KORELASI SCREEN TIME TERHADAP PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA 2-5 TAHUN

Main Article Content

Nadya Putri Purwanto
Eko Kristanto Kunta Adjie

Abstract

Penggunaan screen time pada anak usia dini saat ini sangat tinggi. Paparan screen time jangka panjang dapat memengaruhi perkembangan berbahasa anak. Kemampuan berbahasa ekspresif dan reseptif membuat anak mampu mengekspresikan keinginan, ide, dan perasaannya karena bicara merupakan salah satu kemampuan dasar yang penting dalam perkembangan anak usia dini. Gangguan berbahasa selalu dikaitkan dengan lamanya screen time. Di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada tahun 2017 dari 84 anak, 37 diantaranya (41% perempuan dan 59% laki-laki) mengalami keterlambatan berbahasa dengan rata-rata screen time adalah 4 jam per hari. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya korelasi antara screen time terhadap perkembangan berbahasa anak usia 2-5 tahun di KB-TK St. Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. Penelitian ini bersifat analitik potong lintang dengan pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Subjek penelitian adalah 65 anak usia 2-5 tahun di KB-TK St. Theresia, Menteng, Jakarta Pusat. Pengumpulan data dengan kuisioner online dan KPSP. Hasil penelitian menunjukkan 41 orang (63,1 %) memiliki screen time lebih dari 2 jam per hari dan 24 orang (36,9 %) memiliki screen time kurang dari 2 jam per hari. Terdapat 34 orang (52,3 %) perkembangan berbahasanya sesuai menurut KPSP dan 31 orang (47,7 %) yang perkembangan berbahasanya terlambat. Hasil uji Chi-square didapatkan tidak ada korelasi antara screen time dan perkembangan berbahasa anak (p = 0,818). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ditemukan korelasi antara screen time dan perkembangan berbahasa anak usia 2-5 tahun di KB-TK St. Theresia, Menteng, Jakarta Pusat.

Article Details

Section
Artikel Asli
Author Biography

Eko Kristanto Kunta Adjie, Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara

Bagian Ilmu Kesehatan Anak

References

Azizah U. Keterambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah.2017;6(2):284.

McLaughlin MR. Speech and language delay in children. Am Fam Physician. 2011;83(10):1183-1188.

Wei QW, Zhang JX, Scherpbier RW, et al. High prevalence of developmental delay among children under three years of age in poverty-stricken areas of China. Public Health. 2015;129(12):1610-1617. doi:10.1016/j.puhe.2015.07.036

Mondal N, Bhat B, Plakkal N, Thulasingam M, Ajayan P, et al. Prevalence and Risk Factors of Speech and Language Delay in Children Less Than Three Years of Age, J Compr Ped. 2016 ; 7(2):e33173. doi: 10.17795/compreped-33173.

Wiefferink K, van Beugen C, Wegener Sleeswijk B, Gerrits E. Children with language delay referred to Dutch speech and hearing centres: caseload characteristics. International Journal of Language & Communication Disorders. 2020 May 27;55(4):573-582.

Tjandrajani A, Dewanti A, Burhany AA, Widjaja JA. Keluhan utama pada keterlambatan perkembangan umum di klinik khusus tumbuh kembang RSAB Harapan Kita. Sari Pediatri. 2012;13(6):374-6.

Martina. Language Barriers of Children with Special Needs in “Bina Anak Bangsa” Pontianak. Kandai. 2014;10(1):29.

American Academy of Pediatrics. Children and media tips from the American Academy of Pediatrics. 2018.

Staff MW. Merriam-Webster’s collegiate dictionary. Merriam-Webster. 2004.

Kamtini, Kesuma DA, Novitri DM. The Effect of Watching Screen in Children’s Expressive Language Development. IOSR-JRME. 2019; 9(5):39-40.

Ma J, Birken C. Handheld screen time linked with speech delays in young children. In Pediatric Academic Societies Meeting. 2017 May 6.

Dewi AK, Yulianingsih Y, Hayati T. Hubungan Antara Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal). 2019 Jul 16;2(1):83-92.

Perdana S, Medise B, Purwaningsih E. Duration of watching TV and child language development in young children. Pediatr Indones. 2017 Mar 1;57(2):99-103.

Sunderajan T, Kanhere SV. Speech and language delay in children: Prevalence and risk factors. Journal of family medicine and primary care. 2019 May;8(5):1642.

Wulandari KT, Minarti NM, Kumarawati NL. Pengaruh terapi bercerita terhadap perkembangan bahasa anak usia prasekolah. Coping: Community of Publishing in Nursing.;6(1):41-8.

Ladyani F, Pinilih A, Faqih M. Analisis Riwayat Penggunaan Bahasa Bilingual Dengan Anak Keterlambatan Bicara Di Rs Imanuel Bandar Lampung Tahun 2019. Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan. 2019;6(4):280-9.

Kiftiyah IN, Sagita S, Ashar AB. Peran media youtube sebagai sarana optimalisasi perkembangan kognitif pada anak usia dini. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi. 2017.

Lestari, Sri. Psikologi Keluarga: Penanaman Nilai dan Penanaman Konflik dalam Keluarga. Prenada Media, 2016.

Rahman SU, Farzana S. Role of Parents in Making Children’s Use of Media Screen Time more Worthwhile. 2019.