SIMULASI JARINGAN UNTUK SISTEM TERDISTRIBUSI SEAFILE DENGAN GNS3

Main Article Content

Jessen Chayadi
Finnia Li
Richard Christian
Nelson
Valentino Almendo Radjawane

Abstract

Setiap perusahaan pasti membutuhkan sistem terdistribusi yang dapat menyimpan data mereka dan menghubungkan data dari setiap karyawan atau setiap cabang. Maka dari itu, disini kami membuat sebuah simulasi sistem terdistribusi yang dapat diakses oleh karyawan dari setiap cabang di sebuah perusahaan dengan menggunakan sistem terdistribusi Seafile dengan menggunakan GNS3. Sistem terdistribusi ini menggunakan layanan Seafile untuk membuat seorang karyawan dapat mengakses data perusahaan dari sebuah website. Sistem ini akan meningkatkan kolaborasi dan efisiensi manajemen file bagi perusahaan. Dengan memanfaatkan layanan Seafile, kami memberdayakan setiap karyawan untuk mengakses dan berbagi file melalui antarmuka web yang mudah digunakan. Selain itu, kami membuat sistem ini dapat mendekati dan meningkatkan aksesibilitas, fleksibilitas, dan lebih efektif untuk kolaborasi. Simulasi ini bertujuan untuk menganalisa kinerja dan estimasi keandalan dan skalabilitas sistem. Simulasi ini juga fokus dalam menunjukkan efisiensi jaringan dan aksesibilitas jaringan yang akan berkontribusi untuk meningkatkan kolaborasi, kerjasama, dan manajemen file. Selain itu, proyek kami juga berfokus pada keamanan dengan menerapkan koneksi aman yang aman untuk transfer data dan berbagi data.

Article Details

Section
Articles

References

Sugiyono, SISTEM KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE WATCHGUARD FIREBOX PADA PT GUNA KARYA INDONESIA, Jakarta: STIKOM Cipta Karya Informatika, 2016.

A. N. F. D. W. Tanenbaum S, Computer Networks 6th Edition, Chicago: Pearson Higher Ed, 2021.

A. N. Hidasaputra, MENGENAL KONSEP GATEWAY DAN NAT (NETWORK ADDRESS TRANSLATION), Bandar Lampung: Universitas Mitra Indonesia, 2020.

Farhat, Jaringan Komputer "Application Layer", Jakarta: Universitas Gunadarma, 2019.

A. P. P. F. I. S. Sutarti, IMPLEMENTASI IDS (INTRUSION DETECTION SYSTEM) PADA SISTEM KEAMANAN JARINGAN SMAN 1 CIKEUSAL, Serang: SMAN 1 CIKEUSAL, 2018.

M. Ibrahim, Security comparison of ownCloud, Nextcloud, and Seafile in open source cloud storage solutions, Turku: UNIVERSITY OF TURKU, 2022.