pembelian produk sidomuncul. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 641-647. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.348

Utomo, J., Nursyamsi, J., & Sukarno, A. (2023). Analisis pengaruh produk, promosi dan digital marketing terhadap keputusan pembelian pada belanja online dengan kepuasan konsumen sebagai intervening. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 100-116. https://doi.org/10.56127/jekma.v2i1.472

Wang, K. (2024). Influence of chinese consumers' behavior toward fashion products through online shopping use students as an example. International Journal of Academic Research in Accounting Finance and Management Sciences, 14(2). https://doi.org/10.6007/ijarafms/v14-i2/21429

Wardani, M. (2023). Pengaruh social media, word of mouth (wom) dan lifestyle terhadap keputusan pembelian pada toko online yuika shop. Serat Acitya, 12(1), 140-156. https://doi.org/10.56444/sa.v12i1.608

Winton, K. (2023). Peran kepuasan pelanggan dalam memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pdam kota baubau. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (Jsab), 7(2), 121. https://doi.org/10.31104/jsab.v7i2.344

Wulandari, D. (2024). Analisa online customer review (ocr) menggunakan algoritma naive bayes berbasis particial swarm optimization (pso). Jurnal Infortech, 6(1), 59-64. https://doi.org/10.31294/infortech.v6i1.21985

Yani, T. and Kuswardani, D. (2021). Menggali persepsi kualitas layanan, persepsi nilai pelanggan, dan keputusan pembelian kembali pada pendidikan tinggi. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 14(3), 192. https://doi.org/10.26623/jreb.v14i3.2831

Yolandita, C., Nursanta, E., Widiyarsih, W., & Masitoh, S. (2022). Analisis pengaruh daya tarik iklan, kualitas informasi, kemudahaan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian marketplace shopee. Jurnal Sosial Teknologi, 2(6), 479-486. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i6.343