Clustering Data Covid-19 Di Indonesia Menggunakan Intelligent K-Means

Main Article Content

Veri
Dyah Erny Herwindiati
Teny Handhayani

Abstract

Indonesia pada terkena dampak wabah baru yakni virus covid-19. Covid-19 telah menjadi pandemi dikarenakan jumlah kasus di Indonesia yang terkonfirmasi terus meningkat. Di Jurnal ini menggunakan metode Intelligent K-Means untuk clustering data covid-19 yang ada diindonesia. Setelah mendapatkan hasil kluster dari metode Intelligent K-Means hasil ini akan dibandingkan dengan hasil clustering yang dilakukan oleh pemerintah. Hasil evaluasi di jurnal ini menggunakan metode Silhouette yang di mana hasil ini evaluasi silhouette ini akan dibandingkan dengan metode K-Means.

Article Details

Section
Articles

References

Cahaya, Leonardo.; Hiryanto, Lely.; dan Handhayani, Teny. “Student graduation time prediction using intelligent K-Medoids Algorithm”. 2017 3rd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech), 2017, pp. 263-266.

Handhayani, Teny.; dan Hiryanto, Lely. “Intelligent Kernel K-Means for Clustering Gene Expression”. International Conference on Science and Computational Intelligence, Vol.59, Agustus, 2015.

Hidayati, Rahmatina.; Zubair, Anis.; Pratama, Aditya Hidayat.; dan Indana, Luthfi. “Analisis Silhouette Coefficient pada 6 Perhitungan Jarak K-Means Clustering”. Techno.COM. Vol. 20. No. 2. Mei, 2021.

Kalia, Baits Shalu Chandani. Analisis Penyebaran Berita Hoaks Pandemi Covid-19 di Bondowoso Melalui Facebook, http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/8721, 8 Maret 2022

Kawal Covid19. Tanya Jawab Seputar COVID-19. https://kawalcovid19.id/faq, 8 Maret 2022.

WHO. Coronavirus disease (COVID-19). https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19, 8 Maret 2022.